Youtube
wb_sunny

Breaking News

Tips Menjaga Kesehatan Gusi Bagi Anak

Tips Menjaga Kesehatan Gusi Bagi Anak

 

Musim yang tidak menentu membuat anak rentan terserang penyakit. Salah satu yang sering dikeluhkan anak saya yang masih berusia 9 tahun adalah soal gusi berdarah. Bagaimana menjaga kesehatan gusi?

 
menjaga kesehatan gusi anak
sumber foto : tribun

 

Selama ini banyak dari kita yang hanya fokus pada kesehatan gigi saja. Padahal gusi dan mulut juga tak boleh luput dari perhatian soal kesehatannya. Itulah yang kadang membuat saya juga abai, khususnya kesehatan gusi pada anak.

Anak sendiri biasanya juga abai. Kalau tidak benar-benar sakit mungkin mereka tak sempat bercerita soal masalah gusinya.  Salah satu yang cukup membahayakan adalah benjolan di gusi yang pada akhirnya berpengaruh pada aktivitas anak-anak.

Anak saya yang berumur 9 tahun juga pernah mengalaminya. Saya sendiri tak tahu penyebab persisnya apa. Anak saya sudah mengeluh ketika dia merasa tak nyaman dan aktivitas makannya menjadi sangat terganggu.

Selain benjolan pada gusi, penyakit gusi bengkak paling sering dilaminya. Biasanya ini akibat benturan tidak sengaja pada anak atau bisa jadi karena faktor lain. Contoh sederhananya, anak abai dalam merawat kesehatan gigi dan gusinya dengan rajin menyikat gigi dua kali sehari.

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kesehatan gusi ini terpelihara. Khususnya pada anak-anak. Namun tentu saja diperlukan peran lebih orang tua unrtuk mengingatkan anak agar tak abai terhadap kesehatan gusinya. Kalaus elama ini hanya kesehatan gigi yang jadi perhatikan, kini kesehatan gusi tentu menjadi PR juga bagi orang tua untuk sosialisai ke anak-anak.

CARA MERAWAT KESEHATAN GUSI

Seperti dijelaskan diatas. Kesehatan gusi tentu tak kalah penting dari menjaga kesehatan gigi. Keduanya perlu diupayakan dengan optimal.

Bagi anak-anak, tentu saja ini bukan perkara mudah.Orang tua perlu mengingatkan terus menerus pentingnya memelihara juga kesehatan mulut dan gusi sehingga terhindar dari penyakit gusi. Sebut saja radang gusi atau gusi bengkak. Yang tentu ujung-ujungnya membuat anak akan merasa sangat tak nyaman.

Beberapa hal berikut perlu diketahui anak dan tentu dalam pengawasan orang tua untuk hasil yang baik pada kesehatan gusi anak.

#Perbaiki cara menyikat gigi

Cara menyikat gigi ternyata sangat berpengaruh pada kesehatan gusi, Upayakan anak mengetahui cara menyikat gigi yang tepat. Ajari anak untuk bisa menyikat gigi secara vertikal, dari arah gusi ke gigi. Kemudian lakukan dengan cermat sehingga seluruh permukaan gigi tersikat dengan baik. Jangan terlalu keras menyikat gigi dan gusi. Berikan tekanan sedang saja.

# Gunakan pasta gigi yang baik

 Pasta gigi memang banyak di pasaran. Gunakan yang tepat misalnya produk dari Pepsoden, dikenal sejak lama mengandung berbagai bahan terbaik dalam pasta yang berguna bagi kesehatan gigi, gusi dan mulut pada umumnya.

#Rajin sikat gigi

Rajin sikat gigi tentu saja sangat berpengaruh terhadap kesehatan gusi juga. Khususnya pada waktu yang dianjurkan yaitu pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur atau minimal 2 kali sehari.

#Faktor makanan.

Sudah menjadi pengetahuan banyak orang, kesehatan gusi juga dipengaruhi oleh faktor makanan. Mengkonsumsi makanan yang terlalu dingin, terlalu panas atau bahkan keras, cepat atau lambat akan berpengaruh kepada kesehatan gusi dan tentunya juga kesehatan gigi. Pastikan ini menjadi perhatian khususnya pada anak-anak.

Makanan yang relalu manis juga berpengaruh pada kesehatan gigi, yang bisa jadi akan berpengatuh pula pada kesehatan gusi. Ajari anak untuk mengkonsumsi makanan yang baik dan sehat.

Demikian hal-hal yang berpengaruh kepada kesehatan gusi.Semoga bermanfaat.

 

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

1 komentar:

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih

  1. Wah anaknya seumuran ya, anakku juga usianya 9 tahun.😃

    Memang masalah gusi ini juga penting, kadang aku cuma suruh gosok gigi doang, tidak pernah memperhatikan mulutnya.😂

    BalasHapus