FBB
KEB

IHB

Ayam Goreng dengan Sambal, Favorit Bekal Sekolah Anak

 Salah satu kerepotan mamah di pagi hari ya menyiapkan bekal anak sekolah...

Jangan coba-coba terlambat bangun pagi hari. Bisa dipastikan keadaan tidak akan baik-baik saja. Kayaknya, semua yang punya anak masih sekolah merasakannya. Kecuali kalian punya ART,  yang mungkin sudah biasanya menyiapkan sarapan buat seluruh isi rumah.

Namun bagi saya, yang sudah lama nggak memiliki ART lagi, semenjak tak punya bayi lagi, pagi adalah waktu yang sangat berharga. Terutama buat memastikan seharian akan berjalan lancar. Juga anak-anak sekolah sudah tersedia sarapan maupun bekal makanan paginya. 

Urusan bekal anak juga buat saya, juga bukan perkara mudah. Apalagi saya tak bisa dikatakan kemampuan memasaknya sangat pas-pasan ini. Namun saya memang berusaha keras agar anak-anak bisa membawa bekal dari rumah.

Anak saya yang masih duduk di bangku SD, biasanya jauh lebih sederhana bekalnya. Kue-kue jajanan pasar atau sekedar roti isi saja dia sudah cukup. Namun berbeda dengan anak saya yang saat ini duduk di bangku kelas 3 SMP. Bekal makanan berat seperti nasi dan lauknya sudah sangat wajib. Apalagi ada jam pelajaran tambahan seminggu 4x. Sehingga pulang sekolahnya juga sore sekitar jam 5-an.

Urusan bekal nasi ini memang membuat saya harus berpikir keras apa yang kira-kira praktis tapi sekaligus bergizi buat anak. Memang ada jenis menu namun saya menghindari terlalu sering memberikan anak-anak menu ini.

Menu berimbang berupa nasi+lauk dan sayur lebih diutamakan. Biasanya untuk sayur yang sederhana saja, misalnya sawi ditulis atau rebus-rebusan kacang panjang/sayur lainnya. Untuk lauk juga yang gampang.

Misal ikan atau ayam goreng saja. Ikan tentu cukup saya kasih bumbu ulekan dan sudah ready di kulkas rumah, pagi hari tinggal digoreng saja. Sedangkan ayam goreng, biasanya saya membeli ayam 1-2 ekor untuk beberapa hari. Ayam cukup diungkep dulu dengan bumbu ungkepan. Kemudian, didinginkan dahulu untuk kemudian bisa disimpan di kulkas dan digoreng sewaktu-waktu.

Fakta Cabai Hiyung

Btw, ada yang sudah tahu tentang Cabai Hiyung? Bagi kami yang tinggal di Kalimantan Selatan tentu cabai ini sangat familiar dan biasa ditanam di rumah-rumah warga lokal.

Dikutip dari kompas.com, Cabai Hiyung adalah salah satu cabai berkualitas yang pertama kali dibawa oleh seorang petani bernama M Khalilurrahman atau dikenal dengan Pak Barjo, yang membawa 200 bibit cabai dari gunung yang berada di dari Desa Hiyung, Tapin, Kalimantan Selatan.

Cabai ini kemudian ditanam di Desa Hiyung dan Desa Mandurian, Kabupaten Tapin, untuk dibudidayakan. Setelah ditanam di Desa Hiyung, cabai tersebut tak dinyana memiliki kualitas bagus ketimbang cabai lain. Sejak saat itu, warga Desa Hiyung berangsur menanam cabai yang dibawa Pak Barjo, yang kemudian dikenal dengan Cabai Hiyung tersebut.

Salah Satu Bahan Rahasia yang digunakan pada produk Sambal ABC

                                                        ayam goreng dengan sambal


Kata anak saya, kurang mantap kalau hanya nasi, lauk, dan sayur saja. Harus ada tambahan sambalnya. Saya pun memilih Sambal ABC.

Sambal ABC bisa dikategorikan sambal pilihan nomor satu keluarga Indonesia, karena memang bisa disandingkan dengan makanan apapun seperti ayam goreng tadi. Atau dengan kata lain cocok dengan makanan apapun. Sambal ini juga istimewa, ya karena cabainya memang dirawat dan dipetik langsung oleh petani di Kalimantan.

Karena bukan sambal biasa, jelas anak saya juga sangat menyukainya. Apalagi enak bersanding dengan ayam goreng biasa maupun ayam goreng tepung hangat-hangat.

Sekarang kita sudah sama-sama tahu, kalau Cabai Hiyung adalah salah satu resep rahasia enak dan pedasnya Sambal ABC. Kamu juga bisa menikmati lima varian Sambal ABC seperti varian Sambal Asli, Sambal Extra Pedas, Sambal Bawang Pedas, Sambal Manis Pedas, dan Sambal Ayam Goreng untuk menemani momen makan bersama keluarga. Makan jadi tambah berselera dan menyenangkan. Kalau penasaran lebih lengkapnya tentang Sambal ABC, kamu bisa cek di link ini.

Yang penasaran bisa membeli sekarang ke berbagai toko terdekat atau ke berbagai Official Store ABC Heinz Indonesia lewat e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada serta Blibli. Yuk beli sekarang juga!

 

2 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Sama mbk..sayapun dulu gitu kalo pagi sudah riweuh nyiapin bekal anak sekolah, soalnya dia maunya bekal nasi😄..iya nih sering liat iklan sambal dari cabe hiyung, wah pas nih buat cocolan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bener bgt,sibuk kalau pagi.Apalagi kalau maunya bekal nasi,roti dkk nya lewat deh haha

      Hapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin