Rabu, 15 Januari 2020

(PENGALAMAN) GOPAY HILANG, PENIPUAN MENGATASNAMAKAN GOJEK

Ini pengalaman saya :). Jangan ditiru ya kecerobohan ini. .Saldo gopay akhirnya hilang dan penipuan yang mengatasnamakan GOJEK.

Assalamualaikum,

Ceritanya pagi ini memang saya sedikit panik dan sebel. Lagi sibuk masak , eh gas pakai habis pula hehehe. Jadilah sedikit galau.

Masuk kamar, tiba-tiba ada telpon masuk. sempat mengira ada yang mau beli barang. Kebetulan memang lagi pasang iklan di OLX beberapa menit sebelumnya. Eh , ternyata bukan.
Yang menelpon mengatasnamakan Supervisor Gojek pusat.





Nah, si penelpon ini mengabarkan akun dengan nomer handphone saya termasuk dalam 20 pelanggan yang mendapat hadiah dua juta rupiah dari GOJEK. Hadiah bisa langsung dimasukkan ke gopay atau melaui rekening. dan saya tampaknya mulai tertarik atau terhipnotis hehehe

Dan yang lebih meyakinkan lagi, dia mengatakan ada sms di handphone saya dan tolong di samakan kodenya. Tanpa pikir panjang, saya pun memberikan kode OTP ( sampai 2x). Hal yang sebetulnya haram banget diberikan kepada siapapun termasuk dari pihak GOJEK sekalipun ya. Kok ya saya lupa ya (atau terhipnotis tadi?)

OTP – merupakan kepanjangan dari One Time Password, yaitu  password sekali pakai yang berfungsi sebagai sistem keamanan dalam transaksi, umumnya transaksi online. Dengan memasukkan nomor OTP, kamu  berarti menyetujui penggunaan kartu kredit atau akun online lainnya untuk membayar transaksimu.


Di akhir-akhir percakapan, saya sudah mulai sadar, kalau ini penipuan dan telpon langsung saya tutup. Namun tampaknya sudah terlambat . Si Penelpon sudah masuk ke akun saya dan berhasil membeli pulsa (go pulsa) Rp 25.000.

Hehe, kebetulan gopay saya memang nggak banyak.hanya sekitar Rp 35.000-an lagi. Sehingga si penelpon cuman bisa beli pulsa 25.000 dong hehehehe

Saya makin sadar kalau ini penipuan setelah ada notifikasi email yang mengabarkan saya telah membeli pulsa (go pulsa) sebesar Rp 25.000 :) .Tentu saja saya tidak ada merasa beli pulsa apalagi lewat go-pulsa. Hal yang jarang saya lakukan.

Baiklah, ini memang kelalaian saya 

Sekitar sebulan yang lalu, saya padahal sudah mendengar cerita soal penipuan atas nama gojek ini dari seorang teman baik saya. Walau dengan cerita yang berbeda juga. Teman saya juga mengalami kerugian karena gopay-nya diambil si pelaku yang ternyata oknum driver GOJEK. Sebabnya, ya memberi kode OTP juga.


BACA JUGA : CARA BIJAK MENGGUNAKAN DOMPET DIGITAL
 

Namun dengan cepatnya pelaporan, pelaku dengan gampang bisa diketahui dan akun teman juga di reset oleh Gojek. Alhamdulillah.

Entah mengapa, ketika menimpa saya,  saya kok bisa lupa yaaaa kejadian yang baru banget padahal .. Hmmm


No pulsa yang diisiin



RESPON CS GOJEK 

Setelah berkonsultasi dengan teman yang pernah mengalami hal yang saya, saya langsung diminta teman tersebut segara lapor ke Gojek. Saya memilih lapor pakai email CS Gojek. Biar praktis saja.

Alhamdulillah responnya cepat sekali. Sempat tiga kali balas-balasan email dan menanyakan beberapa hal, akhirnya CS me-reset akun Gojek saya dan meminta untuk login ulang. Idealnya sih harus ganti PIN ya. Cuman kok saya lupa pin GOJEK saya ya hehe

InsyaAllah sudah aman juga kok.

Terima kasih ya CS GOJEK. 



Berhati-hatilah dan jangan pernah memberi Kode OTP kepada siapapun juga ya:) . Karena OTP itu ibarat kunci sebuah rumah. Kalau kunci sudah dikasih ke orang yang nggak tepat, tentu dia bisa mencuri apa saja yang ada dalam rumah kan. Alhamdulillah, saya cuman kecurian Rp 25K saja :)

Semoga tulisan ini menjadi pelajaran bagi kita semua ya 

Salam Semangat 

 


6 komentar:

  1. innalillah.. kode otp penting banget ya. semoga diganti rejeki lebih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ovy, penting banget hehehe. Aamiin
      Makasih do'anya vi

      Hapus
  2. artis aja smpe kena imbasny ya mba karna ini hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak. sayangnya aku bukan arts kok ya kena juga :)

      Hapus
  3. wah, gopay hilang susah jalan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahahah tinggal bayar cash kak.lebih aman tampaknya uang cash ya:)

      Hapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar Dengan Baik ya :)