FBB
KEB

IHB

Mata Kering Bikin Drama, Ingatlah Mata Investasi Berharga

insto dry eyes buat apa
Diolah via canva



Mata kering,bisa jadi dianggap biasa saja.namun ternyata hal ini akan berpengaruh kepada banyak hal. Salah satu solusi gunakan Insto Dry Eyes

 

Sekitar 1,5 bulan yang lalu, aku bersama tiga teman blogger Banjarmasin ke rumah sakit (RS) daerah di kota kami, untuk mengunjungi seorang teman blogger yang  sakit.

Diagnosa dokter, teman kami ini mengalami tumor otak. Tentu bukan penyakit yang ringan.  Saat kami kunjungi, dia baru saja menjalani operasi pengangkatan tumor otak di kepalanya dan bisa dikatakan dalam kondisi yang belum stabil. Dan tentu kemudian, harus dirawat dalam jangka waktu yang lama di RS.

Apa gejala sakit yang dialami teman ini? Ternyata berasal dari matanya. Teman kami itu memang memiliki riwayat mata yang bisa dikatakan tidak sempurna sejak kecil. Cerita ibunya, ketika kami berkunjug, bahkan sejak usia 5 bulan sudah mengalami operasi di salah satu matanya.

Inilah kemudian yang menyebabkan salah satu matanya sudah lama tak berfungsi, namun satu mata lainnya masih sangat bagus.Sehari-hari sih memakai kaca mata.

Sehari-harinya, dia memakai kacamata dan selama ini tampak tak ada bedanya dengan orang kebanyakan.

Namun beberapa bulan lalu, dari penjelasan suaminya, dia merasa mulai ada gangguan dengan mata lagi. Dalam beberapa bulan itu bahkan sempat 3x berganti kaca mata namun tetap saja tidak nyaman untuk beraktivitas.

Bahkan terakhir-akhir, dia mulai susah melakukan aktivitas mandiri. Jangankan menulis di depan laptop, untuk sekedar membalas WA dengan mengetiknya saja sudah tak bisa, sehingga harus memakai voice note (VN) setiap kali WA-an.

Akhirnya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan dokter memvonisnya tumor otak dan harus dilakukan operasi. Butuh waktu beberapa bulan, sampai akhirnya operasi bila dilaksanakan. Salah satu penyebabnya karena antrian pasien BPJS sangat panjang untuk berbagai kasus mata di RS terbesar di kota kami.

Ditambah berbagai pemeriksaan yang harus dia lakukan sebelum melakukan operasi yang bisa dikategorikan penuh resiko tersebut.

Saat ini, teman tersebut memang sudah bisa perawatan jalan di rumah. Hanya saja dalam sebulan harus kontrol ke RS selama beberapa kali. Namun tentu saja, aktivitasnya belum normal lagi.

Termasuk aktivitas sebagai blogger yang selama ini dilakoninya. Sebagai teman, tentu saja kami berharap kesembuhannya sehingga bisa berkativitas kembali bahkan berkumpul bersama lagi dengan kami.

MATA BERHARGA

Cerita teman kami diatas, sungguh memberi pelajaran penting bahwa mata sungguh karunia Tuhan yang sangat berharga. Ada gangguan sedikit saja pada mata, sudah dipastikan pengaruhnya sangat besar ke kehidupan sehari-hari. 

Merawat mata sejak dini, tentu akan menjadi investasi jangka panjang yang bahkan tidak bisa diukur dengan uang berapapun.

Tidak heran, sedari kecil, banyak diantara kita yang sudah diajarkan orang tua untuk menjaga kesehatan mata, kan? Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, misalnya saja wortel yang banyak mengandung vitamin A.

Mungkin sebagian kita juga masih mengingat jelas, ketika di sekolah dasar (SD) pun sudah ada pelajaran tentang menjaga kesehatan mata.

Anak saya yang duduk di kelas 5 SD, dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kurikulum Merdeka, sudah diajarkan sejak dini bahwa mata juga membutuhkan istirahat yang cukup. Karena memang proses melihat sebenarnya membutuhkan proses yang rumit dan membuat mata kita selalu terbuka.


insto dry eyes buat mata kering
dokumentasi ennyratnawati.com


Kemudian, menjaga kesehatan mata, dalam materi tersebut antara lain dengan tidak terlalau lama berinteraksi dengan layar ponsel ataupun dengan layar komputer/laptop. Wuih, ternyata kelas 5 SD-pun sudah dapat informasi lumayan komplit ya buat menjaga kesehatan mata. Apalagi memang faktanya anak sekarang memang sudah banyak berinteraksi dengan gadget,kan?

Mata Kering Bikin Drama

Pernah nggak berada dalam suatu momen yang terasa tidak bisa kita kendalikan? Atau bahkan sebuah momen penting dan berharga, dan tanpa disangka ada kejadian yang berada di luar prediksi?

Itulah juga yang pernah aku alami.

Saat itu, aku sudah jadi mahasiswa semester 5 di Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta. Aku mengikuti ajang pemilihan mahasiswa berprestasi di tingkat Fakultas Ekonnomi. Tentu saja banyak sekali yang mendaftar dan rangkaian test yang harus diikuti.

Mulai dari administasi berupa daftar nilai dan IPK terakhir, kemudian tes presentasi makalah yang sudah dibuat sampai terakhir tes wawancara bahasa Indonesia dan Inggris.

Dua tes awal, alhamdulillah,  sudah berhasil aku lewati dan tinggal tes wawancara saja. Tentu, sampai di dua tahap tersebut tidak mudah. Untuk penulisan makalah (karya tulis ilmiah)

Misalnya, aku benar-benar bekerja keras mulai dengan membaca segala literatur dan berbagai referensi untuk mendukung proses penulisan, hingga membuat bahan presentasi sebagus mungkin.

Saking lelahnya membaca berbagai referensi dan kemudian menuliskannya di laptop, aku tak lagi sadar kalau mataku ternyata sangat terpengaruh.

Gejala mata kering seperti mata pegel, mata sepet, mata kering mulai aku rasakan malam itu. Tapi tentu tidak terlalu aku pedulikan.

Sampai beberapa hari kemudian ketika wawancara Bahasa Inggris, aku mulai merasa mataku tidak dalam kondisi baik-baik saja. Namun demikian, aku tetap harus ikut test siang itu.

Kali ini, mata kering beneran bikin drama. Dengan kondisi mata kering yang tidak nyaman, aku harus menghadapi dua orang pewawancara. Hmmm..mereka sempat menanyaka kondisi mataku dan tentu aku jawab jujur. 

Salah satu pewawancara kok menyarankan untuk segera membeli Insto Dry Eyes di apotik. Sempat kepikiran, apakah Insto memang bisa buat mata kering? Wah...segera berpikir otw membeli usai berbagai tes tersebut.


kandungan insto dry eyes


Alhamdulillahnya, drama mata hari itu tak mempengaruhi hasil akhir. Meskipun tidak sebagai juara 1, aku berhasil meraih peringkat ke-2 sebagai mahasiswa berprestasi tahun itu di kampusku. tentu dengan berbagai hadiah yang lumayan buat ukuran mahasiswa.

kemudian, berkat saran untuk menggunakan Insto Dry Eyes, permasalahan mata kering juga selesai.

Penyebab dan Bahaya Mata Kering

Apa sih sebenarnya penyebab mata kering? Apa pula bahaya mata kering? Sebagai orang awam, saya mencoba mencari dari berbagai referensi.


mata kering bikin drama
Data dari berbagai sumber, desain via canva


Penyebab mata kering ternyata banyak ragam. Dilansir dari insto.co.id, penyebabnya paling tidak ada 3 (tiga).

·        Jarang Mengedipkan Mata

Sadar nggak sih, karena banyaknya beraktivitas, kadang-kadang urusan mengedipkan mata saja tuh jarang kita lakukan. Padahal ini ternyata aktivitas yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dan tentu menghindari dari gejala mata kering.

·         Penggunaan lensa kontak dalam jangka panjang  

Siapa disini yang suka banget menggunakan lensa kontak? Hmmm..harus diakui sih, penggunaan kontak lensa tuh membuat mata jadi lebih indah,estetik dan overall, membuat lebih cantik aja rasa-rasanya. Ada yang samaan perasaannya?

Namun ternyata penggunaan lensa kontak dalam jangka panjang sangat tidak disarankan karena bisa beefek pada mata.Misalnya mata menjadi kering, mata pegel dan mata sepet.

·         Penguapan air mata yang berlebih

Apa ini sebenarnya? Penguapan air mata berlebih atau istilah medisnya evaporative dry eye (EDE) merupakan kondisi dimana terjadi peningkatan penguapan air mata akibat ketidakstabilan lapisan minyak air mata atau akibat faktor eksternal lainnya.

Selain tiga hal umum diatas, mata kering, dilansir dari sumber : jec. co.id,  bisa juga disebabkan oleh berbagai penyakit, yang tentu harus kita waspadai. Ini tentu masuk mata kering dalam kategori membahayakan.

Misalnya kerusakan kelenjar Meibom pada kelompok mata atau dikenal dengan Meibomian Gland Dysfunction (MGD).

Ini disebutkan sebagai sebuah keadaan tersumbatnya kelenjar Meibom yang berperan menghasilkan lapisan minyak pada air mata. Bahkan, pengidap MGD di Asia, menurut riset , mencapai 46% hingga 70%. Terutama karena faktor cuaca di wilayah Asia dan akhirnya mempengaruhi suhu lingkungan, kelembapan (humidity) dan faktor  kualitas udaranya.

Gejala mata kering tentu sudah sangat jelas. Antara lain mata terasa sepat,perih,pegal dan bahkan pada beberapa kasus seperti terasa terbakar.

Kemudian gejala mata kering lainnya, bisa saja kabur ketika membaca Al Quran/buku lain atau malah mata kemerahan, seperti orang yang terkena sakit mata.

Lalu apa #SolusiMataKering, kita akan jelaskan lebih lanjut di bawah ini ya.

Insto Dry Eyes Sebagai Solusi Mata Kering

Apapun segala permasalahan tentu saja ada solusinya. Demikian juga dengan persoalan mata kering ini. Untuk mengatasi mata kering  salah satu solusinya, seperti ketika aku wawancara di kampus seperti cerita diatas ya adalah menggunakan  #InstoDryEyes.

fakta insto dry eyes
sumber : insto.co.id (diolah via canva)


Sekedar informasi aja, dilansir dari insto.co.id, Insto Dry Eyes ini mengandung bahan aktif yang memberikan efek pelumas seperti air mata untuk mengatasi mata kering.

Efek pelumas inilah yang membantu mata tak lagi kering, meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata (biasanya pada penderita rheumatoid arthritis, keratoconjunctivitis dan xerophtalmia), juga digunakan sebagai pelumas pada mata palsu..

Kemudian, mengandung juga bahan aktif yang dapat meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata.

#InstoDryEyes mengandung Hydroxypropyl Methylcellulose 3.0 mg dan Benzalkonium Chloride 0.1 mg. Insto dry eyes tersedia dalam ukuran 7,5ml dengan harga Rp 15.500 saja di kota kami.

Btw,berapa kali penggunaan Insto dry eyes dalam sehari? Ternyata 1-2 tetes tiap mata, 3x dalam sehari.

Nah, sekarang sudah tau kan solusi mata kering? Jangan sampai drama-drama mata kering terulang lagi ya. Kalau sampai terjadi, kamu sendiri yang bakalan rugi.

Semoga bermanfaat. 

 

 

 

 

 



16 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Nah, skrg yg mau saya tanyakan mbak, kalo mata yg sering berair itu kenapa ya mbak? apakah ini berarti kebalikan dari kondisi mata kering. Soalnya mataku akhir2 ini justru sering berair, jd nampak seperti org abis nangis gitu mbak... aku blm periksa ke dokter sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya mas.kayaknya harus periksa ke dokter..trus ini bukan tanda mata kering sih tapi tampaknya malah sebaliknya ya. satu2nya cara ya periksa ke dokter mata aja. Tks ya sudah baca artikelnya

      Hapus
  2. Mata kering emang sangat mengganggu dan perlu artificial tears. Saya juga kalau udara panas dan lama di luar atau mlototi komputer kelamaan, insto selalu setia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sama kita mbak, apalagi suka kelamaan depan laptop atau megang handphone hehe/makasih ya mbak sudah membaca artikelnya

      Hapus
  3. Pengalaman pernah mata merah seperti berdarah secara tiba-tiba, makin hari makin merambat ke bagian tengah / hitam mata. Panik! Tapi langsung pergi cek ke dokter dan mulai tenang. Obatnya mahal saat itu, tapi akhirnya beli obat tetes mata di apotik, ya Insto ini. Alhamdulilllah, bisa sembuh kembali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah, Insto ternyata bermanfaat banget ya.Terima kasih mas Randi sharing pengalamannya. Semoga tetap sehat dan juga kondisi mata tetap terjaga juga kesehatannya.aamiin

      Hapus
  4. Semoga teman blogger mbak Enny sekarang sudah sehat, sedih juga baca kisahnya.

    Kalo aku mata merah biasanya kena debu karena disini kadang mobil lewat bawa debu, tapi kadang juga karena banyak pegang hape.😂

    Untungnya di rumah selalu sedia insto.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaa bisa aja mas Agus, sedia Insto. Insto memang sekeren itu haha
      btw, makasih ya mas doa buat temenku.Sampai sekarang belum ada kabar lagi sih ini..semoga baik-baik saja

      Hapus
  5. Iya nih mbk...mataku itu sering banget kayak capek dan panas .apalagi aku nulis postingan pake hape huhu...memang iya sih harus jaga banget ini mata..aku kebetulan pake kacamata buat di dalam dan di luar rumah..buat lindungi mata dari debu dan matahari...Insto salah satunya yang yg pas di kantong, ga gede gak juga mahal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mbak,insto juga ramah di kantor dan manfaatnya banyak bgt hehe...nah iya kalau nulis postingan di hape memang lebih cepat sih ya tapi ya itu, kadang membuat mata panas dan capek.alhamdulillah kalau pakai kacamata. thank you mbak ren

      Hapus
  6. bener banget pake insto. Dari dulu sampe sekrang insto memang andalan sih di kalangan masyarakat desaku. Soalnya mudah dicari, harga terjangkau, dan cepet gatasin sakit mata

    BalasHapus
    Balasan
    1. haii kak keza.sama kalau gitu, insto memang andalan aku n keluarga juga. cepet banget ngatasin segala permasalahan mata, termasuk mata kering juga nih.makasih ya

      Hapus
  7. Belakangan aku juga sering merasa mataku kering sih mba.. kayaknya kebanyakan time screen ya. Sejak kembali ngantor, bisa dibilang hampir 10 jam menghadap layar. Blum lagi browsing di hape juga. Kerasa banget, mata lelah dan sering berkedut. Andalannya ya insto. Ini kan merek legend, udah diapkai sejak aku kecil dulu, dan sekarang aku lanjut pakai jugaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener,merek legend hahaha. iya nih kalau kebanyakan main hp plus kerjaan d laptop,mata cepet bgt lelahnya,untung ada insto,alhamdulillah.makasih ka kartika

      Hapus
  8. Insto bagus kok... dulu mata istriku sering bgt kering, apalagi kalo sedang bekerja. Trs aku saranin pake insto aja... dan hasilnya cocok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah cocok ya kak. Iya kak, insto memang byk yg cocok,aplg brand ini udah lama juga kan kak.Makasih ya sudah mampir :)

      Hapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin