FBB
KEB

IHB

Pengalaman Naik KM Dharma Kartika 2

ruangan kapal dharma kartika 2
view malam hari

Tulisan ini spesifik tentang pengalaman naik kapal penumpang Dharma Kartika II Surabaya-Banjarmasin, 20 Agustus 2023. Simak ya ceritanya.

Dharma Kartika II
salah satu view di atas kapal (dokumentasi ennyratnawati.com)


Pengalaman naik kapal Dharma Kartika II  -- Setelah 20 tahun tidak pernah naik kapal laut, akhirnya naik kapal lagi.yeayyy...

Niat ini sebenarnya sudah lama kami pendam. Makanya kata orang, berhati-hatilah dengan mimpi. Karena suatu hari, siap-siaplah buat terwujud. Ini jugalah yang kami pikirkan ketika ingin menyekolahkan anak-anak di Jawa Timur. ya salah satunya karena gampang soal transpotasi

Selain naik pesawat yang relatif lebih murah dari Surabaya-Banjarmasin atau sebaliknya, ada alternatif transportasi yaitu kapal laut.

Beberapa tahun terakhir, ya memang kapal laut sudah tak terlalu dilirik orang, apalagi harga tiket pesawat relatif terjangkau saja buat kantong kaum menengah. Namun pasca pandemi lalu, dengan meroketnya harga tiket pesawat, transportasi laut seperti ketemu momennya lagi kan?

Hmmm...kenapa tulisannya jadi kayak tulisan analisa ya, haha. Back to the story...

Jadi memang sudah jauh-jauh hari sih, ketika di Depok khususnya kami -- saya dan suami -- tertarik sekali naik kapal laut buat pulang ke Banjarmasin. Apalagi kemudian mendengar ada kapal Dharma Kartika II yang katanya lebih mewah dibanding kapal-kapal laut sebelumnya untuk rute Banjarmasin-Surabaya (PP). Waaa...kayaknya boleh juga.

Namun ketika cerita ke anak-anak asrama mereka kayak takjub gitu hahaha...eh ternyata diantara mereka belum ada yang pernah naik kapal laut meskipun sudah lama bermukim di Surabaya.Hmmm...anak zaman sekarang ya hahahahahaha

Keinginan naik kapal laut kemudian makin "menjadi-menjadi", ketika melihat status seorang sahabat baik yang naik kapal yang sama seminggu sebelumnya. Baiklah,,,'

Jujur,sebenarnya kami mau naik kapal yang lain satu hari sebelumnya. Pertimbangannya, ya kalau berangkatnya hari Sabtu maka akan nyampai pada Minggu-nya. Artinya nggak perlu repot-repot izin kerja. Hmm..walau WFH, model pekerjaan kami tetap ala kantoran juga. Perlu izin kalau hari kerja kepakai buat urusan pribadi. Nah, kebanyang kan, kalau berangkat Minggu malam, Senin masih di laut dan dipastikan tidak ada sinyal hahahahaha.

Tapi, sudahlah. Akhirnya takdir kami memang mencoba kapal yang kata orang mewah ini : Dharma Kartika II

Pengalaman Naik Dharma Kartika II


Dikutip dari Antara news, kapal Dharma kartika II ini merupakan sebuah kapal buatan Jepang dengan panjang 153 meter dan lebar 25 meter.Kapasitasnya 788 orang penumpang, 85 truk besar, 20 truk sedang dan 50 kendaraan kecil.

Namun, minggu malam itu, ketika kami berangkat, penumpang bisa dikatakan tak terlalu banyak.Mungkin karena bukan musim liburan juga ya.

Oh iya, kalau ada yang bertanya dimana pesan tiket dharma kartika 2? sebelumnya kami sudah membeli tiket Dharma kartika II melalui aplikasi DLU yang bisa di download atau bisa juga melalui webnya buat pemesanan. Sebelumnya, tentu harus bikin kaun terlebih dahulu. pembayarannya juga cukup gampang, bisa via virtual akun juga (virtual account BCA).

Kami membeli tiket kelas 2. Sebenarnya kami mengincar kelas 1, sayangnya habis diaplikasi. Tiket termurah sekitar 290 rb untuk kelas ekonomi tanpa duduk.
Kelasnya sih macam-macam mulai VIP, kelas 1-3, Ekonomi tidur, ekonomi duduk, ekonomi biasa, dan apa lagi ya.

Untuk kelas 1 tiket 475 rb. Sedangkan kelas 2 yang kami beli 450 per orangnya. Dikit banget kan bedanya? nanti akan ada lagi administrasi / asuransi (?) sebesar 30 ribu per tiketnya.

biaya dharma kartika II
berbekal tiket itu, kamipun menuju Tanjung Perak Surabaya.  Jadwal yang tertera jam 11 malam. okeee..
Jam 9-an malam kami meninggalkan Ketintang, kost si kakak menuju Tanjung Perak. Nggak disangka sih, cukup tepat waktu. Sekitar jam 11 malam, kami dipersilakan naik ke atas kapal. Oh iya, sebelumnya harus dituker dulu tiketnya dengan tiket fisik di pelabuhan :)


FASILITAS KAPAL DHARMA KARTIKA II

Singkatnya kami naik ke atas kapal dengan nyaman. Seperti yang saya ceritakan diatas, penumpangnya emang nggak terlalu banyak. kebayang sih naik kapal zaman mahasiswa dulu, beda banget lah, sekarang jauh lebih teratur banget haha.Alhamdulillah.

penampakan kapalnya nih (dok : pribadi)


Sampai lobi kapal, di bagian informasi, ternayta sudah ramai orang.Siapa mereka? mereka ternyata yang berencana naik kelas-nya.Misal dari kelas 2 naik ke kelas 1.Atau dari kels 1 ke VIP. jadilah suami ikut ngantri juga. Kami memang berencana ke kamar kelas 1 saja.Biar bisa buat 2 orang dan lebih santay dan ada yang berkhayal bisa kerja dari atas kapal..hahaha

upgrade kelas dharma kartika II
Antrian yang mau pindah kelas (dok : pribadi)


Info dari petugasnya sih, menunggu kapal jalan dulu, baru bisa upgrade kelas.buat kelas 2 ke kelas 1 per orang menambah 50.000 saja. Lumayan lah ya..hehe. Oh iya, buat yang di kelas dan VIP dikenakan biaya jaminan 100.000 (jaminan kunci).tentu uang bisa diambil lagi bila kunci sudah dikembalikan. 

Menunggu sekitar 1/2 jam an-1 jam lah kira-kira, kami akhirnya kebagian kamar kelas 1 juga. Apa isisnya. Aduh ternyata saya lupa moto kamarnya hahaha.
Yang jelas isi kamarnya ada adalah : ranjang tingkat buat 2 orang dengan seprai putih, satu buah meja bisa buat makan atau kerja, 1 layar monitor TV (yang ggak bisa juga) dan satu buah wastafel. kamarnya besarkah? kecil sih haha.

Sedikit cerita tentang meja kerja.Pas masuk kamar, dengan semangat langsung masang seperangkat laptop di meja kerja,yakin bakal bisa bekerja dari kapal.Faktanya, hampir sepanjang waktu tidur apalagi pas gelombang lagi tinggi-tingginya. Mual banget hahaha.

Over all, kamarnya lumayan banget. Paling nggak bisa beristirahat dengan tenang kan selama di perjalanan..oh iya di kelas 1 ini nggak ada jendelanya guys...so nggak bisa liat laut dari dalam kamar. yang ada view lautnya kayaknya yang kelas VIP. gpp lah ya..

lorong menuju kamar-kamar


kelas 1 dharma kartika II
Penampakan meja dari atas tempat tidur  kelas 1(dok : pribadi)

Apa saja fasilitas di Dharma Kartika II ini ?

* Lobi yang luas dan bersih



* Mushola bersih, komplit, ada al quran dan alat sholat juga

mushola dharma kartika 2

* View yang keren (ada kantinnya dan tempat nongkrong)

apa aja fasilitas dharma kartika 2
view terkeren di kapal ini (dok : pribadi)
* Perpustakaan

perpustakaan dharma kartika 2
Buku-bukunya lumayan oke2 (dok : pribadi)

pesen tiket kapal dharma kartika 2
salah satu buku perpusnya (dok pribadi)


*Tempat fitness , tempat olahraga juga ada buat yang suka olahraga ya

*Kantin dan resto seputaran kapal (bisa ngopi, nongkrong, beli pop mie dll)


* Makanannya juga enak. Untuk kelas 1 sih kemarin dapat makan pagi (jam 7 pagi) dan makan siang (jam 1 siang), dan dianter ke kamar

menu makan siang dharma kartika 2
makan siang dapat teh panas juga.alhamdulillah. 

makan pagi dharma kartika 2
menu makan pagi

Sedikit penjelasan, makan pagi kemarin menunya : nasi, ayam masak kecap, telor bulet,tahu. dessertnya pudding .Tentu dapat sebotol kecil air mineral juga. 

Sedang menu makan siang adalah : nasi,ayam pepes, sambel goreng kentang, sayur sop, teh panas, air mineral sebotol kecil.

Btw, menurut saya nasinya kebanyakan hahaha. dan , dengan terpaksa saya nggak habis, takut mual tambah parah.

Oh iya, gelombang besarnya antara jam 10 an pagi sampai jam 5 sorean.hahahahaha.....dan saya juga mual.Tapi, saya bawa tidur donk wkwk.Bangun-bangun ternyata sudah dekat kok.

Alhamdulillah, perjalanan tepat waktu. Kami mendarat di Banjarmasin jam 20.00 wita. Alhamdulillah.

Sekian dulu cerita petualangan kami haha. Semoga bermanfaat ya...

2 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Seru pasti ya mbk..naik kapal laut lagi...tapi lumayan juga lama...saya kebetulan sering bepergian Lampung Jakarta naik kapal laut..jadi kayak udah terbiasa ya...tapi buat yg belum pernah atau jarang mungkin jadi pengalaman yg seru...kapalnya bersih dan fasilitas lumayan ok nih kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak ini oke banget fasilitasnya juga. Sama kak, saya juga sering merak-bakau, lumayanlah 3 jam. Kalau rute ini, kalau hari biasa enak aja tp kalau dan musim mudik, duh luar biasa rasanya, khususnya antri masuk kapal di Merak hehe

      Hapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin