FBB
KEB

IHB

Workshop Online dan Menebar Manfaat : Satu Resolusi di 2023

berbagi

Salah satu resolusi di 2023 ini memang banyak menebar kebaikan. salah satunya berbagi ilmu !


Setelah dompet kebaikan yang hampir berusia dua tahun,rasa-rasanya aku memang "susah" mencari lahan berbagi, khususnya berbagi ilmu.

Cita-cita jadi dosen juga masih tenggelam karena S2 belum juga terwujud-wujud. ya sudahlah..kan? hahaha. Makanya, kalau ada teman-teman yang ingin belajar nge blog atau penulisan atau apapun, hmmm..dengan senang hati aku jarin.

Ada beberapa sih waktu itu. Ada rombongan mbak mila, mbak ninuk dan siapa lagi zaman pandemi.

Ada juga kemudian rombongan dewi,tono,sugeng, besti zaman kuliah yang saat itu belajar nulis via zoom karena lokasi kami yang berjauhan bahkan ada yang di LN, oke lah kan...hahaha

Sayang kayaknya muridnya nggak ada yang sukses alias mempraktekkan yang diajarkan.hahahha..tak apa kawan-kawan.. :)

Sebenarnya salah satu temen zaman sekolah dulu, udah lama banget buat meminta ngajarin nulis anak buahnya.Oh iya, dia ini bosss hahahaha. Tapi ntah kenapa aku belum terima permintaan itu.Karena kayaknya yang diajarin juga agak berat. tapi ntar,bolehlah kali ya..

WORKSHOP ONLINE FBB

Tapi entah kenapa ketika Female Blogger Banjarmasin (FBB), sebuah komunitas blogger perempuan di Kalimantan Selatan meminta buat mengisi workshop online, rasa-rasanya susah banget menolak. Oh iya, aku nggak sendiri. Tapi berdua dengan Mbak Maria tanjung, blogger yang saat ini mengelola 14 blog...luar biasa kan?

Ada dua alasan sih kenapa aku akhirnya, tertarik juga berbagi cerita di workshop online ini : 


workshop online FBB
beberapa peserta workshop online (dok : pribadi)

Pertama, aku memang sudah sejak 2018 di komunitas ini. Pernah sekali berbagi di acara Bekikisahan FBB via WA, tapi itu juga tak mendalam berbaginya. Karena hampir kayak bercerita, cerita sehari-hari saja saat itu.

kedua, aku pikir-pikir lagi, tak ada salahnya juga berbagi ilmu. Apalagi ilmu yang dibagikan ini dikuasai dengan baik dan ada pengalaman di dalamnya.

Dengan dua pertimbangan itu akhirnya aku setuju mengisi workshop online dalam rangka ultah FBB ke-7.

Oh iya tema yang diberikan ke aku adalah Tips Menulis di UGC . Tapi kemudian tema ini aku spesifikkan lagi dengan bagaimana tips menulis di salah satu UGC yaitu Kompasiana.

Menulis di Kompasiana sejak Maret 2021, dan aktifnya sekitar 2 tahun terkahir mungkin belum hebat banget.Masih banyak yang lebih hebat tentunya. tetapi menuliskan 140 artikel dan 29 diantaranya menjadi headline dan kemudian akunnya bermatamorfosis menjadi akun terverifikasi, tentu memang ada tips tersendiri.

Inilah yang  kemarin tuh pengalamannya aku bagikan ke teman-teman..

Salah satu pertanyaannya : apakah pernah galau mau posting di blog atau di Kompasiana? Hmmm..tentu pernah banget. 

Kadang suatu tema yang aku pikir bakal booming di blog eh ternyata tidak terindeks sama google atau lambat terindeksnya, kan? gagal deh jadi headline blog haha  

 Namun demikian menurutku, kalau mau posting sesuatu ya tergantung tema yang diangkat dan tentu apa tujuan di tulisnya.

Kalau temanya tidak terlalu berat, aku lebih memilih posting di blog. Demikian pula tema yang berbau pengalaman pribadi banget. Namun bila temanya agak berat ataupun temanya kira-kira bermanfaat buat yang lebih luas, aku sih memilih di Kompasiana. 

Masih banyak sih pertanyaan lainnya..

Aku berharap, walau berbaginya masih sangat sederhana, semoga mempunyai manfaat dan dampak yang lebih luas lagi. Iya, kan?

Tetap semangat semuanya...

4 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Mbak, Enny menurutku lebih keren soalnya bisa terverifikasi di Kompasiana dan punya banyak artikel Headline. Ah, mengapa agak susah nih bagiku menaklukan tantangan untuk bisa posting banyak artikel di Kompasiana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa dibaca SUHU nih tulisanku,pdhl sengaja nggak disebar2 haha...iya soalnya mbak maria dah kebanyakan yang ditulis, 14 blog hiks,banyak bgt,blm job2an kan?

      Hapus
  2. Ternyata kita sama2 kompasianer juga ya, ananda Enny. He he ... Tapi bunda udah lama tidak aktif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iyakah ibuuu..knp gak aktif lagi bu?nggak sempet ya bu.klo saya pendatang baru bu,baru 2 tahun lebih dikit aktif di kompasiana

      Hapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin