FBB
KEB

IHB

Menu Sehat Untuk Kulit Berjerawat

 

Memiliki anak remaja ternyata tak semudah membalik telapak tangan. Bukan hanya masalah karakter dan kepribadian yang harus mendapat perhatian lebih. Tapi juga soal kesehatan dan perawatan diri mereka.

 

Beberapa waktu lalu, anak saya, laki-laki, yang masih duduk di kelas 7 Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengeluh soal mukanya yang berjerawat dan  jauh dari bersih. Menurutnya beberapa sabun pembersih muka sudah dicobanya. Kebanyakan ini merupakan rekomendasi teman-temannya atau dia cari sendiri infonya di internet.

 

makanan sehat perlu buat kulit berjerawat
sumber foto : cosmopolitan


 

Awalnya saya tidak terlalu perhatian. Namun karena keluhannya terus menerus, saya akhirnya memperhatikan dengan detail. 

 

Ternyata memang kulit mukanya yang awalnya bersih berubah penuh jerawat. Yang lebih membuat prihatin, dia mengaku malu dengan teman-temannya, sampai malas-malasan keluar rumah walau sekedar diminta ke warung untuk membeli keperluan rumah.

Tentu saja ini sudah menjadi masalah serius. 

 

Bukan hanya soal muka berjerawatnya tetapi juga soal kerpercayaan dirinya yang rupanya mulai luntur. Hmmm...

 

Akhirnya, sayapun membaca banyak referensi , bagaimana perawatan kulit remaja hingga soal makanan yang tepat agar permalahan kulit berjerawat yang dialami anak saya dapat diatasi dengan tepat.

 

Menu Sehat UntukYang Jerawatan

 

Ternyata, dari referensi yang saya baca, meang perlu ada penanganan khusus untuk kulit berjerawat. Khususnya pada remaja. Permasalahan kulit yang dialami remaja sendiri disebabkan oleh banyak faktor. Mulai soal menjaga kebersihan kulit, hormon, faktor makanan penyebab jerawat dan banyak faktor pemicu timbulnya jerawat lainnya.

 

Dari mana memulai penangannya? Cukup banyak referensi soal ini tanpa harus ke dokter kulit bila permasalahannya belum terlalu kompleks.

 

Namun demikian, tentu saja, orang “dewasa” perlu memberikan pengawasan ekstra dan pemahaman yang tepat, sehingga anak remaja mau mengikuti sejumlah “instruksi” soal penangan kulit berjerawat ini. 

 

Kepada anak saya sendiri, penanganan muka berjerawat yang dia alami, harus dimulai dengan mengubah pola makanan yang dikonsumsi dan sedapat mungkin dengan hidup lebih sehat dan bersih.

 

Awalnya anak saya menolak dan hanya ingin membeli obat jerawat dan sabun muka baru saja. Tapi saya berikan pemahaman bahwa kalau hanya langkah itu saja, hanya akan bertahan sebentar kalaupun sembuh. Yang lebih baik adalah soal pola makan dan hidup sehat tadi.

 

Lagi-lagi berdasarkan referensi yang saya peroleh, ada beberapa makanan yang harus dihindari untuk kulit berjerawat. Kemudian pola makanan sehat juga harus menjadi kebiasaan baru, khususnya buat remaja.

 

Berikut saya rangkum beberapa menu sehat untuk kulit berjerawat

 

makanan ehat menghindari jerawat
sumber foto : halodoc


 

 

 

Kurangi Karbohidrat,Perbanyak Buah dan Sayur

Seperti yang kita ketahui, karbohidrat merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung kadar gula. Kadar gula yang berlebih berpotensi menyebabkan jerawat karena tergolong makanan tinggi glikemik. Sehingga membuat tubuh akan lebih banyak memproduksi insulin.

 

Insulin inilah yang kemudian bisa mempengaruhi kadar hormon lain sehingga ujung-ujungnya memproduksi minyak berlebihan di kulit lalu timbulah jerawat.

 

Makanan yang sangat direkomendasikan adalah memperbanyak buah dan sayuran. Buat anak saya, mengkonsumsi sayuran dalam jumlah banyak sangat sulit. Cara mengakalinya dengan membuatkan menu sayuran yang disukai dan dipadukan dengan lauk lain.

Misalnya sop ayam atau saur asem. Alhamdulillah untuk buah-buahan jenis apapun hampir semuanya suka. 

 

Sayur dan buah dipercaya memiliki serat yang tinggi kemudian memperlancar percernaan dan berpengaruh baik pada hormon yang baik.

 

Mengurangi Susu dan Olahannya 

 Banyak penelitian yang menyebutkan susu dan produk olahannya sangat berpotensi menyebabkan jerawat. Lebih khusus pada remaja.

 

Dalam Journal of The European Academy Of Dermatology And Venereology menyebutkan orang yang hobi minum susu berikut produk olahannya seperti es krim bisa berisiko empat kali lebih tinggi dalam menyebabkan jerawat.

 

Jadi, hindari dulu sementara susu, keju ,es krim, coklat dan produk-produk-produk olahan susu lainnya.

 

Hindari Junk Food

Junk Food alias makanan sampah memang tak baik di konsumsi tubuh. Apa saja? Beberapa yang akrab di kehidupan kita adalah fast food ayam, burger, sosis, hot dog dan makanan siap saji lainnya.

 

Namun makanan siap saji ini memang hampir digemari semua kalangan. Dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

 

Selain penyajiannya yang cepat, rasanya juga tidak diragukan lagi kelezatannya. Namun bagi yang berjerawat, makanan ini tentu tidak tepat. Dengan kadar garam yang tinggi, risiko jerawatan juga semakin tinggi tentunya.

 

Bukan berarti makanan ini penyebab jerawat ya. Tapi mengkonsumsi secara berlebihan apalagi tiap hari memicu jerawat makin bertambah saja.

 

Jangan Mager, Ayo Olahraga

Sudah menjadi rahasia umum, jaman sekarang kebanyakan anak remaja hanya disibukkan dengan gadget nya saja. Padahal pembelajaran online saja sudah mengharuskan mereka menggunakan gadgetnya. Ditambah aktivitas lain seperti main game online, membuka youtube, medsos sampai aplikasi tiktok dan sebagainya makin menambah deretan panjang penggunaan gadget para remaja ini.

 

Apa imbas lebih jauhnya? Mereka menjadi generasi yang malas bergerak (mager). Jangankan olahraga dan aktivitas fisik lainnya, mengerjakan pekerjaan rumah seperti membantu orang tuapun kadang-kadang harus diminta dulu dan malas-malasan.

Padahal olahraga seperti yang kita ketahui bersama sangat penting untuk memperlancar peredaran darah, melemaskan otot-otot dan banyak manfaat lainnya. Intinya sih gaya hidup sehat sangatlah penting.

 

Apa hubungannya dengan jerawat? Tentu saja sangat berhubungan. Tubuh yang sehat, gaya hidup yang baik ditambah kebersihan yang terjaga tadi berpengaruh terhadap hormon dalam tubuh. Termasuk hormon yang memicu pertumbuhan jerawat.

 

Jadi, sudah tahu apa yang dilakukan bila berjerawat?

Tetap semangat dan semoga kita semua selalu disehatkan.Aamiin.

8 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. AKupun berjerawat mbak, ga parah tp ga ada hentinya gitu, jadi ga pernah mulus ini muka.
    Setelah aku amat2in sepertinya penyebabnya gorengan dan keju deh, soalnya tiap aku lg intens konsumsi itu jerawat langsung benyak. Ga pernah olah raga juga hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahahaha sama kak, penggemar gorengan,keju,coklat juga hahaha.Nah tu dia kak,katanya olahraga harus teratur uyy

      Hapus
  2. Kenapa makanan yang enak-enak itu malah nyebabkan jerawat, hiks. Tapi sayur dan buah itu memang bisa jadi enak ya Mbak, kalau berani mencoba. Saya baru doyan makan sayur diusia setua ini, hahhah. Kalau insaf dari dulu mungkin waktu remaja dulu gak jerawatan XD

    BalasHapus
  3. Yang terakhir susah banget sekarang mba. Olahraga rasanya kehabisan waktu. Pulang-pulang badan tambah cape dan kerjaan lain menunggu di selesaikan. Beres-beres rumah termasuk olahraga juga kan ya heheee

    BalasHapus
  4. Memang punya kulit berjerawat ini Pr banget untuk di obati dan mencari sumbernya apa. Kalo sdh ketahuan bisa sedikit lega

    BalasHapus
  5. Sangat setuju mba Enny menghindari junk food itu kunci utama mau kulit bersih dan bebas jerawat

    BalasHapus
  6. kalau anak sudah remaja memang rentan bermasalah sama kulit, ya. sebagai ibu penting banget juga nih memiliki pengetahuan buat merawat kulit biar bisa membantu permasalahan anaknya

    BalasHapus
  7. Diary product emang harus dihindari sih oleh pemilik kulit berjerawat, kalo ga ambyar sudah. Aku kalo makan yogurt terus menerus, udahlah bruntusan dimana-mana huhu :(

    BalasHapus