Senin, 19 November 2018

KERJA TIDAK SESUAI PASSION? INI YANG DISARANKAN



Masih ingatkah ketika kecil bila ditanya cita-cita kita apa, kita akan menjawab berbagai pekerjaan yang memang sering kita lihat. Sebut saja dokter atau polisi. 

Namun nyatanya tidak semua orang bisa menjadi dokter atau polisi.
Semakin bertambahnya usia dan pengalaman kita akhirnya juga mengetahui banyak sekali ragam jenis pekerjaan didunia ini yang tentu saja bisa kita pilih.


Selain alasan itu, nyatanya kita kadang-kadang bekerja di suatu perusahaan dan tempat  yang bahkan tidak pernah kita pikirkan sebelumnya.

Ada juga mereka yang bekerja karena sesuai dengan latar belakang pendidikan mereka. Tetapi ada pula yang pada akhirnya bekerja sesuai dengan perusahaan yang memang “ bisa “ menerima dia bekerja di perusahaantersebut.

Semakin tinggi tingkat kematangan kita, kita juga mengetahui ada sebuah passion yang kita miliki dan mungkin berbeda dengan orang lain.
Passion sendiri dapat diartikan sesuatu yang senangi atau sesuatu yang kita tidak pernah bosan untuk melakoninya.


Bekerja bisa saja tidak sesuai passion (dok :pribadi)

 
Mungkinkah pekerjaan kita berkaitan erat dengan passion kita? Sangat mungkin. Namun banyak juga pekerjaan yang kita terima (sebagai takdir) akhirnya memang tidak ada hubungannya dengan passion tersebut.
    
    Namun beberapa hal berikut ini bisa menjadi catatan buatmu bila memang pada akhirnya tidak bekerja sesuai dengan passion atau minatmu sebelumnya.     

     1. SYUKURI
Tentu saja kamu yang bekerja harus memilki syukur yang luar biasa. Semakin hari seperti yang kita ketahui, semakin banyak jumlah pengangguran, baik yang tidak terdidik maupun penganguran yang sudah mengenyam bangku sekolah /kuliah. Apapun pekerjaanmu hari ini tentu saja harus kamu nikmati dan disyukuri. Apalagi ini sama artinya dengan Tuhan memberikan kepercayaan untuk menjadi salah satu orang yang berguna dalam kehidupan.

     2.COBA SENANGI
Mengutip kata-kata pendiri perusahaan APPLE - Steve Jobs - The only way to do a great work is to love what you do.
   Senangi apa yang kita kerjakan. Walaupun awalnya kita merasa pekerjaan tersebut kurang cocok dan berat dengan kesungguhan hati, penambahan pengetahuan dan skill, inshaAllah pekerjaan tersebut akan menjadi bagian dari hari-hari kita yang menyenangkan. 

I   3.INGAT NILAI PLUS DARI PEKERJAANMU SAAT INI
Jangan pernah meremehkan sebuah pekerjaan. Apapun jenis pekerjaanmu. Apalagi ternyata pekerjaan yang dijalani hari ini memberi nilai tambah yang luar biasa. Misalnya gaji yang bisa mencukupi kehidupan sehari-hari atau dari penghasilan ini yang ternyata kamu tetap mampu membeli rumah dan mobil. Menarik bukan?

4.TIDAK USAH TERLALU BANYAK MENDENGAR PENDAPAT ORANG LAIN
Jujur saja, terlalu banyak mendengar pendapat orang lain sama saja dengan “membunuh diri sendiri”. Apalagi bila sampai kita terpengaruh dan menilai diri kita semakin tidak sempurna.
Ingatlah baik-baik bahwa yang memegang kendali terhadap hidup kita adalah diri kita sendiri. Bisa saja orang lain memberikan masukan tetapi tentu saja tidak perlu kita ambil 100 persen. Tetaplah bekerja keras dan memerbanyak doa. 

Niscaya bukan hanya pekerjaan tersebut akan memberikan hasil yang baik tetapi juga akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan dan lingkungan sekitar kita.

Bagaimana dengan kamu?

12 komentar:

  1. Tapi aku memilih untuk resign ternyata karena tidak sesuai passion Hehe tetapi dengan waktu bertahan 2 tahun dan agak gimana juga. Jadi, memilih untuk fokus sama yg disukai. *anaknya egois sih kadang

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.betul rim. karena hidup adalah pilihan..hehe

      Hapus
  2. Hehe, nggak tahan en. Kl bisa mengusahakan yang lain ya tinggalin aja dah kerjaan yg menyiksa fisik ni (lebay dot com)

    BalasHapus
  3. hahahaha sampe menyiksa jiwa dan raga ya.hadeh.betul2 tinggalkan deh..

    BalasHapus
  4. Mbak, ini yang aku rasain saat ini dan aku sedang mencoba untuk menikmatinya dan ikhlas biar kerjanya senang dan gak tertekan :')


    Salam,
    Simatakodok.blogspot.com

    BalasHapus
  5. kereeen.semoga lancar dan barokah ya. tetap semangat..

    BalasHapus
  6. Urusan bekerja ini memang rada susah ya, kalo gak sesuai passion kita terkadang setengah hati. Ya, memang intinya sih harus mencintai pekerjaan itu terlebih dahulu sih ya.

    Hal-hal diatas memang perlu dilakukan, apabila kita kerja tak sesuai passion. Intinya sih bersyukur ��

    BalasHapus
  7. Ingat nilai plusnya itu deh kayaknya paling mantap diingat2 kalo sdh mulai ngeluh. Zaman skrg, dpt kerja sj sdh oke. Milih sesuai passion agak susah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya bgt.susah nyari kerja yang pas jaman skrg

      Hapus
  8. Jgn dengerin kata org lain.. Hihi. Betul banget mah. Kt klo kerja walau ga sesuai passion hrs ttp melihat sisi baiknya ya mba. Selama kt msh bs pny waktu untuk hoby kt n kesejahteraan ekonomi kt terjamin knp enggak.. :)

    BalasHapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar