Sabtu, 27 Oktober 2018

SEMUA PEKERJA BUTUH PUBLIC SPEAKING


Public speaking can take you to the place that you never imagine before”. (Hj.Ananda)


Banyak jalan menuju Roma, banyak cara menuju sukes. Ya, sukses memang keinginan semua orang. Tetapi tentu kita tahu, kesuksesan tidak semudah membalik telapak tangan. Perlu kerja keras dan kesungguhan untuk meraihnya.

Dalam dunia kerja, kesuksesan bisa diindikatorkan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah karir yang terus meningkat dan penghasilan yang semakin baik. Namun, memperoleh prestasi ini lagi-lagi bukan perkara mudah. Ada banyak skill yang perlu dikuasai. Salah satunya kemampuan public speaking.

Bukan rahasia umum lagi, kemampuan berbicara di depan umum atau yang lebih dikenal dengan public speaking  merupakan salah satu kunci kesuksesan karir saat ini. Bukan hanya mereka yang bekerja sebagai MC, tetapi hampir semua pekerjaan di berbagai sektor membutuhkan kemampuan ini.

Bagi sebagian orang, kemampuan ini tentu saja teramat sulit. Terutama harus bermodal percaya diri dan keberanian lebih untuk berbicara di depan umum. Namun, sebenarnya tidak seperti yang dibayangkan banyak orang tentang kesulitannya. Kemampuan ini sesuatu yang bisa dipelajari. Bahkan bila ditekuni, bukan hanya karir yang akan meningkat tetapi juga pundi-pundi rupiahpun akan mengikuti.

Inilah salah satu poin penting dari “Training Public Speaking 2018”, yang diadakan APMG Banjarmasin, belum lama ini di Aula DPD Partai Golkar Provinsi Kalimantan Selatan. Training ini juga sekaligus merayakan hari jadi ke-54 Partai Golkar.


Training Public Speaking HUT Golkar


Traning selama setengah hari ini diisi dua pembicara. Pembicara pertama adalah Agus Suprapto, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin. Mantan jurnalis televisi  dan penyiar radio ini membawakan tema “ Satu Jam Jago Membawa Acara”.
Menurut Agus, ada beberapa hal yang perlu diketahui agar memiliki kemampuan public speaking yang baik. Pengetahuan tersebut adalah berbicara jujur dengan hati, eye contact dengan audience, gunakan intonasi yang baik, artikulasi yang jelas dan jangan lupa untuk tersenyum.

Untuk poin terakhir ini, Agus memberi tips tentang 2-2-5. Artinya secara ringkas adalah dua detik melihat ke kanan, 2 detik ke kiri dan senyum selama 5 detik. Apalagi menurutnya, kesuksesan sebuah acara yang dibawakan seorang MC bisa diukur dari lima menit pertama. Bila lima menit pertama tersebut lancar, kemungkinan acara akan berjalan sukses.

Acara yang diikuti kurang lebih 102 peserata ini juga menghadirkan pembicara yang merupakan Ketua Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin, Hj Ananda.
Hj. Ananda, yang juga Pimpinan  Darah Partai Golkar Kota Banjarmasin membawakan tema “The Power of Public Speaking”. 

Menurutnya,  semua pekerja di dunia perlu public speaking. Runner Up 1 Puteri Indonesia 2006 juga mengungkapkan public speaking penting untuk meningkatkan kualitas diri, membuat lebih kritis, meningkatkan percaya diri dan berguna untuk kemampuan memimpin.



female Blogger Banjarmasin bersama Hj.Ananda
 
Hj Ananda juga berpesan untuk selalu menjadi orang baik. “ Jadilah orang baik maka kebaikan akan kembali datang ke kita,” ujarnya. Menurutnya, manusia sebenarnya ditakdirkan untuk memberikan kemampuan terbaiknya. Tinggal bagaimana orang tersebut mengupayakannya.

Ada empat tips jitu sukses public speaking yang disampaikannya. Pertama adalah do’a. Kedua, 3L (latihan, latihan lagi dan latihan terus). Ketiga, attitude atau perilaku yang baik. Terakhir, kembali lagi berdoa. Berdoa menurutnya perlu di awal dan di akhir. Kemudian juga jangan lupa meminta restu kedua orang tua kita.

Kekuatan public speaking akan terus ada sampai kapanpun. Karenanya, Hj Ananda berpesan untuk terus belajar mengenai hal ini. Karena bidang ini sangat menghasilkan dari sisi materi  dan satu hal lagi,  Public speaking  akan membawa siapapun yang menguasainya untuk menjelajah berbagai tempat yang berbeda. 

Hj. Ananda pun mencontohkan dirinya yang telah menjelajahi berbagai belahan dunia karena penguasaan public speaking dan kemampuan berbahasa Inggrisnya.

Masa depan Indonesia tentu masih panjang. Dan masa depan tersebut salah satunya ditentukan oleh kekuatan generasi mudanya. Tentu kita mengharapkan generasi muda yang tangguh yang akan menjadi tiang kekuatan bangsa. Salah satu kuncinya  mereka mau tetap belajar banyak hal, termasuk menguasai public speaking. Sudah siapkah kita para generasi muda?


12 komentar:

  1. Dasar bujur banar publik speaking nih sangat penting dan bermanfaat.

    Dan memang kada semua orang bisa tapi semua orang pasti bisa kalau mau belajar dan terus mempraktikan.

    Makasih sharing ilmunya ka Enny. Terobati sudah kesedihan gagal umpat semalam. Walaupun pastinya lebih seru kalau bisa hadir langsung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. inshaAllah lain kesempatan bisa datanglah.mudahan kita bisa praktikkan ilmu public speaking ini .tetap semangatt..

      Hapus
  2. Menarik banget kak .. setuju kalo public speaking memang sangat diperlukan di semua aspek .. di tunggu postingan selanjutnya ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah sudah membaca tulisan inih.semoga menginspirasi ya. yuks terus belajar..

      Hapus
  3. wah ketinggalan saya acara kemarin, untung baca di blog ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaa makasih ya sudah erkunjung di blog sayahh..nantikan ya tulisan2 berikutnya hehehe

      Hapus
  4. Duh kalimat penutupnya bikin baper aku, wakakakak.. Soalnya aku bukan anak muda lagi. Eaaaa.. Aku pun meski gak muda lagu, sangat ingin belajar public speaking

    BalasHapus
  5. hahahaha sama mb ruli.wlau katanya skrg indikator muda dah berubah. sampai usia 60thn masih dianggap muda.tauu bener gak tuh ?hehe

    BalasHapus
  6. Semoga banyak acara kaya gini mbak lah. Biar kita emak-emak bisa update ilmu lagi biar gimanapun emak perlu juga public speaking yg bagus

    BalasHapus
  7. Setuju banget dah public speaking emg bermanfaat banget. Keren dah acara kemarin.

    BalasHapus
  8. Berbicara di depan umum tu semacam uji nyali kalau menurut ulun. Perlu keberanian besar dan banyak persiapan. He

    BalasHapus
  9. Merasa aja sih... Diri ini memiliki kemampuan yang sangat kurang dalam hal publik speaking ini .. Karena latar belakang sebagai orang eksak kali ya ..Rasa susah banget untuk bisa panjang lebar dan menarik. . Lain kali klo ada acara seperti ini beritahu ya .. Biar bisa belajar cara publik speaking yang baik ..He he..

    BalasHapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar Dengan Baik ya :)