FBB
KEB

IHB

5 Pertimbangan Memilih TK Buat Anak

Sebenarnya anak saya udah nggak ada yang duduk di TK lagi. Anak bungsu sudah sekitar satu setengah tahun meninggalkan sekolah TK-nya. Tapi kali ini, saya tuliskan saja pertimbangan ketika dulu memilih TK buat tiga anak saya.

 

Memilih sekolah Taman Kanak-kanak (TK) bagi anak bukan hal mudah. Khususnya ketika memilih TK buat anak pertama. Tiba-tiba kita menginginkan sekolah yang ideal sekali. ideal buat  kita pastinya. Itu sih pengalaman saya dan suami.

 

pertimbangan memilih TK

 

Ketika si kakak siap masuk TK dulu, kami tentu saja seperti orang tua lain, sibuk nyari yang terbaik.Oh iya, sebelumnya anak kami yang pertama ini sudah kami masukkan ke paud selama 2 tahun sebelumnya. 

 

TK anak pertama kali adalah TK Wisanggeni Depok. Sebuah TK yang terletak di komplek Arco Depok. Hehehe saya ingat banget, waktu anak saya sekolah disini belum ada websitenya. Dan sayalah yang membuatkan blog gratisannya Alhamdulillah sampai sekarang masih ada walau nggak update-update nih.

 

TK yang berdiri sejak tahun 1984, memberikan pengalaman bagi anak pertama kami, yang saat itu bersekolah (sekitar 2009-2011). TK ini memiliki banyak keunggulan. Selain guru-guru yang baik dan ramah, ekskulnya juga banyak. Salah satu marching band ala anak TK. Asik sekali. Sekolah yang bersih dan banyak lomba-lomba memberi kesan tersendiri bagi anak kami. Alhamdulillah dua tahun anak saya di TK ini. 

 

Anak kedua kami di TK yang lebih dekat dengan rumah di Depok. Namanya TK Islam Bina Anak Bangsa Depok. Mencari TK buat anak kedua harus diakui jauh lebih santai.Di TK ini anak saya dapat banyak teman yang sama-sama se-komplek karena memang dekat dengan rumah. 

 

Sayangnya ekskul kurang banyak dan lombanya agak jarang (saat itu). Atau barangkali tidak semua anak dapat kesempatan ikut lomba. Walhasil piala anak kedua saya, nggak sebanyak kakaknya dulu. Tapi alhamdulillah, disini anak-anak dapat ilmu dasar keIslaman yang bagus, guru-gurunya banyak dan baik plus lulus TK anak-anak sudah mulai pintar membaca.

 

Anak ketiga kami agak unik. Dia pindah-pindah sekolah TK. PAUD awalnya di Depok di PAUD Az Zahra, di kompek rumah kami di Depok.Kemudian kami ke Banjarmasin. Sempat sebentar dia sekolah di TK Kartini dekat dengan tempat usaha kami. Tapi anak saya nggak cocok. Karena guru-gurunya kebanyakan menggunakan bahasa daerah dan anak saya belum lancar. hahaha

 

Beberapa bulan di TK ini kami ingin memindahkan ke sebuah TK lain. Sudah daftar , diterima juga.Cuma anak saya habis itu nggak mau bersekolah di TK itu dengan alasan TK nya terlihat sempit dan mainannya sedikit hehehe.

 

Kami kemudian ke TK Bhayangkari Banjarmasin yang terletak di komplek Bina Brata. TK ini selain sebelahan sama sekolah kakaknya, anak ketiga kami juga tertarik karena halamannya luas dan ketika pertama kali datang guru-gurunya ramah. 

 

Tapi saat itu memang belum tahun ajaran baru. Kalau tidak salah masih 6 bulan lagi makanya disarankan untuk masuk di tahun ajaran baru saja atau artinya anak kami langsung TK B saja. Kami setuju.

 

Anak ketiga kami akhirnya langsung masuk ke TK B di TK Bhayangkari Banjarmasin. TK ini memberikan kesan yang mendalam juga bagi kami. Selain banyak kegiatan yang menarik, anak-anak dilatih mandiri, ada konten agama yang bagus juga. 

 

Selan itu, lingkungan sekolah cukup nyaman, luas dan banyak mainan. Soal banyak mainan ini, prioritas nomer satu buat anak saya yang hobi main haha.Masalah lain nomer dua buat dia. Makanya dia tertarik banget ketika kami ajak ke TK Bhayangkari. Anak ketiga saya ini hanya setahun di TK Bhayangkari alias langsung TK B saja. 

 

Kini ketiga anak saya sekarang sudah lulus dari TK masing-masing. Namun kenangan mereka ketika duduk di TK tetap berkesan.

 

5 Rekomendasi Bagi Yang Ingin Memilih TK

 

Tentu saja kita berharap yang terbaik bagi anak-anak, termasuk urusan sekolah kan? Nah sekolah terbaik tentu dimulai dari TK kan?

 

Selaraskan keinginan oran tua dan anak  

Menurut saya ini merupakan hal penting.Selaraskan keinginan orang tua dan anak ketika memilih sekolah. Ajak mereka jalan-jalan dan melihat calon sekolah mereka kelak. Lokasi yang dekat dengan rumah lebih baik. Apalagi buat anak yang masih duduk di bangku TK.Tapi walaupun tidak menemukan yang cocok dekat rumah, agak jauh tentu juga bukan masalah, asal ada yang antar jemput anak.

 

Pertimbangkan soal biaya

Ada sekolah TK yang mematok biaya sangat besar. Mungkin sesuai dengan fasilitas yang bagus sekali dan pengajar terbaik. Ada juga TK yang berbiaya minim. Sesuaikan saja dengan kantong orang tua. Jangan melihat sekolah anak-anak tetangga atau anak sodara hehe. Sesuaikan saja dengan budget yang dimiliki , apalagi jalan sekolah anak kita masih panjang dan tiap keluarga punya prioritas masing-masing.

 

Program sekolah bisa jadi pertimbangan

Tanyakan dengan detail metode pembelajaran, jam belajar, jam bermain dan lain-lain. Bagaianapun TK sekolah pertama bagi anak. Harus menjadi dasar dan kesan yang baik bukan?

 

Lingkungan sekolah dan kualitas guru

Menurut saya ini juga hal penting. Lingkungan sekolah dalam komplek lebih baik daripada sekolah di pinggir jalan raya misalnya. Guru yang ceria, baik dan tentu bisa berkomunikasi dengan nyaman dengan orang tua tentu jadi prioritas juga. 

 

Ekskul dan prestasi sekolah

Ini juga perlu diperhatikan, menurut saya. Ekstra kurikuler yang menyenangkan anak mengasah anak-anak untuk mandiri juga dan belajar kemampuan baru . Apalagi sekolah yang suka mengikutkan anak-anak pada lomba-loma tentu lebih menyenangkan bagi anak-anak kan?

 

Semoga sekolah terbaik ya bagi anak-anak kita. 

Bagaimana menurut kalian?Ceritakan di komen ya. Terima kasih dan tetap semangat semuanya

17 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Hay mbak, tulisan ini sangat penting untuk saya sebagai guru. Setidaknya (Tersirat) saya bisa memahami bagaimana cara orang tua menentukan sekolah yang tepat untuk si buah hati.

    Hallo mbak, barangkali di atas secara umum (mungkin ya). Kalau secara khusus (dalam kondisi pandemi covid 19 seperti ini), kira - kira cara orang tua menentukan sekolah yang tepat itu seperti apa, khususnya jenjang SMP dan SMA.

    Hehhe terima kasih banyak mbak, jawaban yang diberikan sangat saya harapkan. Atau boleh tu mbak buatkan artikel dengan judul cara memiliki sekolah yang tepat di masa pandemi covid 19...

    Sukses selalu mbak. salam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih kak Martin
      siappp kak, ntar aku bikin artikelnya ya
      kebetulan anak aku baru pd masuk sekolah baru (SMP dan SMA) hahaha

      thank you kak dah berkunjung

      Hapus
    2. Sama - sama mbak, sukses selalu. oh ya anaknya sudah SMA wah luar biasa. Salam buat si buah hati ya mbak, sukses dan semoga mereka selalu semangat dalam belajar.

      Hapus
    3. Aamiin pak guru.Tetap semangattt yaa

      Hapus
  2. belom punya anak, tp masyaa Allah ini bisa bgt buat jd bekal nanti kalo udah jd orgtua.

    BalasHapus
  3. Kebetulan keponakan kecilku pun tahun depan mau masuk TK, dan kelima tips diatas wajib aku ingatkan nih untuk pertimbangan Kakakku untuk memilih TK nanti

    BalasHapus
  4. Setuju banget. Satu lagi kalau buat aku jarak tempuh kesekolah juga menjadi pertimbangan. Soalnya anak-anak kalau jauh sekolahnya udah kecapean duluan di jalan.

    BalasHapus
  5. Makasih buat tipsnya Mbak.
    Buat persiapan ntar kalo udah berkeluarga. 🤭

    Pendidikan usia dini buat anak emang harus bagus-bagus sih milihnya, karena menjadi pijakan awalnya mengenal pendidikan di luar rumah.

    BalasHapus
  6. Mbak, termasuk yang sampai survei saat jam pelajaran nggak? Beberapa temanku ada yang begitu, sampai minta bener-bener lihat hari biasa, bukan cuma open house yang biasanya justru ketika hari libur, supaya terlihat aslinya gimana sehari-hari. Aku nggak sih, soalnya agak pasrah dan percaya aja sama review beberapa teman dekat yang tepercaya.

    BalasHapus
  7. Buat aku yang dulu nggak mengenyang bangku TK, pas liat anak-anak TK skrg kayaknya asik ya. Makasi kak, membuka wawasanku ketika one day aku berkeluarga.

    BalasHapus
  8. Metode pengajaran dan guru itu kunci buat aku untuk menyekolahkan anakku waktu TK. Dulu fokus ku cari yang metode sentra atau montessori. Hehehe. Kemudian cek ricek lagi dari guru dan pengajarnya. Walau akhirnya jarak dari rumah ke sekolah bisa sekitar 5km, tapi demiiii. ya. Hehe
    Nice info mbak.

    BalasHapus
  9. Milih sekolah buat anak termasuk tantangan tersendiri buat ortu ya, kak? Harus milih sekolah yg terbaik buat anak. Bisa jadi pegangan nih buat aku kalo aku udah punya anak ntar.

    BalasHapus
  10. Wah anak TK jga dah bsa milih skolah yg mainannya byk ya mba 😆 emg pendapat anak sangat penting dlam memilih skula

    BalasHapus
  11. Prestasi sekolah dan kualitas guru memang perlu dipertimbangkan. Daku melihat hal itu waktu kakak daku nyari sekolah buat anaknya, bahkan lokasi juga dipertimbangkan biar memudahkan antar jemput

    BalasHapus
  12. Saat ini saya belum punya anak mbak. Tapi saya suka banget baca artikel soal edukasi anak dan diskusi sama suami. Apalagi kalau tahu biaya TK pada mahal sekarang hehehe. Makasih buat tipsnya mbak

    BalasHapus
  13. Semasa kecil aku ngga TK. Suka envy lihat teman-teman yang TK punya banyak piala hehe ternyata emang aering ya ada lomba d TK tuh.

    Terimakasih sarannya Mbak. Aku pertimbangkan buat kelak anakku TK

    BalasHapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin