FBB
KEB

IHB

5 Alasan Kamu Harus Punya Capsule Wardrobe, Gaya Hidup Minimalis Masa Kini

 
paylater
ilustrasi capsule wardrobe (foto : https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/3/2023/31243/apa-itu-capsule-wardrobe-dan-cara-menerapkannya


Memiliki lemari penuh pakaian dari berbagai model dan warna terlihat mewah dan terdengar menyenangkan. 

Kebanyakan kaum wanita memimpikan hal itu agar bisa bebas berkreasi dalam penampilan sehari-hari tanpa khawatir “kehabisan pakaian”. 

Namun, terkadang pakaian banyak juga membuat kamu bingung saat ingin mix and match. Pada akhirnya fesyen item yang kamu pakai itu-itu lagi dan pakaian lainnya dibiarkan menumpuk di lemari.

Jika kamu sedang mengalami hal seperti itu, kini saatnya kamu beralih pada konsep capsule wardrobe yang lagi banyak dibicarakan akhir-akhir ini. Konsep ini tidak membutuhkan jumlah pakaian yang banyak, melainkan mengutamakan sifat fungsional dan timeless yang bisa dipadupadankan dengan mudah sesuai aktivitas harian kamu.

Nah, untuk melengkapi koleksi capsule wardrobe, kamu bisa menggunakan paylater dan mengelola keuangan untuk kebutuhan lain yang tak kalah penting.


Alasan Harus Punya Capsule Wardrobe


apa capsule wardrobe
sumber foto : https://www.beautyjournal.id/article/tren-capsule-wardrobe


Sebenarnya, apa yang dimaksud capsule wardrobe? Menurut narasi.tv, capsule wardrobe adalah konsep mengelola pakaian yang terdiri dari basic fashion items dalam warna-warna netral, sehingga dapat saling dikombinasikan dengan mudah untuk menciptakan berbagai gaya. 

Konsep ini mengusung nilai fungsionalitas dan fleksibilitas dalam menampilkan gaya fesyen yang tak lekang zaman. Banyak alasan mengapa kamu harus punya koleksi capsule wardrobe untuk menunjang kebutuhan berpakaian dalam aktivitasmu sehari-hari, berikut ini beberapa alasan yang perlu kamu ketahui.

1.      Efisiensi Waktu dan Energi

Memiliki koleksi capsule wardrobe, berarti kamu menghemat waktu dan energi saat memilih pakaian setiap harinya. Kombinasi item fesyen yang terbatas dapat menyederhanakan dan memudahkan proses pengambilan keputusan, serta meminimalkan kebingungan. Pagi hari yang sibuk tidak akan lagi dihabiskan dengan mencari-cari pakaian yang sesuai dengan aktivitas harian kamu. Konsep ini juga mengajak kamu mengurangi fast fashion, namun tetap tampil menarik dan tidak ketinggalan zaman.

2.      Mengurangi Pemborosan

Capsule Wardrobe membantu mengurangi keinginan untuk selalu membeli pakaian saat ada tren fesyen yang baru. Kamu akan lebih fokus pada item fesyen yang berkualitas, tahan lama, dan serbaguna, serta mengurangi pemborosan uang untuk belanja barang-barang yang sebenarnya tidak begitu diperlukan. Konsep ini mendorong kamu mengurangi siklus belanja baju yang cepat dan melakukan pengelolaan keuangan dengan lebih bijak. Menariknya, capsule wardrobe juga sejalan dengan konsep pinjaman paylater yang membuat kamu dapat mengelola keuangan lebih mudah dengan selalu mempertimbangkan pengeluaran untuk hal yang lebih diprioritaskan dan berguna.

3.      Meminimalisir Stres

Fesyen mode kerap mengalami perubahan yang cepat dan dapat menjadi sumber stres bagi banyak orang. Menerapkan konsep capsule wardrobe membuat kamu tidak perlu terus-menerus mengikuti tren terbaru dan lebih fokus pada produktivitas harian. Pakaian-pakaian yang bersifat timeless dan fungsional akan membebaskan pikiran dari kegelisahan tentang tren fesyen yang bergulir cepat dan merepotkan. Apa saja yang ada di wardrobe? Kamu bisa memilih basic fashion items seperti blazer yang selalu cocok dipakai untuk acara formal dan non formal, kaus atau tank top warna netral, dress hitam untuk acara formal, blouse atau kemeja putih aktivitas sehari-hari, serta pakaian berbahan denim untuk acara santai.

4.      Peningkatan Kreativitas dalam Berpakaian

Konsep capsule wardrobe memberikan tantangan supaya kamu jadi lebih kreatif dalam memadupadankan pakaian. Kombinasi yang berbeda dari item fesyen terbatas akan menciptakan gaya yang unik dan personal. Konsep ini mendorong kamu jadi lebih memahami gaya berpakaian sesuai dengan karakter pribadimu. Kamu juga dapat mengidentifikasi elemen fesyen mana yang dibutuhkan untuk menciptakan konsistensi dan kesatuan sesuai dengan citra yang ingin kamu tampilkan.

5.      Fokus pada Kualitas

Koleksi pakaian dalam jumlah terbatas untuk jangka waktu lama mendorong kamu memilih pakaian berkualitas tinggi dari material yang awet. Selain itu, kamu akan berinvestasi pada pakaian dengan mempertimbangkan kenyamanan material sesuai aktivitas yang kamu lakukan setiap hari. Memiliki pakaian yang awet dan nyaman, tidak hanya membuat kamu dapat menghemat uang lebih banyak dalam jangka panjang, tapi juga mendukung gaya hidup berkelanjutan dengan mengurangi dampak lingkungan yang disebabkan oleh produksi pakaian cepat rusak dan limbah hasil fesyen industri yang cepat berganti. Penerapan konsep capsule wardrobe merupakan langkah positif pada gaya konsumsi yang lebih bijak dan bertanggung jawab.

 

Memiliki capsule wardrobe berarti kamu telah membangun koleksi pakaian yang fungsional dan memenuhi kebutuhan sehari-hari, sekaligus juga meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan dan pemborosan keuangan pribadi. Konsep ini menginspirasi gaya hidup yang lebih sadar dan berkelanjutan untuk kualitas hidup yang lebih baik.

 

Tertarik untuk punya capsule wardrobe? Kamu bisa memulai koleksi dengan belanja pakaian basic fashion items menggunakan pinjaman paylater dari Kartu Kredit digibank. Aplikasi perbankan digital ini membantu kamu mewujudkan keinginan memiliki capsule wardrobe dengan mudah melalui beberapa keunggulan yang ditawarkan, di antaranya adalah tersedia fasilitas kartu kredit dengan pilihan cicilan ringan digibank Pay Later sampai 60 bulan yang bisa didapat melalui proses approval cepat hanya 60 detik, gratis iuran tahun pertama serta mudah ubah dan monitor cicilan melalui aplikasi digibank by DBS sangat mudah dan bisa diakses selama 24/7 dari mana saja.

Kini, kamu bisa mulai menerapkan konsep capsule wardrobe untuk meningkatkan kualitas hidup kamu. Langsung saja buat daftar OOTD dari basic fashion items yang sesuai selera dan karaktermu. Lengkapi koleksi pakaian untuk capsule wardrobe impian menggunakan paylater dari digibank by DBS yang mudah dan praktis. Pelajari informasi fitur digibank Pay Later selengkapnya di sini.

Semoga bermanfaat.

 


Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin