Youtube
wb_sunny

Breaking News

Tips Memberikan Tontonan Edukatif Buat Anak

Tips Memberikan Tontonan Edukatif Buat Anak

 

Memberikan tontonan edukatif kepada anak menjadi pekerjaan rumah (PR) tersendri bagi para orang tua. Apalagi ketika mereka bekerja di luar rumah sehari penuh. Anak perlu diberikan pengertian sejak kecil.

smart tv vs android tv
ilustrasi smart tv (foto : my intelligence house)

Bagi Diana (30), pendidikan anak bisa dikatakan utama. Itulah mengapa, meskipun berstatus sebagai ibu bekerja, dia tak abai terhadap pendidikan anak semata wayangnya, Dean (6). Pendidikan di sekolah terbaik diupayakannya. Namun Diana juga menyadari,godaan pada berbagai tontonan anak saat ini sangat luar biasa.

Mulai dari gampangnya anak-anak mengakses channel Youtube, game online hingga tontonan televisi. Untuk Youtube, Diana sudah mencoba untuk membatasi tontonan anak. Namun untuk tontonan di televisi, kadang dia masih kecolongan karena pengasuh Dean, terkadang menonton konten yang tak cocok buat anak.

Memberi tontonan yang edukatif bagi anak tentu bukan hal mudah. Itu bukan hanya dialami Diana. Tapi bisa jadi dialami semua orang tua zaman sekarang. Apalagi dengan serbuan begitu banyak jenis tontonan anak yang seperti yang dijelaskan diatas.

Ada beberapa tips bagi orang tua untuk memberikan tontonan edukatif pada anak.

# Perhatikan usia anak

Usia anak sangat mempengaruhi soal tontonan ini. Anak usia balita misalnya tentu tak boleh menonton konten remaja. Karena tentu belum paham. Demikian juga anak remaja, tentu tak bisa menonton konten dewasa. Intinya, tidak diperkenankan menonton untuk usia diatasnya tetapi boleh menonton untuk usia dibawahnya.

#Beri batasan

Anak perlu mengetahui batasan tontonannya. Misalnya, untuk usia balita hanya boleh menonton film kartun anak yang kontennya bagus, tontonan doa dan agama dan batasan-batasan untuk usianya.

#Obrolan dari hati ke hati

Mungkin bila masih terlalu kecil,anak tak bisa diajak bicara dari hati ke hati. Namun,bila sudah usia sekolah TK dan SD saja, itu sudah mampu diajak bicara dengan bahasa yang sederhana. Mereka harus dipahamkan untuk menonton hal yang baik dan positif.

#Beri tahu orang terdekat

Selain kedua orang tua,mungkin ada kakek nenek di rumah, bisa juga ada pengasuhnya. Semuanya harus mempunyai visi yang sama dalam hal tontonan anak. Termasuk tontonan di televisi yang biasanya lebih disukai orang dewasa.

Smart TV dan Android TV

Tentu kita tahu, televisi bisa dikatakan salah satu barang elektronik yang wajib ada di rumah. Saat ini,banyak sekali jenis televisi di pasaran, yang sangat menarik bagi kita untuk membelinya.

Dua diantaranya adalah smart TV dan android TV. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Perbedaansmart tv dan android tv sebenarnya hanya pada bentuk fisiknya. Smart TV pada dasarnya memiliki fisik menawan dengan fitur canggih yang dapat digunakan oleh pemilik. Sedangkan Android TV hanya dapat diakses dengan sistem bukan berupa fisik dan bentuk.

Kelebihan dari smart TV adalah tidak sekedar TV pada umumnya. Tetapi banyak hal lain yang bisa dilakukan lewat televisi. Dikenal juga sebagai internet TV, smart TV bisa diumpamakan sebuah komputer yang terpasang dalam sebuah TV. Sehingga programnya bisa diakses melalui jaringan internet.

Sedangkan android TV bisa dikatakan lebih canggih dari samrt TV. Sama-sama dapat terhubung ke internet dan memiliki aplikasi bawaan sepeti smartphone. TV ini sangat bisa terhubung dengan Google Play Store dan bisa juga memperbaharuibeberapa aplikasinya di playstore.  

Apapun jenis televisi di rumah Anda, ingatlah untuk bijak menggunakan televisi. Apalagi bila ingin mengajarkan anak-anak tontonan yang sarat edukasi dan bermanfaat bagi kehidupan anak di masa-masa mendatang. Bagaimana dengan tontonan televisi di rumah kalian?

Semoga bermanfaat.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

1 komentar:

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih

  1. Anakku termasuk yg ga gitu suka nonton tv, yg disukai klo iklan shopee COD doang, sambil joget2 hahha, semoga sampe gede nanti ga kecanduan tv, soalnya aku juga ga suka nonton tv sama sekali.

    BalasHapus