FBB
KEB

IHB

Permainan Masa Kecil dan plays.org, Kalian Suka yang Mana?

 

Kalau  ada masa yang tidak bisa dilupakan, itu adalah masa kecil. Berbagai permainan masa kecil tetap lekat dalam ingatan. Bagaimana dengan kalian? 


gobak sodor
sumber foto : facebook


Buat anak-anak 90-an berbagai permainan tradisonal masih sangat banyak. Di daerah saya, di kalimantan Selatan, di masa-masa senggang, anak-anak biasa bermain tali , lebok sampai asinan yang melibatkan banyak orang.

Permainan tali ini, mungkin masih banyak yang ingat, paling tidak dimainkan oleh dua orang. Itupun kalau ada tiang di dekat permainan. Sehingga tali bisa diikatkan di tiang tersebut. Paling ideal permainan tali ini dimainkan oleh minimal 3 orang. Sehingga dua orang bertugas memegang tali dan satu orang memainkannya.

Biasanya permainan ini dari yang termudah hingga tersulit. Dua orang memegang tali dan merentangkannya sebatas lutut. Kemudian bila bisa terlewati,  “kesulitan’ semakin ditingkatkan. Tali direntangkan di pinggang, sebatas dada, diatas kepala hingga yang terakhir di engan cara tangan yang diangkat setinggi mungkin. Dan yang giliran main diminta untuk melewatinya.

Untuk tantangan yang terakhir ini, hanya sedikit yang bisa melewati kesulitannya. Karena memang talinya sangat tinggi.

Ketika masih kecil, mungkin tidak banyak dari kita yang memahami filosofi dari permainan tali ini. Tapi ternyata, permainan ini penuh manfaat. Selain menggerakkan badan, permainan ini juga mengajarkan bhawa kesulitan semakin lama semakin meningkat. Hanya yang memiliki kemampuan dan meningkatkan skill nya yang bisa melewatinya hehehe.

Ada lagi permainan lebok. Ini adalah permainan tim yang solid. Biasanya bermodalkan sandal-sandal yang ditumpuk jadi satu dan sebuah bola tenis. Tim 1 yang siap melempar sandal dengan bola. Sedangkan tim 2 bertugas untuk mengejar tim satu dengan melemparkan bola tersebut. Bila ada yang terkena lemparan , timnya akan kalah dan permainan diulang dulu dari awal. Permainan ini benar-benar mengajarkan kesolid-an tim.

Apalagi bola dilempar dari satu orang ke orang yang lain, yang memang dekat dengan target dari tim lain. Wah, kangen banget kalau ingat permainan ini

Permainan lain yang tak seru adalah asinan atau yasinan. Di daerah lain di Jawa namanya Gobak Sodor atau ada juga yang menyebutnya permainan Benteng.

Cara permainan ini adalah dibuat garis-garis terlebih dahulu di tempat permainan. Kemudian tim 1 menjaga tim 2 dengan berada di garis-garis tersebut, agar anggota tim 2 tidak bisa melewati garis tersebut. Biasanya satu tim terdiri atas 4 orang. Permainan ini selain melatih permainan fisik juga melatih kerjasama tim yang solid.    

Permainan Anak Sekarang di Play.org

plays.org alternatif permainan anak

Saat ini permainan anak-anak jauh sangat berbeda. Gerakan fisik tampaknya semakin berkurang. Apalagi dimasa pandemi, anak-anak lebih banyak berinteraksi dengan handphone dan teknologi. Sebagai orang tua tentu harus bisa memilah milih mana game yang edukatif dan terbaik bagi anak-anak.

Salah satu situs penyedia game terpercaya adalah plays.org .Situs ini menyediakan dan menawarkan ratusan permainan yang bisa dipilih orang tua. Setiap juga akan ada update baru untuk perkembangan jenis games-ya.

Salah satu game yang menarik dan menjadikan kesukaan anak saya adalah “Play Tom and Jerry Parade Pranks Snake Cartoon for Children Online” 

pilhan game buat anak di game.org
 

Cara permainannya juga cukup sederhana yaitu pemain harus melakukan manuver naga yang dikendalikan oleh jerry untuk mendapatkan keju yang tersebar di seluruh level. Kemudian hindari rintangan dan jebakan yang dilakukan oleh Tom. Nah, dapatkan jumlah keju yang dibutuhkan per level untuk menyelesaikannya.

Yang menarik dari gema ini tingkat permainanya dari yang termudah hingga yang tersulit di level 9 atau 10. Tentu saja game ini bisa dimainkan oleh orang dewasa mauoun anak-anak baik melalui web maupun lewat aplikasi.

Selain game ini, tentu saja ada ratusan game lagi di aplikasi ini. Kalian tinggal pilah pilih yang suka atau yang cocok dengan kepribadian kalian. Silakan mencoba yaaa

Tetap sehat, semangat dan bahagia...    

 

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih