FBB
KEB

IHB

5 Manfaat Game untuk Orang Dewasa

 

Siapa yang mengatakan bermain game hanya untuk anak-anak-anak? Orang dewasapun ternyata perlu meluangkan waktu untuk bermain game. Ada banyak manfaat yang terkandung di dalamnya.  Solitaire bisa jadi pilihan.

solitaire game lama yang masih dikenal
Menghilangkan kejenuhan

Pernahkah kalian merasa sangat jenuh? Kalau saya sangat sering mengalami. Tugas sebagai ibu rumah tangga yang seakan tak ada habisnya ditambah pekerjaan rutin sebagai freelancer kadangkali membuat saya pusing sekaligus jenuh. Ujung-ujungnya, bisa jadi emosi menjadi tak stabil.

Memang segala sesuatunya butuh kesimbangan dalam kehidupan. Termasuk juga dalam mengelola diri. Bila sehari-hari kita terlalu sibuk, mungkin memang perlu sedikit waktu untuk berhenti sejnak. Melakukan banyak hal yang berguna untuk menghibur diri.

Salah satu bisa menjadi alternatif adalah bermain game. Mungkin selama ini , saya dan mungkin kalian semua berpikir, game hanya  buat anak-anak. Faktanya, orang dewasa ternyata juga membutuhkan game  dan sangat banyak manfaatnya.

Salah satu yang banyak dirasakan orang adalah game membantu menghilangkan kejenuhan atau malah menghilangkan stress. Apalagi orang dewasa sangat rawan terkena stress. Nyatanya, bukan hanya itu. Game mempunyai segudang manfaat, bahkan banyak manfaat yang sebenarnya tak disangka-sangka.

MANFAAT GAME UNTUK ORANG DEWASA

Game ternyata mempunyai banyak manfaat khususnya bagi kesehatan mental kita sebagai orang dewasa. Apalagi di masa pandemi seperti seperti saat ini, dimana kegiatan banyak dipusatkan di rumah saja. Kita tentu saja sangat gampang terkena penyakit mental ang membhayakan dalam jangka panjang kan?

Paling tidak ada 5 manfaat game yang bahkan mungkin tidak disadari oleh gamers sekalipun. Akan kita rinci dibawah ini ya.

#Menghilangkan stress

Stress bisa terjadi karena beberapa sebab.Salah satunya karena merasa jenuh.yang berlebihan. Bermain game baik di handphone atau PC sekalipun dipercaya dapat membantu menghilangkan rasa stress yang berlebihan sehingga pikiran akan fresh kembali.

#Mengasah kemampuan otak

Mau tidak mau seseorang akan berpikir bila memainkan sebuah game.Apalagi yang bentuknya harus menggunakan strategi tertentu.Nah, kalian yang menyukai game dan sering memainkannya harus bersyukur karena otaknya semakin terasah setiap saat.

#Memperlambat penuaan

Mungkin ini seperti terasa aneh.Namun percayalah mereka yang memainkankan game lebih sering kemungkinan akan terus berjiwa muda.Dan itu berpengaruh kepada segala aspek dalam tubuhnya seperti raut wajah yang tampak lebih muda dari usia sebenarnya.

 #Menambah teman baru

Tidak jarang mereka yang main game apalagi game online akan memperoleh teman baru.Walaupun teman di dunia Maya.Namun tak jarang jua akan bertemu teman di dunia nyata khususnya mereka yang berkomunitas.

#Menambah wawasan

Wawasan baru seringkali tak disadari bertambah ketika orang suka main game.Contoh sederhananya adalah bahasa yang bisa jadi akan meningkat skill-nya.Belum lagi pengetahuan baru lainnya seputar permainan.

SOLITAIRE JADI PILIHAN

Saya kira hampir semua dari kita pernah memainkan game Solitaire ini. Permainan ini sudah saya kenal sejak lama dan memainkannya seperti mengukir kenangan di masa lalu.

Memang sih , membaca sejarahnya, solitaire ini sudah ada sekitar tahun 1700-an di Eropa utara. Kemudian menyebar di dunia dan berkembang luas.

Tidak salah di websitenya, solitaire disebut sebagai sekolah tua. Karena memang permainan ini sangat menantang konsentrasi bagi yang memainkannya. Kemudian juga dibutuhkan keterampilan. Uniknya bisa dimainkan sendiri. Yang paling populer dan dikenal luas saat ini adalah Classic Solitaire.

Aturan Solitaire Klasik mungkin sudah banyak diketahui dan tertulis jelas di website ini. Tentu ada juga tutorial via youtube nya sehingga makin mudah memahaminya.

 

MENCOBA PERMAINAN KLONDIKE SOLITAIRE ONLINE GRATIS

Klondike Solitaire adalah permainan kartu menantang yang bisa dimainkan sendiri. Di kutip dari websitenya, tujuan dari permainan ini adalah untuk menumpuk kartu ke dalam urutan. Urutan ini didasarkan pada setelan dan peringkat. Misalnya, kartu akan ditumpuk K, Q, J, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, A tanpa campuran suit.

klondike solitaire

Langkah selanjutnya adalah memindahkan kartu di sekitar ruang permainan mengikuti seperangkat aturan. Dimungkinkan untuk mengikuti semua aturan dan masih diblokir jika  kurang strategi dan sedikit keberuntungan. Memblokir diri sendiri berarti kalah dalam permainan.

Dalam permainan ini, tujuh kartu diletakkan berturut-turut. Semua menghadap ke bawah kecuali kartu pertama. Kemudian, kalian harus  menempatkan kartu terbalik di atas kartu kedua, lalu menyelesaikan baris menghadap ke bawah lagi.

Masih bingung juga? Bisa lihat tutorial di youtube nya kok. Percayalah, game ini bukan hanya mengajak kita menghilangkan stress dan kejenuhan namun juga mampu mengasah kecerdasan otak dan bermain strategi. Selamat mencoba.

 

 

 

2 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. ini nih permainan yang udah aku mainkan dari SD, dulu masih belum tau formula mainnya kayak gimana
    kalau sekarang sudah tau sedikit triknya supaya menang
    sekali-kali memang perlu main game juga mbak, apalagi karyawan yang hampir tiap hari berurusan sama urusan kantor dan dokumen yang kadang bikin pusing

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee,bener kak,ini mainan kita jaman dulu bgt ya
      apalagi karyawan butuh bgt game ginian
      pas masih jadi karyawan hahaha kadang suka main juga, asal jgn ketahuan aja mainnya hehe

      Hapus