Youtube
wb_sunny

Breaking News

Cara Efektif Beriklan di Medsos

Cara Efektif Beriklan di Medsos

 

Media sosial sudah menjadi konsumsi sehari-hari masyarak. Tidak heran banyak brand yang mengalihkan anggaran ebriklannya ke media sosial (medsos). Seperti apa efektivitasnyaberiklan melalui medsos?

cara efektif beriklan di medsos
foto : sindonews

Semakin lama, kehadiran media sosial (medsos) sudah menjadi kebutuhan di masyarakat Indonesia. kalian sendiri memiliki medsos apa saja? kalau saya sih , jujur, hampir semua medsos punya, walau belum optimal semua penggunaanya. Bisa dibilang, masih sekedar ikut-ikutan saja hehe.

Bila beberapa tahun lalu, hanya beberapa media sosial yang bertumbuh, kini kita melihat ada beberapa medsos yang relatif baru sudah eksis bahkan terlihat makin banyak peminatnya.

Salah satunya instagram. Medsos yang satu ini, walaupun lebih banyak menonjolkan gambar dan video tetapi sudah sangat banyak peminatnya. Demikian juga medsos lain seperti twitter atau facebook.

Beberapa tahun terakhir juga muncul media sosial TikTok yang mengambil hati banyak masyarakat, khususnya generasi muda dan usia anak. Banyak ilmu, kegiatan sampai hal-hal lucu yang di share di TikTok, membuat medsos ini melejit  dan memiliki pasar yang terus meningkat.

Tentu kita pahami, setiap media sosial mempunyai “pasar’ sendiri-sendiri. Facebook misalnya, walau tetap ada golongan muda bermain disini, golongan dewasa dan tua mendominasi pemilik akun di medsos ini.

Lain lagi dengan instgram. Walaupun ada segelintir genarasi tua yang akun di instagram, namun dominasi utama tetap anak muda dan generasi millenial.

Sedangkan medsos seperti Tiktok seperti yang dijelaskan diatas, berhasil mencuri perhatian anak muda bahkan anak-anak dibawah 12 tahun. Karena memang kontennya yang mengajak orang untuk lebih kreatif .

Memilih beriklan di medsos

Harus diakui, iklan masih salah satu cara yang paling efektif untuk mengenalkan sebuah merek atau brand pada masyarakat luas. Banyak pelaku bisnis mulai dari usaha kecil menengah (UMKM ) hingga pengusaha besar mulai melihat betapa efektifnya beriklan di media sosial.

Apalagi hampir semua orang sudah memiliki media sosial. Seiring dengan perkembangan internet yang sudah sampai ke pelosok dan meningkat setiap tahunnya.

Sebagai pebisnis, tentu tak bisa memilih sembarang medsos apa yang digunakan buat beriklan. Perlu pertimbangan yang sangat matang.

Namun yang pasti beriklan di medsos mempunyai banyak keuntungan. Antara lain jangkauannya yang pastinya sangat luas, bahkan di seluruh dunia dan dapat menggugah emotional branding para audien atau target pembeli sebuah brand.

Ada beberapa cara efektif beriklan di media sosial yang harus diketahui para pebisnis baik yang mempunyai bisnis skala kecil maupun yang memiliki bisnis yang sudah besar.

# Tentukan target pasar

Terlihat sepele tetapi seungguhnya ini merupakan hal penting yang harus diketahui. Bila target pasar perusahaan Anda adalah orang tua atau remaja, tentu tempat beriklannya juga sangat berbeda.

# Buat konsep iklan yang tepat

Setelah mengetahui siapa sasaran pasar yang ingin dituju, langkah selanjutnya adalah membuat konten iklan yang tepat. Tiap media sosial tentu saja konten iklan yang harus dibuat juga sangat berbeda. Misalnya pe,buatan konten iklan berupa gambar di Instgram akan sangat berbeda dengan iklan di Twitter yang lebih mengedepankan kata-kata yang lebih lugas atau langsung.

Demikian pula bila berniat iklan di Tiktok, tentu membutuhkan upaya lebih untuk menggabungkan video dengan musik atau hal-hal lainnya. Semua pembuatan konten yang tepat tentu mempunyai tantangan sendiri-sendiri.

# Tambahkan deskripsi atau caption yang menarik

Siapa bilang caption tidak banyak pengaruhnya? Ternyata caption yang tepat akan sangat membantu dalam mencapai target pasar isebuah iklan. Selalu gunakan caption/deskripsi yang sesuai,

Informasi yang ada dalam caption ataupun deskripsi sebaiknya ringkas tapi memang sudah mencakup keseluruhan isi iklan. Selain itu upayakan penyampaiannya juga menyesuaikan dengan target pasar, apakah orang tua atau generasi muda, dan tingkat kehidupan sosial seperti apa yang dituju.

Demikianlah beberapa cara efektif beriklan di media massa. Semoga bermanfaat.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih