Kamis, 28 Februari 2019

ENAM LANGKAH PERBAIKI KEUANGAN YANG MINUS


Keuangan yang minus sungguh membikin galau. Namun jangan khawatir, kamu tidak perlu ke dokter untuk mengatasi stress akibat masalah ini.Enam langkah perbaikan keuangan minus ini layak dicoba.

Assalamualaikum,

Hallo. Apa kabar kalian di hari Kamis ini? Semoga tetap sehat semua yaa..karena bagaimanapun kesehatan merupakan modal awal mencari rejeki yang barokah. Aamiin.

Eniwei, hari ini aku mau berbagi masalah super serius hehe..keuangan minus. Pernah merasakannya? Kalau pernah kita senasib hahahaha..kalaupun ternyata kamu nggak pernah mengalaminya, wow dua jempol deh buat kamu.

Selamat. Itu artinya, kamu sudah mengatur keuangan dengan baik selama ini. Terlepas dari kamu masih single atau sudah menikah ya.

Btw, keuangan minus menurut aku si bukan semata soal besar pasak aripada tiang alias penghasilan yang sedikit. Tapi lebih banak karena alasan ketidakmampuan mengatur keuangan dengan baik.

Golongan yang terakhir ini biasanya mempunyai ciri : gemar bersenang-senang ketika punya uang banyak, malas buat menabung plus gampang banget tergoda diskon. Namun, pada beberapa kasus lain memang ada pengecualian. Misalnya, karena musim awal tahun ajaran baru, alokasi dana bagi para orang tua banyak kepada biaya sekolah anak-anak (kebetulan anaknya banyak pula nih). Nah, ini bisa jadi penyebab keuangan menjadi minus bukan?

Masih banyak sih penyebab lainnya. Namun yang jelas, apapun penyebab keuangan minus tersebut tentu harus diatasi. Bukan malah dipelihara dan dijadikan habit...huhuhu.

1.SEGERA KETAHUI PENYEBABNYA
Ibarat penyakit yang harus diobati, keuangan minum juga penyakit yang harus kita cari dimana sebenarnya akar permasalahannya. Apakah karena : penghasilan yang terlalu sedikit dan sudah tidak pantas lagi? Kebanyakan utang? Terlalu boros atau apa? Bila sudah mengetahui penyebabnya tentu saja bisa dicari solusinya , bukan? Kalau perlu kamu bisa meminta nasehat orang yang lebih tua atau mungkin paar di bidang pengaturan keuangan. Tentu agar jangan sampai masuk ke dalam jebakan minus keuangan lagi.

2,BAYAR SEBAGIAN ATAU SELURUH UTANG
Bisa jadi utang yang menjadi penyebab kamu mengalami keuangan minus. Mungkin selama ini kamu merasamasih mampu membayar semua utag-utangmu? Namun kalau ada rejekinya, ada baiknya bayarlah sebagian atau seluruh utang tersebut.

Mengapa? karena utang bukan hanya akan menjadi beban pikiranmu  tetapi juga dengan banyak utang kamu menjadi tidak bisa menabung lagi bahkan mungkin terlalu banyak menyenangkan pihak lain (baca : perbankan atau lembaga keuangan lain) dengan membayar bunganya bukan?

Bolehkah membayar utang dengan berutang lagi?sebenarnya boleh-boleh saja selama itu dirasa menguntungkan. Tapi sebenarnya tidak disarankan karena ibaratnya adalah gali lubang tutup lubang saja.
Bagaimana dengan menjual asetmu? Kebanyakan perencana keuangan menyarankan ini. Tentu ada perasaan berat buatmu barangkali. Namun, mengurangi utang plus bunganya tentu saja akan berdampak besar pada kesehatan keuangannya.  Dan salah satu cara yang paling realistis adalah dengan menjual salah satu aset.

3.JANGAN HIDUP BOROS
Saran ini sepertinya jadul.tetapi benar adanya. Salah satu cara yang paling tepat untuk mengatasi keuangan minus adalah dengan membiasakan hidup sederhana dan tidak boros, guys.

Belilah ada yang menjadi kebutuhanmu saja. Jangan berlebihan membeli yang merupakan keinginan hatimu belaka. Apalagi bila keinginan tersebut berulang-ulang, misal membeli baju setiap bulan karena selalu ada trend terbaru.
Ingat kamu bukan artis yang memerlukan baju terus menerus buat show-nya hehehe. Punyailah secukupnya dan sesuai keperluan saja.

4.MEMILIKI DANA TALANGAN ATAU TABUNGAN
Wow, ini penting banget. Terutama dalam keadaan darurat, milikilah dana darurat atau tabungan yang bisa disisihkan dari penghasilan bulanan atau penghasilan harian kalau kamu pedagang misalnya.
Susah menabung? Wah, jangan sampai gagal menabung dong. Ini tipsnya.

5.MULAI MENYUSUN ANGGARAN KEUANGAN DENGAN BAIK  
Niatkan bulan depan atau kedepannya untuk menyusun anggaran keuanganmu dengan baik. Jangan sampai minus lain plus jangan sampai tergoda lagi ya dengan diskon ataupun pengeluaran yang tidak penting.
Tetap taati hal-hal yang sudah kamu putuskan dalam anggaran keuangan yang kamu susun dengan hati-hati tersebut

6.PERBANYAK SEDEKAH DAN MENOLONG ORANG LAIN
Ada korelasinya? Ada dong. Perbanyak sedekah dan menolong orang, agar hidupmu jauh dari kesusahan. Yah, walaupun sesekali keuanganmu minus, tak mengapa, percayalah, pertolongan-Nya akan segera datang. Semoga dari pintu rejeki yang tidak disangka-sangka ,aamiin.

Demikianlah enam langkah untuk memperbaiki keuangan yang minus.

Tetap semangat dan semoga bahagia..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar