Youtube
wb_sunny

Breaking News

Donasi Barang di @donasibarang Saja

Donasi Barang di @donasibarang Saja

 

Tulisan ini tentu saja bukan endorse-an. Bukan pula bermaksud riya hehehe..Cuma mengajak aja, siapa tahu ada lagi yang mau berdonasi di @donasibarang.

 

Cerita ini tentang Donasi Barang. Boleh juga uang kali ya. Tapi yang saya share ini soal donasi barang sih. Dua bulan lalu nyampe rumah Depok, rada kaget dan shock. Shock nya karena berantakan luar biasa. Karena nyampai rumah udah agak malam,mending tidur dan istirahat dulu hehehehe..


berdonasi di @donasibarang

Antara kesel, sebel, dongkol, nyampur jadi satu kesatuan. Hahahaha.

 

Oh iya, saat itu, rumah Depok, dihuni 3 orang. Selain suami yang kadang-kadang ada di Depok (kebanyakan di Lampung atau Banjarmasin), rumah “ditebengi” dua orang bujangan lagi. Oke lah mereka emang pergi bekerja tiap hari. Tapi, apa iya sih nggak sempet beberes sama sekali. Minimal nyaman dilihat. 

 

Oke, mungkin begitulah para laki-laki ya..

 

Saat menulis ini, yang nebeng di rumah sudah nggak ada lagi. Keduanya sudah pindah ke lokasi yang dekat tempat kerja mereka masing-masing. Semoga bukan karena saya beberes luar biasa ya

 

Lanjut....

 

Besoknya saya memulai beberes. Walau awalnya bingung harus darimanakah? Saking sudah akut berantakannya.

 

Hasilnya? Empat plastik sampah warna hitam yang gede itu penuh. Mulai dari boks2 bekas paket, plastik kresek yang numpuk nggak karuan, kertas-kertas jadul dan banyak lagi.

Besoknya saya juga beberes lemari pakaian. Baju-baju yang sudah sobek dan nggak layak dipakai/ dikasih ke orang, dipisahkan terlebih dahulu. 

 

Sebagian ada yang saya kumpulkan buat dijadikan lap di rumah. Sebagian lagi beneran dibuang dan diletakkan di tempat sampah.

 

Banyak juga majalah-majalah yang sudah jadul diseleksi lagi dan akhirnya juga masuk tempat sampah. Nunggu pemulung lewat, nggak lewat-lewat. Harapannya sih, semoga ditemukan pemulung ditempat pembuangan sampah. 

 

Dan yang masih berguna, bisa mereka gunakan atau dijual kembali. Habis sekarang sudah langka sekali pemulung lewat. Mungkin memang dibatasi satpam komplek sih sejak pandemi in. Bener juga ya.

 

Btw, urusan beberes memang kesukaan saya. Walau nggak maniak amat sih. Cuma, jujur, lebih suka rumah yang lapang dan benar-benar barang-barang yang masih terpakai yang ada di rumah. Iya kan?

 

Berkenalan Dengan @donasibarang

 

Tempat donasi barang bekas memang selalu jadi pikiran. Certanya, meskipun sudah saya bereskan sedemikian rupa, saya belum puas juga. Kalau nengok lemari, masih penuh banget. Padahal perasaan jarang beli baju. Kecuali si kakak yang meang sering mesen online sih baju, maklumlah ABG, perlu baju ganti-ganti buat keperluan foto instagram.

 

Kalau si bungsu, juga bisa kehitung, setahun berapa kali beli bajunya. Baju harian kebanyakan lungsuran kakaknya atau malah lungsungan sepupu-sepupu yang emaknya mungkin hobi sekali beli baju ya?

 

Baju bekas sebaiknya dikemanakan? Pokoknya lemari penuk sesak baju yang digantung-gantung. Belum lagi boneka yang banyak (dulu emang suka banget beli rupanya ya), dan banyak barang lagi (kasur lantai, sepeda, boneka dan lain-lain)

 

macam-macam barang yang didonasikan
Sebagian barang donasi


 

 

Nemu juga baju-baju seragam sekolah anak-anak dulu.wah..wah harus diapain ya. Bingung saya. Paling nggak sudah 4 tahun an nyimpen baju-baju SD anak-anak ini. Mau dibuang begitu saja, rasanya kok sayang ya. Mau dikasihin ke orang? Siapakah orangnya? Agak membingungkan.

 

Dipakaipun jelas-jelas tidak lagi kan?

 

Suatu hari saya baca di internet tentang donasi barang dan donasi pakaian. Ada juga donasi elektronik, furniture dan lainnya. Rupanya di Jabodetabek sudah banyak lembaga-lembaga seperti ini ya.

 

Salah satunya yang bikin tertarik adalah @donasibarang. Saya langsung mencari akun instagramnya. Membaca banyak testimoninya kemudian men-DM adminnya haha. Apa saja yang bisa didonasikan di @donasibarang? Katanya menerima barang apa saja .

 

Oke, langkah pertama adalah seleksi koleksi baju yang masih bagus tapi jarang dipakai. Dapat 1 kardus. Dibawa ke JNE dan dkirim ke alamat yang tertera disana, ternyata 5 kg haha..lumayan kan?

 

Oh iya, ada 3 cara berdonasi loh ya

 

#Kirim langsung ke alamatnya via JNE, TIKI, POS atau pengiriman apa saja

 

#Datang langsung ke lokasi, jangan lupa konfirmasi dulu ya ke no WA-nya

 

# Minta jemput saja barangnya. Tentu dengan syarat tertentu yang saya ceritakan di bawah ini

 

Bisa Jemput Barang

 

 

cara donasi barang menjemput barang ke rumah
mobil penjemputan donasi ke rumah

 

Uniknya, @donasibarang bisa jemput barang ke rumah. Syaratnya, pendonasi berada di Jabodetabek ya. Ini merupakan tepat ideal untuk donasi barang di Jabodetabek ya. Walaupun di luar Jabodetabek juga bisa berkontribusi.

 

Untuk jemput barang di @donasibarang,  barang yang diambil minimal ada 5 kardus indomie atau setara-lah. Bila tertarik bisa DM di IG mereka dan mereka akan memberikan formulir yang kemudian terhubung dengan WA adminnya.

 

Sayapun mengumpulkan kardus yang isinya pakaian-pakaian anak-anak, baju dan jaket saya, dan kebanyakan kemeja pak suami, boneka, plus botol minuman berlogo berbagai perusahaan yang ternyata banyak banget di rumah (dulu ini merupakan isi goody bag jaman jadi wartawan hehehe).

 

Nge-dm lagi, apakah juga menerima buku pelajaran bekas, sepeda bekas, kasur lantai dan TV rusak. Ternyata juga menerima. Akhirnya mulai disiapkan.

Hari yang disepakati via WA untuk pengambilan barang, datang juga. Ternyata yang datang mobil pick up, yang tadi juga sudah terisi sejumlah kardus. Sumbangan donator lain yang juga dijemput.

 

Alhamdulillah, barang-barang sudah berpindah. Semoga menemukan tuan yang baru dan jelas lebih bermanfaat. Terima kasih @donasibarang. Yuks, mari berbagi yang kita bisa apalagi di masa pandemi kayak sekarang . Lebih bagus kan kalau bisa sedekah barang berkualitas?


Sisa-sisa nggak selalu sia-sia..


Tetap semangat dan sehat semuanya..

 

Alamat Gudang Donasi Barang :

 

Jl H. Ilyas No 24 RT 003/RW 012, Jaka Mulya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi Jawa Barat  171146

WA : 085697934766 (Kang Ade)

 

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

24 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih

  1. Mantap juga nih.
    Soalnya kadang banyak barang-barang yang tak terpakai tapi bingung mau dikemanain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak Rudi, selama masih bermanfaat, bisa disumbangkan..

      Hapus
  2. Kak Enny, aku pernah juga berdonasi di donasibarang dan merasa bersyukur bertemu lembaga ini karena barang-barang bekasku jadi bisa berguna untuk orang lain dan nggak jadi sampah yang menumpuk di TPA. Mana orangnya ramah-ramah, baik admin chat atau yang pick-up barangnya, senang jadinya πŸ˜†
    Waktu tahun lalu seingatku setelah barangku diambil, mereka sempat tutup penerimaan barang karena udah terlalu penuh πŸ˜‚. Syukur kalau sekarang udah buka lagi, berarti barang-barang sebelumnya udah tersalurkan yaaa. Semoga lembaga-lenbaga seperti ini bisa lebih banyak lagi πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah alhamdulillah ya Lia. Aku baru pernah awal bulan ini, itu juga nemu nggak sengaja di ig hehehe.iya bener ramah-ramah banget..alhamdulillah
      Iya kayaknya udah pada tersalurkan barang sebelumnya, semoga

      Hapus
  3. Wah, enak ya di Jabodetabek Mbak bisa dijemput donasi kita. Dengan adanya organisasi seperti @donasibarang memang memudahkan kita buat mengalihkan barang ke orang yang membutuhkan daripada malah ngendon di rumah dan merepotkan kita sendri. Makasih ya infonya, bisa ditirunih karena mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt kak daripada di rumah saja jadi sarang laba-laba hehehe

      Hapus
  4. Aku baru tahu tentang donasi barang ini.Belasan tahun tinggal di Jakarta mesti pusing mikir kasih barang yang layaka pakai, karena keluarga besarku di Jawa Timur. Paling titip ke tukang barang bekas atau pemulung. Keep noted infonya.
    Dulu saat aku tinggal di Amerika ada komunitas lokal ( di banyak negara besar ada)namanya freecycle, cuma pasang butuh apa atau cari apa (dulu di yahoo groups) udah bisa berpindah ke yang membutuhkan barang kita.
    Ga cuma barang rumah lho, tapi juga panenan buah dan pernah juga mobil!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren kalo di LN ya kak. Iya kak, aku juga baru tau ada di jabodetabek

      Hapus
  5. Wah pas bener, di rumah lagi banyak baju bekas layak pakai yang numpuk. Boneka anakku juga. Sampai bingung mau dikemanain. Tapi... kalau kirim ke Bekasi lumayan juga ya bea ongkirnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lumayan ongkir apalagi kalau berat kak

      Hapus
  6. itu tercatat ngga pengirimannya? ada sistem bagaimana barang donasi kita benar2 sampai ke yg berhak ga ya. Khwtr dijalan rentan diambil orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya di instagramnya update kak soal pengelolaannya

      Hapus
  7. Wow, keren nih. Aku juga lagi nyicil bersih-bersih rumah (nyicil, disesuain dengan kondisi kesehatan aja). Barang yang nggak kupakai lagi biasa kujual, kusumbangkan, atau kubuang. Coba kucari-cari ah, yang beginian di Bandung ada juga apa enggak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener kak, dipilah-pilih gitu. Aku blm tahu kak, di Bandung ada apa gak

      Hapus
  8. Ooh gudang donasi barang di Bekasi. Baca ini baru tau soal Donasi Barang ini. Kemarin baru aja kasih baju2 bekas layak pakai. Nanti mungkin bisa jadi pilihan nih kalo ada banyak barang2 bekas lainnya.

    BalasHapus
  9. Bener juga ya, barang yang terlalu banyak di rumah kadang tuh malah ga bermanfaat. Lebih bermanfaat ketika disumbangkan pihak lain yang lebih membutuhkan. Mau cari info ah di Semarang sini yang kayak @donasibarang itu.

    BalasHapus
  10. Wah kebetulan habis decluttering nih barang yang masih bagus tapi menurut kami sudah nggak terlalu perlu

    BalasHapus
  11. Memang untuk urusan beres2 ibu2 paling jago haha
    Saya pengennya rumah bisa sederhana, minimalis, dan rapi.
    Cuma dengan dua anak usia 6 tahun menjadi tantangan tersendiri.
    Kebanyakan malah bukan berkurang barangnya, tetapi tambah terus hahaha.
    Btw, saya penasaran, apakah lama menentukan mana barang yang harus disimpan dan harus dibuang, Mbak?

    Terima kasih dan salam hangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bener kak aku juga gt, msh ada anak kecil haha..
      kalau aku sesuai kebutuhan aja kak. Kalo mainan masih suka dipakai anakku, ya msh dipakai artinya
      kalau dia dah bosen dan terdiam berbulan2 mainan, ya aku tanya dl,masih dipakai gak hehehe

      Hapus
  12. Wahh sekarang udah ada donasi barang nih, jadi kita bisa mudah memanggil jasa donasi barang untuk mengirimkan barang-barang bekas yang gak dipakai lagi sebagai sumbangan untuk bagi orang-orang yang gak mampu

    BalasHapus