FBB
KEB

IHB

Hindari Iritasi Kulit dengan Pola Hidup Sehat

 

Pandemi belum juga berakhir. Pola hidup sehat tentu saja sangat dibutuhkan untuk bertahan dari virus. Pola hidup sehat ternyata membuat kulit menjadi ikut sehat. Kitapun bisa terhindar dari iritasi kulit.

 

 

penyebab iritasi kulit
sumber foto : pingpoint


  

Imun tubuh yang baik memang sangat menentukan dimasa pandemi. Imun tubuh yang baik salah satunya bisa diperoleh dengan pola hidup yang sehat. Salah satunya adalah pengalaman seorang teman yang suatu hari akhirnya terinfeksi covid-19. Bahkan suami istri dalam jangka waktu yang tidak begitu jauh.

 

Namun karena mereka rajin berolahraga lari, seminggu tiga kali dan sangat rutin, alhamdulillah, gejala yang mereka alami tidak terlalu berat dan hanya beberapa hari. Bandingkan dengan teman lain, yang mengalami gejala dalam waktu yang cukup lama.

Saalh satu yang menjadi kunci adalah imun tubuh ternyata. 

 

Dan itu nggak bisa dibangun secara instan tapi memang harus terus menerus. Pola hidup sehat harus menjadi kebiasaan sehingga pada akhirnya berpegaruh pada tubuh kita.

 

Pertanyaannya, harus mulai dari mana membangun pola hidup yang sehat?

 

Membangun Pola Hidup Sehat di Rumah

 

Ternyata pola hidup sehat bisa di mulai dari rumah saja. Dan tidak perlu hal yang rumit. Yang pasti harus konsisten dilakukan dan tentu saja dengan niat yang sungguh-sungguh untuk hidup sehat.

 

# Bangun lebih pagi

Orang yang bangun lebih pagi dipercaya akan membuat hidup lebih sehat dan bahagia. Gunakan pagi harimu untuk refelsi diri dan “berkomunikasi” dengan Tuhan. Hirup pula udara pagi yang masih bersih sekaligus melatih pernafasan. Lakukan kebiasaan baik ini setiap hari.

 

#Jangan lupakan olahraga

Jangan malas gerak alias mager ya teman-teman. Lakukan olahraga apapun sesuai kemampuan. Ada yangs enang olahraga lari seperti temen saya tadi. Ada yang menyukai sepedaan atau malah ada yang suka senam ringan di rumah. Intinya jangan lupa untuk bergerak dan tidak sekedar rebahan sambil nonton drakor saja hehe

 

#Kurangi junk food

Ini tentu PR banget. Buat saya juga. Kebiasaan untuk tinggal klik dan memesan di aplikasi membuat kita bukan hanya boros tapi juga menjadi kurang sehat pola makanan.

Kurangi junk food dan biasakan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang. Tidak hanya sekedar sayur dan buah, cukupkan juga dengan sumber gizi lain sepeti vitamin, protein, lemak, karbohidrat dan lainnya.

 

#Istirahat cukup

Banyak orang yang memang hobi bekerja dan selama ini bahagia saja karena tidak ada pengaruhnya bagi tubuh. Istirahatpun diabaikan. Padahal istirahat kunci hidup sehat. So, jangan lupakan istirahat, tubuh punya hak sendiri.

 

#Kurangi kegiatan tak bermanfaat

Contohnya terlalu banyak merokok di rumah atau melakukan kegiatan tidak bermanfaat lainnya.Misalnya terlalu banyak rebahan dan nonton flm. Kegiatan ini, dalam jangka panjang akan berpengaruh pada kesehatan karena menurunkan aktivitas fisik atau kegiatan yang banyak menimbulkan gerak. Akibatnya metabolisme dalam tubuh juga terhambat, kan?

 

Iritasi Kulit

Pola hidup sehat ternyata berpengaruh besar juga pada kesehatan kulit. Kulit yang bersih dan terawat tentu harapan kita semua dan polahidup yang sehat sangat membatu terwujudnya harapan itu.

 

Namun selain pola hidup sehat ada beberapa langkah penting yang harus dilakukan agar kulit tetap sehat terawat. 

 

Salah satu yang sering terjadi adalah iritasi kulit. Apa sebenarnya iritasi kulit? Iritasi kulita dalah gangguan pada kulit karena beberapa sebab. Misalnya berlebihan menggunakan skincare,panas matahari sampai iritasi disebebkan oleh makanan tertentu dan alergi.

Biasanya iritasi karena beberapa hal ringan ,tidak terlalu susah dipilihkan. Salah satu caranya dengan cara pola hidup sehat yang dijelaskan diatas.

 

Pola hidp sehat seperti makanan bergizi, banyak minum air putih wajib hukumnya. Khusus untuk kesehatan kulit dan menghindari iritasi, bisa ditambahkan dengan memakai pelembab wajah yang tepat.

 

Juga gunakan selalu perawatan tubuh yang tidak menyebabkan iritasi. Misalnya sabun mandi dengan kandungan aloe vera yang memang mengandung vitamin dan mineral penting sehingga sangat mampu untuk menutrisi 

 

vitamin dan mineral penting sehingga mampu membantu memenuhi kebutuhan nutrisi kulit. Mandi dengan sabun yang tepat dan mengandung aloe vera merupakan salah satu langkah untuk menghindari iritasi kulit. 

 

Tetap semangat dan sehat semuanya ya.

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih