FBB
KEB

IHB

Cara Mudah Decluttering Rumah

 

Decluttering Rumah pada dasarnya memisahkan barang-barang dalam rumaah agar tersisa yang beneran bermanfaat.Tidak sekedar bersih-bersih.

decluttering di rumah
foto :istimewa

Seminggu yang lalu nyampai lagi di rumah Depok,setelah enam bulan tidak ditengok. secara umum lumayan rapi walau ada sudut-sudut yang sangat kotor juga dan harus ada action buat bebersih maksimal. Apalagi rumah ini sempet disewa tetangga dua bulan hmmm..

Agenda pertama kali di rumah Depok adalah benerin canopy.Aduh,pertama kali liat langsung shock,ternyata canopy hancur lebur.Mungkin ditambah pas itu ada angin puting beliung di Depok.Selain itu,agenda bersih-bersih dalam rumah.Sebagian bisa dieksekusi,sebagian lain tampaknya harus menunggu bala bantuan.

Tenaga sangat-sangat terbatas euy.Ini aja dah mulai kurang sehat salah satunya pasti faktor kelelahan haha.

Usai benerin canopy dan beberes sekedarnya,langkah lanjutnya adalah decluttering. Kalian pasti sudah banyak yang paham kan apa itu decluttering.

Pada dasarnya sih artinya adalah memilah-milah barang dalam rumah yang masih kepakai, yang mau didonasikan dan yang memang harus dibuang.Sebenarnya harusnya ini rutin dilakukan tapi berhubung jarang-jarang di rumah Depok jadi masih sekedarnya aja.

 

DECLUTTERING RUMAH DEPOK

Seperti yang aku jelasin tadi, rumah Depok sudah sangat jarang ditempatin tapi barangnya masih sangat banyak.

Bisa kebayang satu lemarinya isinya berjubel. Hahaha.Soalnya lemari pakaiannya tinggal satu aja. Yang lainnya baju anak-anak di rak-rak plastik gitu.

Intinya sih sangat banyak barang di lemari

Baik berupa baju-baju lama yang jarang dipakai, berbagai seprai sampai kelambu,.dan masih banyak lagi yang sudah sangat jarang dipakai tapi numpuk.Subhanallah.

Jadilah Decluttering dimulai dari lemari buku dulu. Buku-buku masih sangat banyak.Maklumlah dulu suka banget baca buku.Sekarang? Sudah agak berkurang hiks.Emak amat sangat sibuk sekali.

Buku-buku mulai dibongkar dan apa yang terjadi? Ya Allah ternyata banyak buku yang rusak,lembab bahkan fix gak bisa buat dibaca lagi.Haduh.Mana buku bagus yang tampaknya kena.bocor ini.

decluttering rumahan


Antara lain kumpulan cerpen Kompas,bukunya Andrea Hirata sampai buku penting lainnya.Sedih banget.Tapi balik lagi,namanya juga barang,ada masa berakhirnya kan? Nggak ada yang abadi.

Akhirnya buku rusak dipisah dulu.Selanjutnya buku yang masih bagus dipilah-pilah lagi.Yang masih kemungkinan kebaca,disimpan lagi.Sebagiaj lainnya di donasikan.

Btw,buku-buku sebenarnya ada yang bawaan dari jaman kuliah dulu,ada yang beli ketika tinggal di Depok,ada yang hadiah orang dan lainnya.InshaAllah sebagian besar sudah dibaca.

Buku-buku ini bukan sekali ini saja didonasikan.Tercatat paling tidak sudah tiga donasi dalam jumlah banyak.Pertama,beberapa tahun lalu,ada anak KKN UIN Jakarta yang ambi kerumah buat dibawa.ke lokasi KKN.Kemudian awal tahun lalu juga ada ada dari tim donasi barang Bekasi dan baru kali ini lagi dipilah.

Setelah buku beres,berburu ke lemari baju. Walau udah pernah di seleksi ,herannya masih banyak aja baju nih.Apalagi ada anak sodara yang suka melungsurkan baju juga ke anak-anak di rumah

Waduh. Agak heran sebenarnya sama orang yang nggak berhenti-hentinya beli baju buat diri sendiri atau buat anaknya.hahaha.Kecuali memang aktivitas di luarnya sangat banyak dan memang mengharuskan sering gonta ganti model baju hehe. Akhirnya saking penuhnya, dilungsurin hehe.

Si kakak akhirnya juga ikut menyeleksi bajunya buat disumbangin.Apalagi lemari gantung didominasi baju suami dan baju si kakak !! Lumayan dapat dua dus baju yang masih bagus pastinya buat donasi.

Sedangkan baju jelek,robek dan kira-kira nggak pantas dipakai/diberikan ke orang lain sudah aku pisahkan juga. ini bisa.jadi.lap.pel atau.kalau dah kebanyakan berakhir di tempat sampah.

Selain buku dan baju,ada kelambu,seprai,kain dan banyak lagi.Barang-barang ini siap di donasikan.

MANFAAT DECLUTTERING,TIDAK SEKEDAR BEBERES

Buat penganut gaya hidup minimalis, decluttering tentu sangat penting.Kalau aku sih jujur,belum sampai ke gaya hidup minimalis gitu.Cuma ya seneng aja kalo yang beneran penting saja yang ada dalam rumah.

Decluttering sendiri sebenarnya buat aku gak sekedar beberes rumah ya..Ada beberapa manfaat juga yang aku rasakan :

cara decluttering

 


 #Ada perasaan lega dan plong

Mungkin ada kepuasan tersendiri karena sudah menyeleksi barang-barang tadi..Apalagi sebagian bisa didonasikan. Siapa tau yang nggak kepakai di lemari kita bisa dimanfaatkan orang lain kan?

#Rumah jadi rapi

Sudah pasti kalau ini, apalagi kan semuanya di tata kembali dalam rumah.

#Melatih fokus

Paling gak decluttering ini melatih fokus beberes disatu tempat terlebih dahulu baru ke.lokasi lainnya.hahaha. Katanya sih ini sangat bagus buat melatih kerja otak agar tetap runtut juga.

#Berbagi kebahagiaan

Tentu kebahagiaan buat aku sendiri yang rumahnya semakin rapi,kebahagian buat organisasi donasi dan mungkin kelak kebahagiaan buat yang mendapatkan donasi.Bahagia buat semua.

Demikian sedikit pengalamanku tentang decluttering di rumah. Semoga ada manfaatnya ya

 

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin