Youtube
wb_sunny

Breaking News

Empat Langkah Atasi Kebisingan

Empat Langkah Atasi Kebisingan


Kebisingan bisa terjadi dimana saja. Bukan hanya di dalam rumah. Di perkantoran, kebisingan seringkali terjadi. Tingkat kinerja karyawan bahkan bisa  turun sebanyak 60% karena gangguan yang disebabkan oleh kebisingan.

Assalamualaikum. Hallo. Semoga sehat semua. Beberapa waktu lalu seorang teman mengeluh soal kebisingan yang terjadi di rumahnya. Ceritanya, selama ini dia kerja dari pagi dan pulang lagi malam. Sehingga memang nggak begitu banyak berinteraksi dengan lingkungan rumah. 


cara mengatasi kebisingan di rumah



Nah, sejak pandemi dan banyak di rumah saja, tiba-tiba jadi tahu situasi lingkungan rumah. Termasuk soal tetangga yang ternyata tiap hari menyetel musik kenceng sekali , bahkan kadang sambil karaoke-an. Waaaa, kebayang kan menggangu banget.Apalagi bila selera musiknya berbeda.   

Teman tersebut sampai berniat pindah rumah.tapi kan nggak semudah itu. Apalagi,faktanya rumah yang ditempatin sekarang belum lunas, duh makin ribet jadinya. Begitulah, kebisingan ternyata, bisa terjadi dimana saja. Bisa di rumah ,bisa juga di perkantoran.

Polusi Suara Bisa Ganggu Kesehatan

            Kebisingan biasanya juga disebut orang dengan polusi udara memang sering terjadi dimana saja. Dalam sebuah penelitian, polusi suara merupakan faktor utama yang meningkatkan stres di rumah maupun di perkantoran.
Percayakah nggak, jika dibiarkan, polusi suara bahkan bisa menimbulkan masalah kesehatan. Bahkan bagi sebagian orang, polusi suara  yang sudah berlebihan dalam jangka waktu lama bisa mengakibatkan rasa cemas dan stres. Kacau kan kalau sudah sampai sejauh ini dampaknya?
Dampak  pencemaran suara memang tidak terlihat secara kasat mata, namun dampaknya dapat di rasakan langsung oleh organ tubuh.
Tentu saja, tidak semua orang berpotensi mengalami kebisingan dan polusi suara. Misalnya, bagi mereka yang memiliki rumah yang relatif luas, kebisingan biasanya relatif bisa dihindari. Demikian juga dengan kantor yang relatif besar. Mereka bisa menghindar dari suara bising yang dihasilkan di dalam rumah maupun dalam kantor.
Sebenarnya sih, di rumah juga,tanpa ada polusi suara dari luar, juga sudah ada sumebr polusi. Misalnya suara  mesin cuci, televisi, mesin air, air yang mengalir, dan lainnya. Bagi mereka yang memiliki rumah kecil dan perabotan penghasil bunyinya berada dalam posisi berdekatan, polusi suara sangat berpotensi terjadi.
Kantor yang relatif kecil tetapi dengan jumlah karyawan yang relatif banyak, kebisingan juga seringkali terjadi. Kebisingan di ruangan perkantoran bisa disebabkan beberapa hal. Misalnya suara dari obrolan rekan kerja di meja sebelah, bunyi dering telepon, suara mesin fotokopi atau bahkan suara keyboard komputer.
Padahal, kebisingan di area kantor memang dapat menghambat kemampuan kita untuk melakukan pekerjaan dengan baik, yang berbuntut menurunnya kinerja individu dan perusahaan dalam jangka panjang.
Temuan yang dipublikasikan dalam British Journal of Psychology mengungkapkan bahwa dalam beberapa kasus, tingkat kinerja karyawan turun sebanyak 60% karena gangguan yang disebabkan oleh kebisingan. Di Inggris bahkan ada Undang-Undang ketat di Inggris yang mengatur tingkat kebisingan.
Dalam tes ilmiah, Dr Banbury dari Inggris menemukan bahwa kemampuan seseorang untuk mengingat bagian dari prosa atau menghitung suatu jumlah dapat terhambat oleh suara yang berasal dari keyboard, printer, dan obrolan. Suara mesin AC dengan kecepatan tinggi juga bisa jadi akan mengganggu kinerja dalam ruangan kerja. Intinya kebisingan dalam pekerjaan bisa menyebabkan stress dan kehilangan memori dalam jangka pendek terutama untuk mengingat sesuatu secara berurutan.

Tips Anti Kebisingan

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebisingan, baik di lingkungan rumah tangga ataupun perkantoran.

Mengurangi kebisingan pada peralatan rumah tangga.

       Banyak yang tidak menyadari bahwa suara televisi, anak-anak, hewan pelliharaan, bisa meningkatkan tingkat kebisingan dalam rumah.
Cara yang bisa dilakukan adalah mengganti dengan peralatan yang lebih halus suaranya. Tetapi secara umum memang teknologi saat ini sudah memungkinkan untuk memperhalus suara peralatan rumah tangga.

Memakai peredam suara. 

Perusahaan dengan tingkat kebisingan tinggi,  biasanya akan menggunakan  alat peredam suara antar ruangan. Selain itu, mereka juga menggunakan teknologi peredam suara sehingga antar ruangan tidak saling mengganggu.
Intinya dilakukan isolasi ruangan atau alat-alat penyebab kebisingan dengan jalan menempatkan bahan-bahan yang mampu menyerap suara sehingga suaara-suara yang keluar tidak lagi merupakan gangguan bagi ligkungan.
           
            Menggunakan perantara tanaman.
  
 Tanaman dapat mengurangi atau meredam kebisingan, yaitu dengan mengabsorpsi gelombang suara oleh daun, cabang, dan ranting.Jenis tumbuhan yang dipercaya paling efektif untuk meredam suara adalah yang mempunyai tajuk tebal dengan daun yang rindang.  Menurut (Grey and Deneke (1978), dedaunan tanaman dapat menyerap kebisingan sampai 95% . Dengan meletakan beberapa jenis tanaman di sudut ruangan yang cukup rapat akan dapat mengurangi kebisingan, khususnya kebisingan yang sumbernya berasal dari bawah selain itu tanaman dapat memberikan oksigen yang segar dalam ruangan.
Untuk hasil optimal, ada baiknya jika meletakan tanaman di sudut-sudut ruangan kerja agar tingkat kebisingan di ruang kantor dapat diminimalisir selain  meningkatkan oksigen di ruangan.

Memasang musik instrumental.
Memasang musik bisa menjadi cara yang baik untuk fokus terhadap tugas dan menghindari gangguan dari kebisingan luar. Beberapa jenis musik dapat mengalihkan perhatian karena suara yang dihasilkan halus dan konsisten. Musik akan memungkinkan untuk fokus atau bersantai.

Demikianlah empat cara mengatasi kebisingan. Baik kebisingan di rumah tangga ataupun di perkantoran. 

1.      1.  Mengurangi kebisingan pada peralatan rumah tangga.
2.      2.  Memakai peredam suara. 
3.      Menggunakan perantara tanaman. 
4.      Memasang musik instrumental

Semoga bermanfaat. Tetap Semangat...

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

4 komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar Dengan Baik ya teman-teman.. Untuk yang menyertakan link hidup, mohon maaf, akan langsung dihapus :)

  1. memakai perantara tanaman sepertinya lebih alami...
    thank you atas tips yang bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak Tanza. Tanaman bisa meredam kebisingan, bisa diaplikasikan di rumah juga

      Hapus
  2. Idenya bagus memasang peredam suara, kak 👍.
    Memang pasti mengeluarkan lebih banyak beaya untuk bahan dan pemasangannya tapi polusi suara jadi jauh berkurang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. peredam suara memang efektif sekali kak untuk polusi kebisingan yang berlebih. makasih sudah berkunjung kak

      Hapus