FBB
KEB

IHB

Mengatur Keuangan di Tahun Ajaran Baru

 

Tiap tahun ajaran baru pastilah banyak orang tua yang mengeluarkan lebih banyak biaya pendidikan lebih dari biasanya.

tahun ajaran baru
aktivitas anak SD (dok:pribadi)

Tahun ajaran baru alhamdulilah datang lagi. Anak-anak tentu saja senang karena naik ke kelas baru. Bagaimana dengan orang tua? Pasti senang juga hehehe..walau tentu tahun ajaran baru berarti pengeluaran sedikit meningkat.

Buat saya, tahun ajaran baru berarti menyiapkan dana lebih untuk biaya daftar ulang anak-anak, beli buku-buku tulis dan peralatan sekolah, beli seragam baru kalau sudah kekecilan, sepatu dan tas bila memang sudah jelek juga.

Biaya daftar ulang anak-anak tentu buat yang bersekolah di sekolah swasta. Sekolah negeri sendiri tak ada biaya ini. Daftar ulang biasanya diperlukan kalau anak naik ke tingkat/kelas lanjutan.

Nah,buat yang anaknya yang melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi lagi,misal dari SD ke SMP dan seterusnya.tentu biaya yang diperlukan akan lebih mahal lagi ya.

Ada beberapa cara mengatur keuangan di tahun ajaran baru yang bisa dilakukan orang tua agar memang tak terasa berat ketika tahun ajaran baru datang lagi. Apalagi tahun ajaran baru sebenarnya sesuatu yang sudah bisa dipredikasi dan akan datang terus setiap tahunnya kan?

Menabung rutin tiap bulan

Minimal setahun sebelumnya memang harus sudah mulai menabung. Tentu diperkirakan dulu berapa biaya yang dibutuhkan kemudian ditabung per bulannya. Cara ini sangat cocok buat yang punya penghasilan tetap dan rutin bulanan.

Menabung dalam jumlah besar

Ini juga bisa dilakukan menurut pengalaman saya sih.Kalau kita bekerja per proyek dan uangnya tidak tiap bulan (yang besar),maka bila ada uang dalam jumlah besar yang didapat bisa ditabung.tentu setelah kebutuhan bulanan tercukupi.

Menabung emas

Cara ini juga cukup efektif. Beli emas sekarang dan bisa dijual untuk kebutuhan tahun ajaran baru di tahun depan. Emas juga tak cepat habis karena kita akan berpikir lebih lama ketika harus menjual emas. Jadi emas cukup “aman” disimpan buat dana tahun ajaran baru.

Mencari tambahan penghasilan

Bila penghasilan rutin digunakan buat operasional bulanan, tak ada salahnya mencari tambahan penghasilan. Uang tambahan inilah yang digunakan buat menabung buat kebutuhan tahun ajaran baru.

Skala prioritas

Bila memang Juli sudah datang dan tahun ajaran baru sudah didepan mata, tanpa menyiapkan tabungan seperti dijelaskan diatas, nah cara tercepatnya tentu skala prioritas.potong pengeluaran bulanan yang sifatnya tersier dan menggunakanmya untuk kebutuhan tahun ajaran baru.

Namun cara terakhir tentu tak disarankan karena memang artinya bakal memotong anggaran belanja lain. Dan hanya digunakan dalam keadaan darurat bila memang tak ada tabungan tahun ajaran baru. Oh iya, kalau bisa juga hindari hutang piutang yang akan memberatkan di masa akan datang tentunya.

Semoga kita semua selalu diberikan kecukupan,keberkahan dalam kehidupan.Aamiin yra.

Semoga bermanfaat   

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih