Rabu, 05 Desember 2018

MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN DENGAN EMPAT LANGKAH


(source gambar : kajianpustaka.com)

Bagi perusahaan, urusan peningkatan produktivitas adalah kunci kesuksesan. Cuman sulitnya, ini bukan pekerjaan seperti membalik telapak tangan. Apalagi bagi karyawan yang sudah dari sononya pemalas. Membingungkan pastinya.
Mau dipecat juga bukan hal mudah. Apalagi memang harus ada ukuran yang jelas dan pasti untuk memPHK karyawan.


Pada akhirnya divisi HRD, salah satu yang bertanggungjawab tentang ini, harus memutar otak sedemikian rupa agar produktivitas karyawan meningkat dan karyawan tetap semangat dan senang bekerja.
Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan perusahaan. Walaupun mungkin di berbagai perusahaan mempunyai kondisi yang berbeda-beda.

1.Tetap memberikan motivasi.
Apa yang paling memotivasi kamu untuk bekerja? Sebuah penelitian menyebutkan gaji memang bisa mendorong orang untuk giat bekerja. Namun kenaikan gaji biasanya hanya membuat senang karyawan dalam beberapa minggu saja. Habis itu mereka bakal tidak bersemangat lagi. Benarkah?

Memang harus diakui, gaji memang memberikan kontribusi terhadap motivasi karyawan untuk lebih giat bekerja. Namun gaji bisa dikatakan sebagai motivasi dasar saja.

Perusahaan dituntut untuk lebih kreatif dalam memberikan motivasi bagi karyawannya. Untuk itu diperlukan program yang terus menerus untuk menjaga level motivasi agar tetap berada pada level tertinggi sehingga menghasilkan produktivitas kerja yang tinggi. Apa saja program yang bisa dilakukan? Itu tergantung kondisi perusahaan masing-masing.

2.Lingkungan Kerja.

Yess, Jangan pernah mengabaikan soal lingkungan kerja. Peran kepemimpinan terutama top leader dalam menciptakan lingkungan yang kondusif untuk bekerja. Sehingga karyawan merasa nyaman dan optimis dalam bekerja. Tentu saja disamping kebijakan perusahaan yang menciptakan lingkungan yang kondusif.

3.Integrasi Manajemen Waktu Dengan Sistem Perusahaan.
Manajemen waktu mungkin akan memberikan kontribusi pada produktivitas karyawan. Manajemen waktu yang tepat akan membuat produktivitas tinggi. Targetnya karyawan lebih efektif dan produktif.

4.Reward,  Punishment dan Mental Juara.
Banyak yang menyebut reward dan punishment sebagai cara meningkatkan produktivitas. Ditambah mental juara yang ditanamkan kepada karywan, niscaya perusahaan semakin maju.



2 komentar:

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar