Youtube
wb_sunny

Breaking News

Hati-Hati, WhatsApp Bisa di Hack

Hati-Hati, WhatsApp Bisa di Hack


WhatsApp bisa di hack oleh orang tak bertanggungjawab. Kasus seorang teman berikut bisa jadi pelajaran. Bagaimana mengembalikannya akun WA yang terlanjur di hack?

Belum lama ini saya dapat pesan WhatsApp (WA) dari seorang teman. Teman di kantor lama ini biasanya jarang banget me-WA.  Kalaupun sesekali, paling urusannya sama pekerjaan. Saya penulis dan dia bagian layout tulisan. Makanya heran, pas wa-nya isinya menanyakan saya ada dimana.

wa bisa di hack





Sedikit curiga sebenarnya. Tapi saya meneruskan beberapa percakapan yang akhirnya orang tersebut menanyakan saldo ATM dan meminta tolong untuk mentransfer sejumlah uang. Saya tak kehilangan ide dong.

Saya tanyakan berapa jumlah anaknya dan nama lengkap anaknya (buat konfirmasi aja). Eh, si penipu nggak bisa menjawab lagi hehehe.

Oh iya, awalnya teman saya berkenalan dengan seseorang di fb. Kata temen saya, orang itu orang terkenal. Teman saya senang dong ketika orang itu menanyakan nomer WA-nya (dipikirnya mau dapat proyek), Pas ditanyakan no WA kenalannya ini, orang itu malah SMS 6 digit nomer.
Temen saya sempet konfirm lagi : apakah benar ini no hp nya? Orang itu mengiyakan. Temen saya nggak sadar bahwa itu sebenarnya kode OTP dong.  

Untungnya teman saya kemudian menyadari akunnya di hack, setelah si  penjahat ini ternyata me WA istrinya. Istrinya bingung dong trus nanya : loh ayah buat apa minta transferin 3 juta?
Menyadari kekeliruannya dan tahu kalau akun WA-nya sudah di hack, dia langsung membuat pengumuman di akun Instagram dan akun Facebooknya bahwa WA di hack.

Dan ternyata banyak sekali yang mengaku dihubungi sama si penjahatnya. Kata temen saya, mencapai 50 orang dan apesnya si penjahat, satupun nggak ada yang mau mentransfer dana.

---
Akhir-akhir ini memang  banyak sekali kejadian akun WhatsApp yang diretas (di hack). Salah satu caranya seperti yang dialami teman saya tadi. Akhirnya karena mengetahui nomer WA-nya dan sudah dapat verifikasi pula bahwa nomer WA tersebut benar adanya, si peretas bebas melakukan apa saja.Termasuk mengirim pesan kepada kontak-kontak kita di WA.

Namun demikian , tak perlu panik bila ternyata akun WA kamu di hack seseorang. Ada beberapa langkah yang disarankan :

# Hapus aplikasi WA dan instal ulang
Ini sebenarnya cara termudah. Namun banyak orang lupa melakukannya saking paniknya. Hapus saja aplikasi ketika WhatsApp di hack kemudian instal lagi aplikasinya. Nah ketika istal ulang kan pasti akan ada verifikasi baru ke nomer HP kita.

# Segera Hubungi Kenalan/Orang Terdekat
Langkah yang dilakukan teman saya tadi tentu sudah tepat. Segera mengumumkan akunnya yang diretas melalui media sosial agar semakin banyak orang yang tahu.

#Lewat WhatsApp web
Disini juga kamu bisa mengetahui kalau akunmu digunakan oleh orang lain. WhatsApp web adalah WA yang dipasang di laptop atau PC. Cara yang bisa dilakukan adalah masuk ke Setting > WhatsApp Web/Desktop. Nanti akan terlihat kapan aktivitas web terakhir beserta perangkat yang digunakan.
Jika terlihat ada perangkat yang bukan kita miliki, bisa langsung logout from all devices. Tentu setelah itu harus pakai kode QR untuk bisa membuka akun lagi.

# Aktifkan lagi “two setp verification”
Ini bisa dilakukan ketika memasang kembali WA-mu. Caranya cukup mudah, pilih setting/pengaturan – Pilih account/Akun --- pilih two step verification.

Jika sudah biasanya akan diminta membuat PIN . PIN ini nanti akan diminta bila kita masuk WA di perangkat yang berbeda. Tentu orang lain akan kesulitan masuk ke WA kita di perangkat lain. Kemudian biasanya juga akan diminta memasukkan email bila suatu saat lupa akan PIN.

Demikianlah cara mudah memulihkan akun WhatsApp yang di hack . 

 1. Hapus Aplikasi WhatsApp dan Instal Ulang
2.  Segera Hubungi kenalan dan Orang terdekat
3. Lewat WhatsApp Web
4. Aktifkan segera "Two Step Verivications"

 Semoga selalu dilindungi ya kita semua.  
Tetap semangat




Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

9 komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar Dengan Baik ya teman-teman.. Untuk yang menyertakan link hidup, mohon maaf, akan langsung dihapus :)

  1. nice sharing... hmmm takut juga ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, harus hati2..aku skrg pakai verifikasi dua langkah haha

      Hapus
  2. wah ini sudah bisa disebut sebagai cyber crime mba, lebih baikdi laporkan ke pihak berwajib.memang kita harus selalu berhati-hati, jangan sembarangan meng-klil link website atau kode-kode yang masuk tanpa tau maksudnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, begitulah.harus hati2 bgt skrg, data kita bisa disalahgunakan

      Hapus
  3. harus hati-hati ya, terutama melihat notifikasi di HP kita, harus aware terhadap notifikasi yang mungkin saja menandakan whatsapp kita di hack, btw terimakasih sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah,betul, notifikasi jangan sampai kita sebar2kan atau dikasih tau ke orang lain yak

      Hapus
  4. Teman kemaren juga ada yang kena, entah bagaimana bisa dihack dan dia sendiri malah gak bisa masuk ke wa nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah,iya Bang day.sudah banyak banget ini kejadiannya,harus hati2 banget jaman skrg

      Hapus
  5. Wahh saya juga pernah ngalamin hal serupa, tapi bukan whatsapp. Modusnya sama sih, minta nomor OTP. Untung langsung sadar, buat temen-temen yang tiba-tiba dimintai kode dari orang yang gak kenal hati-hati ya.

    BalasHapus