Youtube
wb_sunny

Breaking News

MAU JADI PENULIS LEPAS, APA YANG HARUS DISIAPKAN?

MAU JADI PENULIS LEPAS, APA YANG HARUS DISIAPKAN?


Pekerjaan ini sepertinya gampang. Tinggal nulis kemudian dapat uang kan? Hehehe. Tapi nggak juga. Bagi sebagian orang, ini bukan pekerjaan yang gampang. Inilah yang harus disiapkan bila ingin jadi penulis lepas.

Assalamualaikum,

Kali ini saya akan berbagi soal apa yang harus disiapkan bila ingin menjadi penulis lepas (freelance  writer).Menjadi penulis lepas sebenarnya cita-cita banyak orang loh. Nggak percaya?Banyak yang tertarik dan banyak yang akhirnya memang berhasil jadi penulis lepas, dengan background macam-macam pekerjaan sebelumnya. Walaupun tentu saja, ada yang sekedar mimpi bekala. Penyebabnya bisa jadi karena kurangnya persiapan.

persiapan jadi penulis lepas
dibutuhkan konsistensi


 
Perlu beberapa hal sebagai persiapan jadi penulis lepas. Banyak orang yang membayangkan , menjadi penulis lepas, memang sudah  banyak yang membayangkan enaknya. Misalnya dengan menjadi penulis lepas maka penghasilan tambahan akan diperoleh. Jadi misal kalian sudah bekerja di bank, kemudian juga berbakat menulis, ya tentu saja ini akan menjadi penghasilan tambahan ya.


BACA JUGA :

INI DIA PEKERJAAN YANG BISA DILAKUKAN DARI RUMAH

JANGAN KORBANKAN INI DEMI PEKERJAAN KAMU



Penulis lepas bisa diartikan sebagai penulis yang tidak terikat dimanapun dan bisa bekerja “bebas” baik  mengolah karya sendiri maupun menerima orderan dalam bidang penulisan.
Menurut pengamatan saya sih ada dua tipe penulis lepas ya

Pertama, penulis lepas yang bekerja sebagai sampingan saja. Mereka ini sebenarnya bekerja di banyak bidang. Sebagai bankir, kontraktor, ASN, karyawan swasta, ibu rumah tangga dan banyak lagi. Hebatnya mereka memiki skill menulis yang bagus. Jadilah hobi mereka ini bisa dijadikan lahan untuk mencari penghasilan tambahan. Saya memiliki beberapa teman yang "merangkap" pekerjaan begini. Uniknya, ketika menulis, mereka juga total dalam melakukan pekerjaannya meskipun memiliki waktu yang sangat terbatas.

Kedua, penulis lepas yang benar-benar menjadikan ini sebagai pekerjaan utama mereka. Tipe ini jelas-jelas lebih “ konsen”. Dalam hal mencari job/berbagai proyek dan serius melakukan penggarapannya. Maklum lah, ini pekerjaan utama mereka.


TIPS JADI PENULIS LEPAS

Terlepas kamu ingin jadi tipe pertama atau kedua, ada beberapa hal yang harus disiapkan sebelum benar-benar terjun ke dunia penulis lepas ini. Yang lebih pasti lagi, bidang apapun memerlukan keseriusan untuk terus belajar dan menjadi lebih . Ini beberapa hal yag bisa dipersiapkan sebelum terjun ke bidang ini.

Perbaiki Tulisanmu dan Terus Belajar

Terus belajar bagaimana cara menulis yang baik. Baik dari sisi tata bahasa , diksi dan lainnya. Jangan sampai kita menawarkan tulisan ke orang lain ternyata masih jelek banget gaya  penulisan kita dan lainnya.
Jangan lupa juga banyak membca. Baik buku, artikel bahkan blog orang lain. Dengan membaca,s elain dapat ilmu ,kita juga jadi mengetahui tata cara penulisan yang baik seperti apa. Intinya terus belajar dan jangan merasa sudah bagus terus.

Kemana Harus Mengirim Tulisanmu? 

Ini juga harus menjadi pemikiran tersendiri. Kamu bisa menulis di blog seperti ini. Banyak tulisan blogger yang juga sudah berbayar kok.
Kemudian pilihan lain adalah menulis di media massa dan media online. Cuma perlu proses untuk sampai ke media-media ini, apalagi media besar.
Terakhir bisa juga menawarkan kepada " klien" dan p enerbit yang membutuhkan jasa penulisan. Baik proyek-proyek penulisan buku, annual report, buku dengan tema terntu, atau ke penerbit menawarkan hasil karyamu.

Bangun Jaringan (networking)

Ini juga merupakan salah satu kunci keberhasilan penulis lepas yaitu mempunyai jaringan yang membtuhkan jasa penulis lepas, baik itu mereka yang memesan buku, artikel atau apalah yang bentuknya tulisan. Akhirnya, rajin-rajinlah “bergaul”, silaturahmi dan membangun jaringanmu.

Pasang Tarif Yang Masuk Akal dan Selidiki Harga Pasaran

Jangan memasang harga yang terlalu rendah. Jangan pula yng terlalu tinggi. Semua pasti ada prosesnya. Tidak perlu tergesa.  “Harga” akan mengikti skill dan hasil kerjamu kok.
Itu dulu sharing saya soal bagaimana menjadi penulis lepas yang baik.

 Kualitas Yang Konsisten

Konsistensi kualitas merupakan salah satu yang harus terus dipertahankan di dunia penulisan. Usahakan untuk selalu upgrade skill. Terus berlatih menjadi lebih baik.


Ada ide lain kah teman-teman, tulis di komen ya.

Tetap Semangat



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

33 komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar Dengan Baik ya teman-teman.. Untuk yang menyertakan link hidup, mohon maaf, akan langsung dihapus :)

  1. Bagus artikelnya. Kuncinya memang harus memiliki value dan keunikan, mulai dari topik Niche, gaya penulisan, dan keyword

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak, untuk blog/online, topik Niche, gaya penulisan, dan keyword memang menjadi poin utama. terima kasih sudah berkunjung kak

      Hapus
  2. ya, intinya terus belajar juga sih, biar skill nggak mentok sampai disitu doang, kalo saya sepertinya hanya sekedar hobi, karena tulisan saya ya begitu masih butuh banyak belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kak,masih tahap belajar juga nih :) semangattt

      Hapus
  3. keliatannya gampang ya jadi penulis..
    padahal mah nyatanya gak gitu, kudu mikir, riset, dan lain-lain, menguras otak.. hehe..
    tapi kalo sudah hobi, meski pusying tetep dilakukan.. hehe..
    setuju sama tips-tips nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, keliatannya gampang. Padahal perlu riset2 juga kan yaa..

      Hapus
  4. Sepakat bgt sih, 3 tips di atas emg kudu diterapin. Apalagi poin 2 networking. Ugh itu sih penting buanget

    BalasHapus
  5. Sebal deh sebenarnya kalau kita memilih kerjaan dari rumah atau pekerja lepas termasuk penulis.

    Sakit hati kalau ada yang bilang, kan kerjaanmu cuman nulis gampang itu mah, pengen saya lemparin pulpen sekardus hahahaha

    Apalagi ngeblog, sering dibilangin, kan dapat job nggak tiap hari, jadi banyak waktu luang, arrrggghhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, iya kak rey, yang menyebalkan itu dikira nggak kerja. Padahal kalau sekali job kan besar uangnya hehehehe

      Hapus
  6. Point yg paling bener-bener penting itu 'Perbaiki tulisan mu dan terus belajar' . Kalo saya, awalnya pengen sih punya penghasilan dari nge-blog.. seiring berjalannya waktu, kyknya mending nge-blog tanpa memikirkan hasilnya itu lebih baik.


    Artikel nya bagus tehh. Saya suka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama kak, aku juga mencoba nulis dengan baik dulu aja. urusan job dll sambil jalan aja

      Hapus
  7. Sulit memang untuk jadi penulis. Kadang untuk nulis satu paragraf aja musti mikir dan googling dulu ampe berjam - jam.

    BalasHapus
  8. nice infoo... berdasarkan pengalaman jadi penulis lepas itu ya ga gampang... karena persaingan juga buanyak dan memang penulis ilmunya harus selalu di upgrade

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak, semakin hari semakin banyak pesaing yang bagus2.disatu sisi nambah semangat ya

      Hapus
  9. Bener Kak yang pertama yang penting rajjn nulis dulu. Dan harus konsisten wkwk. Itu yang susah hehe

    BalasHapus
  10. Setuju semua mba, memang harus kualitas dahulu ya yang diperhatikan,soal fee nanti bisa menyesuaikan jam terbang. Nice tips dan suka tulisan tipe ini, bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih kak, yuks kita tingkatkan kualitas dl ya

      Hapus
  11. Terima kasih tipsnya, Kak. Memang ketiga hal itu penting banget dilakukan untuk merintis karir sebagai penulis lepas yang sukses.

    BalasHapus
  12. harus banyak membaca untuk memperkaya Ide Dan tatabahasa. Sering sering berkunjung ke blog orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku setuju, membaca itu memperkaya banyak hal ketika mau menulis kak

      Hapus
  13. terimkasih mbaa atas sarannya, iya saya juga yakin mbaaa setiap orang ada prosesnya. Menjadi penulis lepas juga pekerjaan yang bagus mbaa di saat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul semua berproses dan pasti ada hasilnya kelak ya

      Hapus
  14. Soal harga ini kadang yang masih gmn gtu, kdng ada yg kasi harga bagus, kdng suka njomplang. Btw kayaknya perlu mental kuat jg kalau mau jadiin kerjaan ini jd yg utama, ken proyek gak tiap kai ada hehe, kyknya lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini butuh negosisasi tingkat tinggi kak kalau soal harga. yang jelas perbaiki dulu ya kualitas tulisan kita.
      kalau mau dijadikan kerja utama, sekali lagi balik ke kualitas tadi hehe.tks kak

      Hapus
  15. Setuju banget Mbak. Memperbaiki kualitas konten dan konsisten menulis intinya yah.

    BalasHapus
  16. Wah aku juga masi terus belajar mba hehehe kadang dapat project yang pernah direvisi sampe 3x wkwkwk tapi yg penting sih enjoy

    BalasHapus
  17. betul mbaa susah susah gampang, apalagi kalo menurut aku pekerjaan menulis itu adalah termasuk dari pekerjaan seni dan membangun mood adalah faktor utama juga hihi. Semangat terus deh pokoknya!

    BalasHapus