Kamis, 14 Februari 2019

EMPAT SARAN MENGELOLA KEUANGAN BUAT YANG BARU MENIKAH


Wah, senang ya yang baru menikah. Semoga pernikahannya SAMAWA ya. Tetapi, selanjutnya kamu harus memikirkan cara mengelola keuangan setelah menikah. Apa saja yang kudu dilakukan?  

Assalamualaikum,

Hallo.Semoga tetap sehat dan bahagia. Kali ini aku ingin berbagi tentang mengelola keuangan khususnya buat kamu yang baru saja menikah.
Menikah, tentu saja dambaan setiap manusia. Apalagi menikah dengan orang yang kita cintai. Tentu saja ini sangat membahagiakan dan kamu cita-citakan sejak lajang. Hmmm..namun bukan berarti menikah dengan orang yang baru kenal tidak bahagia loh. Hehehe...semuanya tidak ada jaminan kebahagiaannya. Orang yang menjalani pernikahan itulah yangkelak bisa menentukan bahagia atau tidaknya pernikahan mereka.

Oh iya kenapa saya posting tulisan ini? Jawabnya, banyak sih. Bukan hanya karena bulan Februari kata orangs ebagai bulan kasih sayang tapi karena bulan ini juga mengingatkan saya, atas usia pernikahan saya yang semakin bertambah.

Alhamdulillah, tahun ini sudah mencapai ulang tahun pernikahan yang 15 tahun. Yeaaayyy...
Well, sekedar curhatan, tentu saja 15 tahun yang saya lalui bukan hal mudah. Banyak sekali yang sudah terjadi. Demikian pula dengan badai-badai kehidupan. Mulai dari angin sepoi-sepoi yang bisa dinikmati sampai badai besar yang membuat kami harus mengambil banyak langkah drastis dalam hidup hehehe..lebay yaa..

Tapi beneran loh. Pernikahan ternyata tidak seenak sop ayam hangat pus ayam goreng (haaa..istilah apa ini). Mungkin dikala pacaran, banyak sekali hal-hal indah yang dibayangkan namun ternyata pernikahan tidak selalu semanis madu.

Tetapi tentu saja buat kamu yang baru saja melangkah ke jenjang pernikahan, sama sekali tidak perlu merasa takut. Hidup harus dijalani sesuai takdir-Nya, sembari berdoa untuk yang terbaik pastinya.  Dan seperti saya ceritakan diatas, kitalah yang sebenarnya punya kendali kebahagiaan terhadap pernikahan kita.

Salah satu masalah maha penting dalam kehidupan pernikahan menurut saya adalah bukan perselingkuhan atau pelakor. Ini masalah godaan belaka J tapi masalah tersebut adalah soal pengaturan keuangan.

Bayangin saja, awalnya kita hanya sendiri mengatur keuangan. Apalagi bila kita biasa mempunya gaji sendiri selama ini. Nah, setelah menikah, penghasilan kita dan suami tentu saja harus dikelola bersama (idealnya ya). Ini tentu saja membutuhkan manajemen tersendiri yee kan?

EMPAT SARAN MENGATUR KEUANGAN BAGI YANG BARU MENIKAH

Baiklah, hidup tentu saja harus dijalani, apapun yang terjadi. Buat kamu yang baru saja menginjak ke jenjang pernikahan ada beberapa saran dalam mengelola keuangan.

BUATLAH ATURAN BERSAMA
Hmmm...namanya juga hidup bersama tentu saja harus dibuat kesepakatan bersama soal keuangan. Nah diskusikan bersama suami apa saja rencana keuangan yang ingin kalian buat. Misalnya istri mengelola seluruh pendapatan atau bagaimana? Bisa juga, suami dan istri yang sama-sama bekerja mempunyai kewajiban pembayaran masing-masing? Nah, semuanya tergantung kesepakatan kalian kok. Setiap rumah tangga itu unik. Nggak perlu nyiontek plek dengan rumah tangga orang lain bukan?

BUATLAH TARGET JANGKA PENDEK DAN PANJANG
Yeay, mungkin kalian punya beberapa target keuangan yang ingin dicapai. Misal dalam jangka pendek ingin memiliki rumah dan harus menyiapkan DP nya. Kemudian setelah itu ingin pula mencicil mobil. Nah target ini tentu saja, sekali lagi didiskusikan bersama pasangan.

RENCANAKAN UNTUK SEGERA MENABUNG dan BERINVESTASI
Karena hidup berumah tangga adalah untuk jangka panjang maka rencanakanlah untuk berinvestasi. Banyak jenis instrumen yang bisa dipilih, tergantung kesepakatan dengan pasangan saja.
Kamu bisa berinvestasi emas, reksadana ataupun properti. Tinggal pilih saja dan menyesuaikan dengan kondisi keuangan pastinya.

JANGAN LUPA EVALUASI
Evaluasi tentu saja merupakan hal penting untuk tahu kemajuan pendapatan dan pengeluaran. Tidak usah terlalu sering melakukan berbagai evaluasi karena bisa memicu perdebatan dan pertengkaran. Cukup enam bulan sekali atau setahun sekali saja kok.
Evaluasi penting agar mengetahui apakah target tercapai atau tidak. Selain itu juga mendiskusikan apabila ada potensi pendapatan baru diluar gaji. Misalnya merencanakan usaha baru.

TERUS BELAJAR
Selain berbagai hal diatas.upayakan untuk terus belajar segala hal dalam kehidupan pernikahan. Bukan hanya belajar mengatur dan mengelola uang dengan baik. Tapi yag lebih penting lagi adalah belajar untuk berkomunikasi dengan baik bersama pasangan. Jangan lupakan pula untuk belajar agama dengan lebih baik lagi. Karena itu juga merupakan pondasi untuk kehidupan yang lebih baik.
Tetap semangat dan semoga bahagia..



2 komentar:

  1. Dengan membaca ini, aku jadi tercenung. Ada hal hal krusial yang harus dibicarakan menyangkut soal keuangan ketika menikah

    BalasHapus
    Balasan
    1. halooo @putu eka. memang benar, banyak hal yang harus dibicarakan. tidak terkecuali masalah keuangan.terima kasih sudah berkunjung ya

      Hapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar Dengan Baik ya :)