Kamis, 11 Oktober 2018

LIMA SKILL YANG WAJIB DIKUASAI PARA PEKERJA

Kamu masih mencari pekerjaan? Sudah kerja sebagai PNS atau kerja di perusahaan swasta? Alhamdulillah. Apapun wajib kita syukuri. kalau memang belum dapat pekerjaan yang cocok, ya tentu harus lebih giat berusahadan berdoa. Suatu hari, apa yang dicita-citakan  tercapai. Tetapi bagi yang sudah bekerja, tentu harus lebih bersyukur lagi. seperti kata orang, jaman sekarang tidak mudah mencari pekerjaan. Bukan hanya jumlah tenaga kerja yang semakin banyak tetapi juga keahlian yang dibutuhkan semakin bertambah.




Data bps.go.id menyebutkan jumlah angkatan kerja pada awal 2018 sebanyak 133,94 juta orang . sedangkan penggangguran berkurang 140.000 orang. Sedangkan pendidikan SMK merupakan yang terbanyak di dunia kerja. Dari sejumlah angkatan kerja tersebut, penduduk yang bekerja adalah 127,7 juta orang dengan rata-rata upah Rp.2,65 juta.

Wah, persaingan di dunia kerja tentu saja tidak main-main. Tentu saja ada beberapa skill yang kudu kita siapkan untuk terus eksis di dunia kerja bahkan mungkin meningkatkan karir kita.

Pertama, kemampuan bahasa asing. Kamu sudah menguasai bahasa Asing? Satu bahasa, dua atau malah lebih. Lebih banyak tentu lebih bagus. Kalau tidak, kuasailah salah satu bahasa internasional. sebut saja bahasa Arab atau bahasa Inggris.

Dunia sudah semakin terbuka. Kelak, tenaga kerja asing akan makin banyak bekerja di Indonesia. sebaliknya, kitapun punya kesempatan yang luas untuk mengembangkan karir di luar sana. Nah, buat yang tingkat bahasa asingnya masih minim, ayo segera tingkatkan. Jangan bertanya harus belajar dimana. Di era yang serba canggih ini, tentu saja belajar tidak harus formal. Belajar secara online pun bisa menjadi pilihan yang baik, asal sungguh-sungguh.

Kedua, kemampuan mengoperasikan komputer dan internet. Penting? Pastinya. Rasa-rasanya tidak ada sekarang perusahaan yang tidak menggunakan komputer, laptop dan sejenisnya. kuasailah beberapa program pentingnya. Dan tentu saja plus penguasaan internetnya.

Ketiga, kemampuan presentasi dan berbicara di depan umum. kalau kamu berpikir kemampuan ini cepat atau lambat harus kamu kuasaiir, itu hanya cocok buat skill para bos atau manager, kamu salah besar  . kemampuan itu harus dimiliki siapaun yang menginginkan karirnya maju di masa mendatang

.





Empat, cerdas bermedia sosial. Tentu kita semua paham, anak jaman now pastilah menguasai dan mempunyai media sosial. Tapi jangan salah, hanya segelintir yang mau dan bijak menggunakannya termasuk cerdas menggunakan medsos.  Kita termasuk yang mana? 

Cerdas bermedia sosial dapat diartikan kemampuan untuk menempatkan medsos pada porsinya. tentu saja tidak ada salahnya pasang status. Tapi jangan dong kalau curhat masalah kantor. Satu lagi sedapat mungkin , jangan sampai skill medsos mu di jam-jam kerja. Ayo, siapa yang suka begitu?

 Lima, membuka diri untuk berkembang. Hmmm..mungkin saja kamu merasa nyaman dengan pekerjaanmu sekarang. Tapi, sesungguhnya itulah awal kehancuran karirmu. Teruslahlah belajar, membuka diri dengan bergaul dengan sebanyak mungkin orang dan jangan menyerah untuk mencoba hal yang penting tapi belum kamu kuasai.

Jadi skill  apa saja yang sudah kamu miliki?






26 komentar:

  1. Sepakat untuk semuanya. Kelimanya harus dikuasai saat ini. No.1 belum bisa aja lagi nah. Wkwkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha sama aja wati.aku jua msh awam berbahasa asing yang bagus..tks dah mampir

      Hapus
  2. Wah-wah kelima skil di atas menantang sekali untuk dipelajari, alias saya sendiri enggak punya bakat alami untuk kelima skill tersebut. Namun, setelah memasuki dunia kerja, kelima hal tersebut mau tak mau jadi wajib saya miliki dan pelajari agar bisa berkembang mengikuti dunia kerja yang dinamis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya beneer rindang.ini skill yang wajib buat yang udah kerja :) siap2 yaa

      Hapus
  3. Mungkin bagiku kecuali no. 3 bisa diusahakan mba, huhu, introvert gini agak susah ngomong di depan umum. Tapi kalo aku ngajar di sekolah dulu sebenarnya bisa cas cis cus.... Kayanya aku perlu tantangan nih ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaa kita pasti bisaaa mbak.tenang, apa2 bisa dipelajari asal ada kemauannya

      Hapus
  4. kelima skill itu sebenarnya bisa didapat baik di pendidikan formal & ikut organisasi. tapi jujur ya, kalo ikut organisasi justru malah 'lebih berkembang', karena bagitu terlihat passion & potensi ada maka akan terus diupayakan u.terus berkembang. ini aku rasakan banget, pas di sekolah dulu mana bisa ngomong di depan orang banyak, tapi pas udah kuliah trus kenal organisasi malah akhirnya kelima skill itu bisa dipelajari & dikuasai (walaupun tidak terlalu maksimal - tapi bisa).

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah sama.belajar berorganisasi pas jaman kuliah mi.hasilnya luar biasa ternyata yaa

      Hapus
  5. Setuju banget mbak, zaman sekarang tuh gak cukup pinter aja tapi harus jago skil-skil itu biar gak ketinggalan zaman.

    salam,
    simatakodok.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. halooo ashya.betul banget.tetappp semangattt...tks dah mampir

      Hapus
  6. Setuju sama 5 hal ini. Generasi milenial mah skrg skill wajibnya udh beda. Udh ga zaman segala bau kognitif di nomor satukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb winda.jaman now hrs lebih cerdas..smg kita bs nguasain skill dasar itu ya

      Hapus
  7. Jujur yaa belum punya semuanyaa mba wkwkw tp mmg lg proses sih pelan pelan lagi terlebih yg mnguasai bhasa asing dan progam komputer hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangatttt mb lisa.kita semua dalam proses belajar :)

      Hapus
  8. Setuju bangett, apalagi untuk bahasa asing dan komputer. Wahhh selamat deh kalau punya kemampuan lebih di 2 hal itu. Kemana pun kerja jadi enak hahaha

    BalasHapus
  9. 5 hal ini wajib untuk anak-anakku nanti. Kalau aku pribadi sendiri sepertinya agak kesulitan bagian presentasi karena mudah gugup. Masih harus sering belajar publik speaking kayanya nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaa sama.smg anak2 kita bisa menguasai kemampuan2 ini ya

      Hapus
  10. Lima skill yang benar benar wajib ada ketika menghadapi dunia modern. Yang paling penting untuk belajar semuanya niat untuk bisa ya hihi

    BalasHapus
  11. Aku belum ada menguasai bahasa asing neh :( niat banget pengen belajar tapi belum kesampaian itu, untung pasifnya mengerti walaupun ga bisa membahasakannya.

    Sama berbicara didepan umum, duh aku masih belum pede banget. Huft.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah sama bgt.aku jg tipe gugupan di depan umum kalo presentasi hehehe..terus belajar..

      Hapus
  12. hmm jadi ingat ada yang bilang sekarang HRD bisa ngecek medsos calon pelamarnya buat tahu sepak terjang si pelamar di dunia maya

    BalasHapus
  13. betul mb antung.hrd jaman now liat medsos kita jua..hati2

    BalasHapus
  14. bahasa asing juga nggak pinter pinter amat aku, komputer okelah, medsos ehhmm masih oke kayaknya hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. samaaa bgt @ainun. aku juga gt kok. mariii kita sambil belajar yeee hahaha

      Hapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar