FBB
KEB

IHB

TIKI, Solusi Aman dan Nyaman Berbelanja Online

 

Perempuan mana yang tak suka berbelanja? Hampir semua menyukainya. Tentu syaratnya, kantong tak boleh kosong ya. Berbenja online akan lebih nyaman dengan jasa pengiriman yang tepat, salah satunya TIKI.

 

tiki, solusi aman dan nyaman berbelanja online

 

Bukan lagi rahasia umum, pandemi telah mengubah banyak hal dalam kehidupan kita. Dari cara bekerja yang dulunya jam 8 hingga jam 5, kini lebih banyak work from home (WFH). 

 

Aplikasi seperti zoom, google meet bahkan club house, juga semakin akrab dnegan kehidupan kita. Karena memang sering digunakan untuk keperluan meeting di kantor.

 

Kemudian yang tak kalah memusingkan adalah soal sekolah daring. Tak terasa, sudah hampir dua tahun membersamai anak-anak bersekolah online.

 

Tentu saja banyak suka dan dukanya. Beberapa sudah pernah saya tulisakan di sini. Namun apapun yang terjadi, ada banyak hal yang harus kita syukuri dan kita ambil hikah dengan hadirnya pandemi ini. Antara lain, waktu bersama keluarga yang sangat banyak dan bermakna.

 

Melihat anak-anak bertumbuh besar, makan lahap, sehat dan belajar dan beribadah dengan baik di rumah, sungguh kebahagiaan yang tak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Sungguh patut disyukuri, ditengah pandemi yang sudah merebut banyak hal dari kehidupan kita.

 

Hal apa lagi yang berbeda? Masih banyak kalau mau disebutkan. Namun yang menggembirakan adalah soal berbelanja. Berbelanja online dimasa pandemi menjadi tren tersendiri. Apalagi di masa psbb beberapa waktu lalu hingga PPKM seperti sekarang.

Mau banyak berbelanja dengan keluar rumah rasanya kok ya horor banget. Virus seperti ada dimana-mana.

 

Tidak ada pilihan lain. Berbelanja online menjadi pilihan yang sangat praktis dan tepat. Sekali lagi, asal uangnya tersedia, berbelanja dengan cara online pilihan yang sangat nyaman, praktis, banyak pilihannya dan beberapa jelas lebih murah dan hemat dibandingkan harus berbelanja langsung.

 

Apalagi bila menghitung soal tenaga dan waktu yang harus terbuang banyak bila harus berbelanja offline. Belum lagi risiko tertular penyakit karena bela-belain demi belanja. Hmmm..

Apa saja yang sudah saya beli selama berbelaja online di masa pandemi? 

 

Jujur, hampir semua kebutuhan sudah saya beli dengan cara online. Mulai makanan dan minuman, berbagai kebutuhan sembako, pakaian sehari-hari hingga baju lebaran yang lalu, berbagai jenis kue hingga kebutuhan rumah tangga seperti panci dan wajan

 

Wah, ternyata sudah online semua ya..

 

Kita semua tentu sudah paham. Sangat banyak keuntungan yang didapat dari belanja online. Kalau dirunut dampak yang lebih luasnya, ternyata ini juga membantu banyak IKM di masa pandemi seperti sekranng.

 

Bahkan pemerintah sangat menganjurkan untuk berbelanja online dan menolong sesama , walau dengan cara sederhana, yaitu berbelanja.

 

Tips Nyaman Berbelanja Online

 

Seperti yang saya ceritakan diatas, belanja online bisa dikatakan sudah menjadi kebutuhan selama pandemi. Apalagi di saat ada kesadaran menjaga jarak dan himbauan pemerintah untuk banyak di rumah saja.

 

Namun pengetahuan soal belanja online yang nyaman sekaligus aman tetap diperlukan bagi semua orang yang ingin melakukan pembelajaan online. Jangan sampai gara-gara kurang info, bukan kenyamanan yang didapatkan dari belanja online tetapi malah tertipu. Ada yang pernah seperti itu?

 

Paling tidak, ada 5 tips aman dan nyaman berbelanja online

 

# Memastikan penjual reputasinya baik

Bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalnya mengecek apakah toko masih aktif, kapan mereka online terakhir kalinya, bagaiman testimoni para pembeli dan lainnya.

 

#Jangan tergoda harga murah

Walau produk sama, kadang harganya bisa saja berbeda. Sekali lagi jangan tergoda hanya karena harganya lebih murah. Cek kembali reputasi penjual.

 

#Hati-hati dengan transfer langsung

Kalaun ingin belanja lewat medsos atau teman yang dikenal, pastikan benar-benar akun yang terpercaya. Jangan sampai sudah transfer, sesal kemudian yang didapatkan. Ada baiknya belanja lewat market place, lebih terpercaya karena uang nggak langsung ke penjual tapi lewat perantara market palce terlebh dahulu.

 

#Lihat syarat dan ketentuan serta deskripsi produk

Tiap toko punya syarat dan ketentuan masing-masing. Cek dengan teliti, apakah toko menyediakan garansi atau barang yang sudah dibeli tidak boleh dikembalikan lagi? Apakah ada minimal pembelian barang? . Kemudian perhatikan juga soal deskripsi produk. Misalnya,

 

#Pastikan jasa pengiriman terpercaya

Memilih jasa pengiriman barang ketika belanja online tidak bisa dianggap remeh. Itu akan menentukan apakah barang akan sampai dengan selamat ke tangan pembeli atau malah hilang ,nggak jelas kemana. Biasanya ada beberapa pilihan ekspedisi pengiriman dari penjual, nah, jangan salah pilih atau memilih yang harganya paling murah. Pilih yang terpercaya..

 

TIKI, ekspedisi yang tepat untuk berbelanja online

 

Salah satu jasa pengiriman yang recommended dan terpercaya adalah TIKI. TIKI merupakan jasa pengiriman yang sudah ada sejak 1970, berawal di Jakarta.

 

Kini tentu saja jaringannya sudah sangat luas tersebar di 65 kota di Indonesia dengan lebih dari 500 kantor perwakilan , 3700 gerai dan memiliki lebih dari 6000 karyawan.

Beberapa penghargaan tingkat nasional juga sudah diterima TIKI. Antara lain - Superbrands Indonesia 2017 dari Superbrands Indonesia, Netizen Courier Service Choice 2017 dari Majalah Warta Ekonomi, Top Brand Award dari Frontier dan Majalah Marketing, Service Quality Award 2016 dari Service Excellence dan berbagai penghargaan lain.

 

Alasan saya menggunakan TIKI

 

Setiap orang memiliki alasan masaing-masing ketika menggunakan jasa pengiriman untuk belanja onlinenya. Jujur saja sih, kalau saya lebih memilih yang cepat, lalu kantornya banyak di kota saya, kemudian gampang di lacak keberadaan barangnya dimana, sampai soal budget yang sesuai kantong.

 

Yang pasti, TIKI susah menemari perjalanan saya cukup lama. Bukan hanya saat pandemi yang mengharuskan banyak belanja online seperti sekarang, ketika kuliahpun,orang tua sering mengirimkan paket makanan atau apapun melalui TIKI.

 

Pilihan pada TIKI sendiri, ada beberapa alasannya :

 

#Pengalaman yang lama dibidang pengiriman barang. Seperti dijelaskan di atas, TIKI sudah ada dari 1970. Artinya pengalamannya jauh lebih banyak dari pesaingnya.

 

#TIKI tarifnya kompetitif bahkan bisa lebih rendah dibandingkan jasa pengiriman lainnya. Untuk alasannya, bukannya memilih harga yang murah namun lebih kepada harga yang masuk akal dibandingkan para pesaingnya.

 

#Sistem tracking untuk pelacakan barangnya sangat mudah. Jadi tak khawatir bila barang mengalami kendla bisa ditracking dari rumah kan?

 

#TIKI punya beragam fitur-fitur menarik seperti :

  • Cash on delivery (layanan bayar ditempat untuk pembelanjaan online)
  • Drive Thru (layanan tanpa turun di kendaraan dan buka 24 jam di beberapa gerai TIKI)
  • E-signature (layanan tandatangan secara digital pada saat barang diterima)
  • Email notification bagi pengirim dan penerima
  • Jempol (layanan berbasis aplikasi untuk memudahkan penjemputan paket secara gratis)
  • Pick up delivery (layana penjemputan)
  • SMS resi
  • Layanan asuransi, bila menginginkannya
  • Berbagai layanan lain yang sangat memudahkan bagi pengirim maupun penerima barang.

 

Bagaimana, sudah siap belanja online lagi? Jangan lupa untuk selalu menerapkan 3 M dalam kehidupan sehari-hari kita ya. Agar virus covid-19 segera pergi dari bumi Indonesia, dan tentu kitapun akan makin nyaman dan aman belanja online ya

 

Tetap sehat dan bahagia semuanya

 

 

#PakeTIKIAja

#MakePeopleHappy

#BeraniBerubah

#IITD

#KEBxTIKI

 

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin