FBB
KEB

IHB

Tips Mencuci Baju Putih

 

Mencuci baju putih butuh trik tersendiri. Kalau tidak tepat, kotoran bisa tetap menempel dan makin sulit buat dihilangkan. Ini beberapa pengalamanku mencuci baju putih.

 

 

Mencuci baju putih
sumber foto : Tribun Jogja

Sekitar 12 tahun memiliki asisten rumah tangga yang baik dan cocok di rumah, membuatku memang agak santai. Pekerjaan utamaku sangat diringankan dengan adanya asisten rumah tangga di rumah.

Mulai urusan anak-anak, membersihkan rumah sampai urusan mencuci menyetrika ditangani ART. Kerjaan utamaku biasanya hanya menyiapkan makanan dan tentu saja urusan pekerjaan kantoran.

Saat itu, jujur, aku tidak tahu betapa sulit dan repotnya urusan rumah tangga. Sampai akhirnya aku resign dari pekerjaan kantoran dan tidak lama kemudian ART di rumah kemudian juga pamit dari bekerja di rumah karena haru mengurus suaminya yang sakit.

Mulailah ternyata kerepotan itu. Salah satu yang sangat merepotkan ternyata adalah mencuci. Khususnya mencuci seragam anak-anak.

Kebayang kan, anak-anak bermain juga selama sekolah padahal baju yang mereka pakai berwarna putih dan mereka sama sekali nggak memikirkan emak yang repot mencuci huhuhu.

Yang lebih membuat repot, kalau baju-baju lain bisa dimasukkan mesin cuci langsung maka baju putih harus diperlakukan berbeda dan tidak bisa dicampur dengan baju biasa, apalagi potensi terkena lunturan, wah makin repot lagi kan?.

Kini, sudah beberapa tahun sih aku tak lagi memiliki asisten rumah tangga. Dan hampir mengerjakan semuanya sendirian saja. Tentu butuh keterampilan tersendiri untuk menyeleraskan pekerjaan rumah dan pekerjaanku sebagai freelancer.

Hikmahnya aku makin “ahli” melakukan berbagai pekerjaan rumahan sekaligus belajar sabar. Simpelnya sih, sabar menghadapi anak-anak yang kadang baju seragam putihnya kotor tak terkira.

Apalagi bila sudah memasuki musim hujan. Anak-anak rupanya santai saja main hujan-hujanan walaupun memakai celana putih hiks.

Aku juga sudah mengetahui beberapa trik mencuci pakaian putih sehinngga pekerjaan mencuci ini jauh lebih mudah. Berikut aku uraikan beberapa cara “menghadapi “ cucian berupa baju putih agak tidak menguras energi sekaligus emosi.  

Tips Mencuci Baju Putih ala www.ennyratnawati.com

Seperti yang aku ceritakan di atas, mencuci baju putih bukan pekerjaan mudah. Kalau baju kerja milik pak suami masih lebih mudah. Karena memang tidak terlalu kotor. Tapi baju seragam anak-anak, harus ada siasat tersendiri agak tetap bersih dan putih.

Segera cuci baju putih

Strategiku untuk baju putih adalah mencucinya secepatnya usai dipakai. Ini tentu saja agak noda tak berlama-lama di baju putih tersebut.

Kalaupun tak segera dicuci harus direndem terlebih dahulu dengan deterjen yang tepat sehingga minimal kotorannya berkurang. Walau kemudian harus diperlakukan khusus lagi misalnya dikucek di  bagian yang bernoda.

Pisahkan baju putih dan baju berwarna

Ini wajib hukumnya. Tujuannya agar baju putih tidak terkena lunturan dari baju berwarna lain yang mungkin tidak sengaja terkena lunturannya. Setelah dipisah tentu harus direndem terlebih dahulu. 

Oh iya, kalaupun ingin mencuci baju putih dengan mesin cuci tak masalah. Tapi sekali lagi, pisahkan dengan baju berwarna lainnya.

Kucek dan siapkan sikat pakaian

Untuk hasil maksimal, noda sebaiknya juga dikucek agar benar-benar bersih. Sikat akaian menurut saya juga bermanfaat untuk membersihkan bagian yang terkena noda. Sekali lagi, kalaupun akan dimasukkan di mesin cuci, sebaiknya dikucek dulu nodanya di luar mesin cuci kemudian baru dimasukkan ke dalam mesin cuci.

Air hangat untuk mencuci baju putih

Air hangat dipercaya membantu menghilangkan noda di baju putih. Caranya mudah. Baju yang terkena noda cukup direndam beberapa saat dengan air hangat dan deterjen secukupnya. Air hangat membantu mengangkat kotoran dan mengembalikan wana baju yang mungkin mulai kusam akibat sering di cuci.

Gunakaan deterjen yang tepat

Deterjen yang tepat untuk mencuci merupakan poin penting. Gunakan Rinso Molto Deterjen Cair Rose Fresh untuk mencuci baju putih.Varian produk Rinso Molto terdiri dari formula anti noda khusus yang efektif menghilangkan noda dalam satu kali kucek.

Rinso Molto Deterjen Cair Rose Fresh juga dilengkapi teknologi Smart Foam yang membuat busa lebih cepat hilang dan menghemat setengah air bilasan. 

Perpaduan keharuman rose dan strawberry dalam Rinso Molto ini akan membuat baju putih lebih harum lebih lama bahkan sampai 21 hari.

Cara mencuci yang tepat dan penggunaan Rinso Molto Deterjen Cair Rose Fresh dalam mencuci baju putih tentu akan menghasilkan hasil yang maksimal.

Tidak ragu lagi kan mencuci baju putih?

 

2 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Air hangat ya, baiklah kucoba mba. Soale baju dinas putih semua nih. Cepat menguning

    BalasHapus
  2. Makasih buat tipsnya Mbak.
    Soalnya nyuci baju putih emang lebih ribet, soalnya mudah banget kotornya.

    BalasHapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin