FBB
KEB

IHB

Cara Memulai Bisnis Startup Bagi Pemula

 

Bagi sebagian orang, berbisnis bukan hal baru. Namun bagi sebagian yang lain memulai bisnis bukan hal yang mudah. Inilah beberapa hal yang harus dilakukan untuk memulai bisnis startup, khususnya bagi pemula dan cara menghitung valuasi sebuah startup.

 

menghitung valuasi startup
sumber foto : bisnis dot com

 

 

 

 

 

 

Bisnis startup bisa dikatakan sebagai bisnis impian banyak orang. Bisnis ini banyak di definisikan berhubungan dengan teknologi dan digital. Nyatanya, bisnis startup adalah bisnis ritisan yang diharapkan akan berkembang di masa depan. 

 

Ciri khas bisnis ini adalah lebih mengedepankan soal ide baru dan memberi solusi. Kemudaian bisnis ini banyak mengandalkan teknologi dalam perkembangan bisnisnya.

Saat ini, banyak yang menyebut startup sebagai startup digital. Karena memang sangat berhubungan dengan dunia digital. Tidak heran startup,banyak yang bergerak dibidang internet,web dan teknologi yang lebih luas lagi 

 

Pertanyaannya, bagaimana memulai bisnis startup ini? Apakah memang benar memerlukan modal yang sangat besar? Jangan salah, bisnis startup ternyata bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil bahkan bila memang modalnya cukup besar bisa disiasati dengan mencari investor yang cocok. 

 

 

Tips Memulai Bisnis Startup

 

Paling tidak ada tujuh hal yang harus kamu lakukan sebelum memulai bisnis startup.

 

Luruskan niat

Tentang niat ini pernah diungkap seorang teman ketika memulai sebuah bisnis. Niat yang baik memang menjadi landasan dasar bisnis kedepannya. Kemudian, niatkan juga bahwa bila bisnis ini berjalan akan menjadi jalan buat hanya bagi kita dan keluarga tetapi bisa jadi menjadi jalan hidup bagi banyak orang.

 

Temukan ide bisnis terbaik

Mungkin saja di pikiranmu ada berbagai bisnis yang terbayang ingin di eksekusi. Sebaiknya temukan yang terbaik diantara yang baik. Gunakan kreativitas dan inovasi sebaik mungkin. Temukan bisnis terbaik kemudian mulai membuat list apa saja yang dibutuhkan untuk mempertajam ide bisnis ini.

 

Wujudkan segera

Bila memang niat berbisnis, jangan ditunda-tunda. Gunakan segala daya upaya untuk mewujudkan bisnis startup yang ingin kamu buat. Modal yang cukup dan tentu saja inovasi menjadi kunci. Jangan lupakan juga peran sumber daya manusia yang tepat untuk mewujudkan bisnis impian. 

 

Belum punya kantor? Bisa gunakan yang ada dulu

Jangan menghalangimu, hanya karena tak ada kator yang layak. Untuk tahap awal, bisa digunakan ruangan tak terpakai dalam rumah atau sekitar rumah, misal garasi. Apalagi pada dasarnya bekerja menggunakan teknologi sehingga memang teknologilah yang menjadi poinnya. Bukan dimana kantornya kan?

 

Bangun team terbaik

Team terbaik akan menjadi salah satu kunci keberhasilan. Bekerjalah dengan mereka yang memiliki motivasi yang tinggi dan ingin mencapai sukses bersama.

Pekerja tetap dan pekerja remote bisa digunakan. Sesuai kebutuhan saja. Yang paling penting adalah karyawan yang direkrut mempunyai visi dan misi yang sama dengan yang digariskan perusahaan.

 

Mereka juga sedari awal adalah yang berkomitmen untuk mengembangkan bisnis startup bersama. 

 

Miliki target pasar yang jelas

Dari awal harus sudah jelas siapa yang menjadi target pasar untuk produk perusahaan nanti. Dengan riset yang tepat dan pemetaan segmentasi yang tepat, adalah separo dari keberhasilan kedepannya.

Tetapi, untuk berbisnis startup, tidak hanya berpatokan pada besar kecilnya pasar, tetapi juga harus mempertimbangkan potensi berkembangnya pasar tersebut kedepannya. 

 

Kualitas produk dan differensiasi

Kualitas tentu harus menjadi poin utama. Pada akhirnya orang akan memilih produk dengan kualitas terbaik walau mungkin harga sedikit lebih mahal. Jangan lupa, dunia mengalami perubahan yang cepat, sehingga produk juga harus di upgrade dan mungkin butuh inovasi dalam jangka panjang.

 

Produk yang berbeda dengan pesaing (differensiasi) juga penting. Tentu saja agar konsumen mengetahui bahwa produk yang ada ini ,sedikit banyak berbeda dengan produk yang ada sebelumnya.

 

Sebagai tambahan, untuk mempercepat perkembangan bisnis startup yang dibangun tentu harus ada website bisnis yang menjelaskan secara detail tentang produk dan layanan.

Semakin cepat memulai entu semakin baik. Yang pasti, tetaplah jaga semangat agar bisnis startup yang dibangun terus berjalan, meskipun mungkin ada saat naik dan turunnya.

 

Tetap sehat dan semangat.

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin