FBB
KEB

IHB

7 Manfaat Senam Yoga Untuk Kesehatan

Dimasa pandemi seperti sekarang, olahraga menjadi hal penting untuk menjaga tubuh tetap bugar. Salah satu yang bisa dilakukan adalah senam yoga secara teratur. Inilah beberapa manfaat senam yoga.

manfaat senam yoga untuk kesehatan
sumber foto : dewimegazine


Sudah ada yang pernah mengikuti senam yoga? Sejak lama senam yoga populer dan digemari banyak kalangan. Yoga sendiri merupakan olahraga yang kelihatannya ringan dan mudah. Namun, pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Yoga tak hanya menguji ketahanan tubuh tetapi juga butuh mental yang kuat karena butuh kesabaran yang luar biasa. Yoga cocok buat kalian yang ingin sehat secara jasmani tapi juga ingin melatih konsentrasi dan kesabaran. Lengkap ya manfaatnya?

Yoga merupakan olahraga dari India yang sudah populer di dunia. Olahraga ini merupakan aktivitas olah tubuh dan pikiran dan sudah sangat lama dikenal.

Banyak awalnya tidak dianggap olahraga. Karena memang gerakannya mengacu kepada kekuatan spiritual dan mental dari seseorang.

Namun ini banyak yang menafsrkan yoga sebagai olahraga. Apalagi karena “keampuhannya” dalam menjaga tubuh agak tetap fit, kemudian bisa melawan stres dan kecemasan yang tentu saja sagat akrab dengan masyarakat modern.

Kini, banyak ragam gerakan yoga. Manfaatnya pun sudah dikenal khalayak. Tetapi yang utama yoga fokus pada meditasi, latihan pernapasan dengan tujuan menciptakan relaksasi dan menghindari stres yang berlebihan.

MANFAAT SENAM YOGA 

Secara umum senam yoga mempunyai manfaat secara fisik dan mental. Ada 7 mafaat utama yang akan dijelaskan dibawah ini :

·         Melatih Otot Tubuh

Banyak yang mengatakan yoga sangat efektif untuk melatih otot tubuh. Yoga dipercaya meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel otot, dan pada akhirnya membantu menurunkan kadar gula darah, meningkatkan sirkulasi dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

·         Menyembuhkan Nyeri Sendi

Bagi yang memiliki penyakit dan riwayat nyeri sandi, yoga bisa dipilih sebagai salah satu alternatif penyembuhannya karena sangat bermanfaat mengurangi nyeri sandi. Sebuah riset bahkan menyebutkan yoga yang teratur misalnya seminggu dua kali bisa membantu meringankan bengkak dan sakit sendi yang diderita.

·         Aliran Darah Lancar

Manfaat ketiga adalah memperlancar aliran darah.Gerakan yoga ternyata memperlancar aliran darah. Lancarnya aliran darah merupakan salah satu kunci menjaga kesehatan misalnya untuk penderita darah tinggi , yang sangat memerlukan aliran darah yang baik. Caranya ya dengan senam yoga dengan teratur.

·         Berat Badan Stabil, Perut Langsing

Tentu berat badan ideal dan perut langsing dambaan setiap orang apalagi para  wanita . Berlatih senam yoga yang teratur merupakan kunci tubuh yang buga, badan ideal dan terhindar dari perut buncit tentunya. Yoga konon bisa melepaskan lemak perut 3 kali lebih banyak dibandingkan orang yang sekedar diet saja.

·         Pengelolaan Stress

Ini manfaat yoga dari sisi mental. Bila pikiran dalam keadaan stress, tentu tubuh juga akan merespon dengan cepat keadaan yang tidak baik tersebut. Tentu akan mengganggu tubuh dalam jangka panjang. 

Dengan yoga, diharapkan tingkat stres dapat dikurangi. Akhirnya produksi kortisol berkurang dan membuat pikiran jadi lebih tenang. Yoga dapat menenangkan pikiran dan membuat tubuh lebih tenang dan membantu tubuh lebih rileks juga. 

  

Menjaga Mood Baik

 

Apakah penting mempunyai mood yang baik? Tentu saja. Dengan mood yang baik, banyak hal bisa dilakkan apalagi kalau mempunyai manfaat yang luas. Yoga yang dilakukan secara teratur berfungsi juga untuk memunculkan mood yang baik karena berlatih yoga dapat meningkatkan kadar asam gamma-aminobutyric (GABA) di otak.

 

Kualitas Tidur Lebih Baik 

 

Senam yoga teratur dipercaya meningkatkan kualitas tidur seseorang. Memang, kualitas tidur yang buruk bisa menyebabkan obesitas, tekanan darah tinggi dan juga depresi. Berlatih yoga dengan teratur bisa mengatasi masalah ini. Ujung-ujungnya mood baik, pikiran segar dan orang lebih produktif.

 Kita tentu sepakat olahraga memang sangat dibutuhkan. Tidak perlu takut berkeringat banyak akibat berolahraga. Apalagi dimana-mana sudah tersedia  produk Rexona.

Rasanya semua orang sudah mengenal prpoduk yang ampuh menghilangkan bau badan akibat berkeringat berlebih.  

Rexona Powder Dry Roll On untuk wanita dan Rexona Sport Defense Roll On untuk pria memang sudah dirancang dengan teknologi Mikro MotionSense-nya akan membantu tetap segar setiap kali berolahraga.

Dengan Rexona, tubuh juga dijamin segar dengan perlindungan tahan lama hingga 48 jam dari keringat dan bau badan. Ayo makin semangat olahragnya dengan dukungan penuh dari Rexona.

 

2 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. tangan saya ngga nyampe kaki pas nunduk.. yoga bukan olahraga buat saya kayaknya :s

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heehehhhe bisa gt yak.tampaknya cocok2an ya kak :)

      Hapus