Rabu, 27 Februari 2019

MENYIASATI MASALAH KEUANGAN DI TANGGAL TUA


Tanggal tua bikin galau

Tanggal tua bagi sebagian orang adalah soal kesulitan keuangan. Sebenarnya asal muasalnya adalah ketidakmampuan mengatur keuangan dengan baik.

Assalamualaikum,

Hallooo..apa kabar? Semoga sehat semua. Kali ini aku mau berbagi tips keuangan lagi.

Well, salah salah satu masalah keuangan yang sering kali dihadapi karyawan adalah ketika menghadapi bulan tua. Ehmm..bula tua kira-kira adalah setiap hari setiap bulannya.

Bagi para karyawan mereka memang  sangat tergantung dari gaji bulanan yang biasanya mereka dapatkan di awal bulan. Nah, wajar nggak sih, di akhir bulan, tiba-tiba keuangan menipis.

Apa sebenarnya penyebabnya? Salah satu penyebabnya adalah kegagalan dalam mengatur keuangan. Baik bagi mereka yang single maupun yang sudah menikah. Alasan lain bisa saja karena tidak ada kesesuaian pendapatan. 

Artinya pendapatan yang diperoleh selama ini sudah tidak sesuai dengan kebutuhan atau keperluan. Nah, salah satu caranya kalau yang kedua ini dengan menambah penghasilan atau side job misalnya.
Baiklah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan bila kamu menghadapi tanggal tua. Artinya, kamu harus mencari siasat yang tepat agar keuangan di waktu ini tidak menyusahkanmu.
Namun bila sudah terlanjur berada di tanggal tua, inilah beberapa siasat yang bisa dilakukan

1,Melakukan pengetatan keuangan
Tida ada cara lain. Yang bisa dilakukan adalah melakukan penghematan dan memotong pos yang tidak penting. Pos itu misalnya jajan yang setiap hari kamu lakukan. entah jajan martabak atau mpek-mpek seperti saya hehe

2.Masak Sendiri
Benarkah masak sendiri lebih hemat? Pastinya. Dengan masak sendiri, mungkin uang 25K-50K bisa dipakai untuk masak sekeluarga untuk makan 3x sehari. Sedangkan bila dipakai untuk membeli masakan di luar bisa jadi sejumlah unang tersebut tidak cukup dan hanya bisa digunakan untuk sekali makan saja. Jauh lebih hemat makan dan masak di rumah kan?

3.Membawa bekal makan siang dan cemilan
Wow, buat kamu yang kerja ada baiknya untuk membawa bekal makanan dari rumah. Selain lebih sehat tentu lebih hemat bukan? Apalagi bila sudah tanggal tua dengan budget terbatas. Bagaimana dengan cemilan? Sedapat mungkin cemilan di stop terlebih dahulu. Namun bila tak sanggup, tidak ada salahnya membawa bekal dari rumah kan?

4.Perlukah mengambil uang tabungan?
Mungkin kamu kepikiran untuk segara mengambil uang tabungan. Tapi pikirkan lagi deh, apakah kamu memang sudah dalam keadaaan darurat? Atau meag bisa seperti ini setiap bulannya?
Apalagi bila tabungan yang kamu simpan selama ini memang kamu niatkan untuk kondisi darurat atau tujuan lainnya yang lebih penting bukan?

5.Jangan diulangi bulan depan lagi
Wow, tentu keadaaan seperti ini tidak kamu inginkan terulang lagi bukan? Nah, jangan lupa untuk merencanakan untuk mengatur budget yang lebih baik di bulan depan. Jangan sampai kebobolan lagi.

6.Sudah saatnya side job
Bila keadaaanmu memang sudah terlihat sulit, gaji yang kamu dapatkan tidak mencukupi lagi, sudah saatnya kau memikirkan untuk side job atau mencari kerjaan/penghasilan tambahan. Ingat-ingat lagi, apa yang bisa kamu lakukan? atau ada bakat terpendam misalnya. Apalagi bila pekerjaan tersebut bisa dilakukan dari rumah loh. Mantap kan?

7.Lebih banyak bersyukur
Sekilas ini seperti tidak ada hubungannya. Tapi tahukah kamu ternyata ini berkorelasi jelas. Bisa saja selama ini kamu kurang mensuyukuri nikmatnya, eh, akhirnya selalu merasa kekurangan. Iya nggak sih? Padahal bila kamu banyak bersyukur, mudah-mudahan jangan sampai kekurangan dan selalu ada jalan bila ada masalah . aamiin- ini juga nasehat buat diri saya sendiri siiyy.

Demikianlah tips menghadapi tanggal tua khususnya di bidang keuangan, bagaimana menurut kamu, guys?    


RELATED POST :

2 komentar:

  1. Saya lebih suka berhemat saat tanggal muda. Dan ketika tanggal tua paling senang mendapati sisa gaji yang lumayan, haha. Biar ngenesnya gak parah banget sampai mengais-ngais duit recehan :D

    Tapi bener, sih, Mbak. Ketika tanggal tua keadaan dompet sudah parah banget gak ada cara lain selain berhemat. Apa salahnya hemat beberapa hari aja, sambil bersyukur masih bisa makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha bener mb. Yuniati. Tidak ada cara lain selain berhemat. Tp intinya ada yang salah dalam ngatur keuangan kalo sampai parah gt hahaha

      Tks dah berkunjung ya

      Hapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar