FBB
KEB

IHB

Strategi Menabung ketika Gaji Naik, Kontrol Keinginan Hedon

rekening online
ilustrasi gaji pegawai naik (foto : https://www.hadirr.com/blog/peraturan-pekerja-harian-lepas/)


Kenaikan gaji adalah hal yang paling dinanti-nantikan oleh para pekerja. Ketika gaji bertambah, Anda memiliki lebih banyak uang untuk dialokasikan ke berbagai kebutuhan serta dapat meningkatkan kondisi keuangan. Namun seringkali muncul penyakit yang biasa terjadi pada pekerja yang baru saja naik gaji, yaitu gaya hidup jadi berlebihan.

Meski gaji Anda kini semakin banyak, jangan terus menjadi lebih boros dalam menggunakan uang. Apalagi jika terbawa arus menjalani gaya hidup berlebihan tanpa memperhatikan perencanaan keuangan. Saat mendapat kenaikan gaji, Anda tetap wajib mengalokasikan uang untuk ditabung. Bahkan Anda bisa menabung dalam jumlah yang lebih besar daripada sebelumnya.

Supaya kegiatan menabung bisa lebih efektif dan mudah dikontrol, sebaiknya Anda membuka rekening khusus untuk tabungan. Apalagi saat ini Anda bisa membuat rekening online yang pendaftarannya sangat mudah dan persyaratannya nggak ribet. Lantas bagaimana strategi menabung ketika gaji naik?

Penyebab Uang Cepat Habis Meski Gaji Naik

Sebelum mempelajari tips menabung, sebaiknya Anda ketahui dulu penyebab uang cepat habis meski gaji naik. Masalah ini kerap dialami oleh para pekerja dan mereka tidak menyadari kebiasaan-kebiasaan yang membuat pengeluaran jadi boros.

Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan uang Anda cepat habis padahal gaji bertambah.

Gaya Hidup Ikut Tinggi

Ketika gaji naik, banyak orang merasa tertarik untuk meningkatkan gaya hidup menjadi lebih mewah dan bersikap hedon. Sebenarnya menaikkan gaya hidup tidaklah masalah, selama perubahan gaya hidup tidak mengakibatkan pengeluaran yang berlebihan.

Sebagai contoh, menghindari sikap impulsif membeli barang-barang mewah hanya untuk kesenangan dan flexing. Sebaiknya pertimbangkan dulu apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan atau tidak.

Berlebihan Self Reward

Self reward berlebihan juga turut menyebabkan uang cepat habis. Saat penghasilan meningkat banyak orang melakukan self reward, baik itu dalam bentuk belanja pakaian, liburan dan lainnya. Sebenarnya self reward adalah hal baik dan tidak masalah untuk dilakukan, asalkan memperhatikan batasan dan kondisi keuangan.

Memberi self reward secara berlebihan justru bisa mengganggu kondisi keuangan Anda. Meski saat ini penghasilan Anda lebih banyak, tapi alangkah baiknya dikelola secara bijak. Sebagai contoh, pertimbangkan untuk menunda pembelian selama beberapa hari ke depan untuk memastikan apakah Anda benar-benar membutuhkannya. Jadi jangan hanya menggunakan uang untuk hasrat sesaat.

Tidak Mempunyai Tujuan Keuangan

Banyak orang akhirnya terjebak dalam kebiasaan boros karena tidak memiliki tujuan keuangan yang jelas. Tanpa adanya target keuangan, Anda akan mudah mengeluarkan uang tanpa berpikir panjang dan tidak sesuai kebutuhan. Jadi baik sebelum gaji naik maupun setelah penghasilan meningkat, Anda perlu memiliki perencanaan keuangan dan target finansial yang jelas.

Tips Menabung ketika Gaji Naik

Agar Anda tidak terjebak dalam gaya hidup hedon dan konsumtif, berikut ini beberapa tips menabung ketika gaji naik yang perlu Anda terapkan.

Menentukan Jumlah Uang yang Akan Ditabung

Menabung perlu dijalankan dengan disiplin agar menjadi kebiasaan atau rutinitas. Mulailah dengan menentukan jumlah tabungan bulanan yang akan Anda sisihkan. Tidak harus dalam jumlah besar, bahkan Anda  bisa menabung dengan uang kecil lebih dulu. Ketika gaji naik, seharusnya Anda bisa menyisihkan uang lebih banyak untuk ditabung.

Anda perlu menentukan berapa jumlah uang yang dimasukkan dalam tabungan setiap bulannya. Setiap orang bisa mempunyai alokasi yang berbeda-beda untuk tabungan, sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan masing-masing. Jika sudah menentukan jumlah uang yang ditabung, pastikan Anda disiplin menjalankannya.

Dalam menentukan jumlah uang yang ditabung, Anda juga perlu melihat target keuangan yang ingin dicapai. Hitunglah berapa banyaknya uang yang harus dikumpulkan untuk bisa mencapai target tersebut. Kemudian perhitungkan juga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa memenuhinya dengan pos tabungan sesuai jumlah yang sudah ditentukan.

Menyimpan Tabungan di Rekening Khusus

Sebaiknya jangan campurkan dana untuk kebutuhan sehari-hari dengan uang tabungan. Jadi Anda perlu membuat rekening khusus untuk tabungan. Di era digital seperti sekarang, Anda bisa membuat rekening online sehingga lebih mudah dalam memantau dan mengontrol tabungan.

Mengapa perlu membuat rekening khusus untuk tabungan? Tujuannya agar Anda tidak mudah tergoda untuk menggunakan uang tabungan. Jadi dana tabungan Anda bisa terkumpul dan terkelola dengan maksimal.

Menggunakan Fitur Autodebet untuk Menabung

Tips lain yang perlu Anda terapkan untuk memudahkan kegiatan menabung adalah dengan mengaktifkan fitur autodebet. Jadi Anda bisa menabung secara otomatis melalui fitur yang disediakan oleh perbankan. Dengan fitur ini, Anda dapat menentukan jumlah tabungan bulanan yang akan dipotong otomatis dari saldo Anda.

Membuat Target dalam Menabung


bank permata
sumber foto : https://money.kompas.com/read/2021/08/02/191926726/buka-tabungan-di-bank-permata-bisa-lewat-aplikasi-moxa-ini-caranya

Supaya lebih termotivasi dan disiplin dalam menabung, Anda perlu menentukan target atau tujuan tabungan. Jadi pikirkan terlebih dahulu untuk tujuan apa uang yang akan Anda kumpulkan. Misalnya Anda ingin menabung untuk membeli rumah, menyiapkan dana pendidikan anak, membeli kendaraan dan lainnya.

Saat menentukan tujuan menabung, Anda harus memikirkannya secara realistis dan spesifik. Dengan begitu Anda bisa menetapkan jumlah dana yang harus terkumpul dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya. Selain itu, Anda juga akan tergerak untuk mengelola keuangan secara lebih bijak karena ada hal-hal yang sudah diprioritaskan dalam alokasi keuangan.

Buat Budgeting dan Perbanyak Uang yang Ditabung

Penyebab lain mengapa uang Anda sering habis adalah karena Anda tidak pernah melakukan budgeting. Menyusun anggaran keuangan sangat penting dilakukan agar Anda bisa mengontrol penggunaan uang. Pertama-tama, catat semua pemasukan dan pengeluaran Anda.

Kemudian evaluasi keuangan Anda selama satu bulan atau beberapa bulan untuk melihat kondisi keuangan Anda. Selain itu, dengan cara ini Anda bisa menyusun strategi keuangan untuk bulan depan dan selanjutnya. Anda jadi tahu mana pengeluaran yang perlu ditekan dan apa saja alokasi keuangan yang harus diprioritaskan.

Menggunakan Rekening Online yang Tepat untuk Menabung

Setelah mengetahui tips di atas, pastinya Anda lebih bijak mengelola keuangan meskipun penghasilan meningkat. Daripada menaikkan gaya hidup yang membuat pengeluaran bertambah, lebih baik alokasikan uang untuk ditabung. Saat gaji naik, Anda bahkan bisa menabung lebih banyak dari pada sebelumnya.

Supaya kegiatan menabung Anda semakin mudah dan terkontrol maka sebaiknya buatlah rekening online khusus untuk tabungan. Apalagi saat ini Anda bisa membuat rekening online gratis. Salah satu rekening online terbaik yang bisa Anda pilih adalah PermataME.

PermataME adalah tabungan online yang disediakan oleh PermataBank. Pembukaan rekening bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Syarat buka rekening online ini juga sederhana dan nggak ribet.

Informasi lebih lengkap mengenai tabungan online PermataME dan pendaftarannya bisa Anda baca di sini.

 

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin