Youtube
wb_sunny

Breaking News

Cara Mengatasi Sakit Gigi Secara Tepat

Cara Mengatasi Sakit Gigi Secara Tepat

Rasanya jarang banget menemui orang yang nggak pernah sakit gigi seumur hidupnya. Kecuali anak-anak yang giginya masih terjaga, biasanya sangat jarang sakit gigi ya. Sakit gigi umum terjadi pada orang dewasa. Namun, tidak banyak yang tahu, cara mengatasi sakit gigi secara tepat.

cara mengatasi sakit gigi dengan tepat

 

Sakit gigi itu buat saya penuh drama. Pernah suatu malam, saya mendadak sakit gigi. Bayangkan saja jam 2 malam saya nangis tak tertahankan lagi karena sakit gigi yang terasa sangat parah. Kasus lainnya, pipi saya bengkak berhari-hari, akibat sakit gigi lumayan parah. Pada saya biasanya kasusnya karena gigi berlubang dan mungkin infeksi.

Biasanya solusi yang paling cepat buat saya adalah memakai resep tradisional seperti kumur-kumur air garam hangat, meletakkan pasta gigi di gigi yang sakit , meletakkan minyak zaitun dan tak lupa minum obat sakit gigi (atau obat mengatasi nyeri) yang dijual di pasaran. Kalau memungkinkan dan masih juga parah , tidak ada pilihan lain selain mengunjungi dokter gigi.

Penyebab Sakit Gigi

Seperti yang kita ketahui, sakit gigi merupakan kondisi yang dialami pada gigi. Biasanya rasanya nyeri dan sakit tak tertahankan. Sakit gigi juga merupakan gejala penyakit pada gusi atau gigi. Walau pada beberapa kasus , sakit gigi merupakan indikator penyakit yang lebih serius pada tubuh.

Oh iya, sakit gigi juga umum dialami pada wanita yang sedang hamil. Sayapun beberapa kali mengalami sakit gigi ketika sedang mengandung. Menurut dokter yang dulu merawat saya selama hamil, sakit gigi pada ibu hamil bisa dikatakan wajar dan dialami banyak perempuan yang mengandung.

Penyebabnya adalah telah terjadi peningkatan hormon selama kehamilan yang kemudian dapat meningkatkan risiko terjadi karak gigi (plak) atau bisa juga terjadi pembengkakan pada gusi.

Namun penyebab umum dari sakit gigi ada beberapa. Antara lainnya karena gigi berlubang seperti yang sering saya alami. Bisa juga karena gigi berlubang yang sudah ditambal misalnya tiba-tambalannya lpas. Tentu saja ini menyebabkan sakit gigi juga.

Selain kasus gigi berlubang, pada anak-anak sakit gigi bisa juga disebabkan karena tumbuh gigi baru. Biasanya ini disertai dengan demam ringan. Tentu saja ini tidak berbahaya.

Sakit gigi bisa juga karena berbagai sebab seperti gigi patah, gigi tanggal, infeksi pada gusi atau gigi, gusi bengkak, gigi bungsu tumbuh tidak normal, kebiasaan menggeretakan gigi, pembusukan di gigi atau malah permasalahan pada behel (kawat gigi)

Mengatasi Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Ada beberapa cara mengatasi sakit gigi dengan bahan alami. Memang tidak akan menyembuhkan secara permanen, tapi akan mengurangi rasa sakit dan nyeri. Berikut beberapa diantara :

·       Kumur Air Garam Hangat

Cara ini rupanya sudah diturunkan secara turun temurun. Berkumur selama beberapa kali bisa meredakan sakit gigi. Air garam bisa sebaga antiseptik yang membunuh kuman dalam mulut. Namun harap hati-hati juga. Keseringan kumur ar garam katanya dapat menyebabkan gigi cepat rapuh.

·       Menggunakan Bawang Putih

Terus terang saya belum pernah mencoba cara ini. Tetapi sepupu saya manjur menggunakan si bawang putih. Kalau versi dia, bawang putih diletakkan di gigi yang sakit.Misalnya dalam lubang yang terasa sakit. Ada juga yang dikuyah-kunyah. Seketika sakit menghilang.

·      Es Batu

Biasanya pengobatan sakit gigi dengan es batu apabila skit gigi disebabkan oleh cedera pada gigi. Es batu cukup dibungkus kain tips dan diletakkan di pipi saja. Ini juga cukup ampuh.

·      Berbagai minyak

Berbagai jenis minyak tradisional merupakan obat sakit gigi yang ampuh juga. Sebut saja minyak zaitun, minyak cengkeh,dan minyak kayu pputih. Mungkin ada beberapa minyak yang lain. Caranya cukup mudah. Cukup diambil secukupnya dan diletakkan pada gigi yang sakit.

Beberapa obat tradisional tersebut tidak juga mempan? Dan kamu makin merasa tersiksa? Bisa dicoba meminum obat pereda nyeri kemudian mungkin ini saatnya mengunjungi dokter gigi langgananmu ya pastinya.

Cara Mencegah Sakit Gigi

Tentu kita semua tahu, mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Sakit gigi bisa dikurangi bila kita mampu menjaga kebersihan gigi dengan baik.

·       Sikat gigi dua kali sehari

Sikat gigi dua kali sehari sudah wajib hukumnya dalam rangka menjaga kebersihan gigi dan mulut. Apalagi selama seharian kita banyak memakan berbagai jenis makanan yang bisa saja kotorannya tertinggal di gigi dan harus rutin dibersihkan.

·       Melakukan tekhnik menggosok gigi dengan baik

Tidak semua orang mengetahui tekhnik menggosok gigi yang tepat. Pelajari cara menyikat gigi yang tepat dan terjamin membersihkan seluruh permukaan gigi dan mulut.

·       Memilih sikat gigi dan pasta gigi yang tepat

Ada orang yang asal-asalan memilih sikat gigi. Tentu ini tidak benar. Sikat gigi yang terlalu keras atau terlalu lembut tentu berbahaya buat gigi. Dapat merusak gigi dalam jangka panjang. Pilih sikat dengan kualitas yang baik.

pepsodent pencegah gigi berlubang

Sedangkan untuk pasta gigi, salah satu yang direkomendasikan adalah Pepsodent. Pepsodent diperkaya dengan bahan-bahan aktif dan kompleks yang membantu menjamin gigi tetap sehat dan kuat. Pepsodent juga dikenal sebagai pasta gigi yang ampuh untuk mencegah gigi berlubang.

Bagaimana dengan kalian, sudah menjaga kebersihan gigi dengan tepat?

Semoga bermanfaat. 

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih