FBB
KEB

IHB

5 Hal Penting Sebelum Memutuskan Investasi Online

 

Membeli saham secara online memberikan Anda kemungkinan untuk melakukan perdagangan saham murah dan menghemat uang. Tingkat perdagangan saham terendah yang banyak ditemukan adalah di broker interaktif (IB). Anda bisa melakukan perdagangan di IB untuk satu dolar.

investasi saham online
sumber foto : CNN Indonesia


 

Sudah pernah mencoba investasi saham? Suami saya salah satu yang tertarik denga jenis investasi ini. Hasilnya, sudah sekitar lima tahun terakhir berinvestasi di saham dan niatnya buat jangka panjang sih. Investasi ini memang kadang bikin deg-degan dengan harga yang naik turun. namun dengan analisa yang tepat, tentu saja sangat menarik dari sisi imbal hasil.

Perdagangan di IB  memungkinkan Anda untuk membeli beberapa posisi yang lebih kecil sekitar seribu dolar. Manfaatnya adalah bauran harga yang lebih baik jika harga saham turun. Komisi atau biaya terendah bukanlah satu-satunya aspek yang harus Anda pertimbangkan, saat Anda berdagang saham secara online. Anda bisa mencoba dengan investasi online via Pluang.com yang memberikan peluang besar untuk keuntungan.

Layanan perdagangan saham online teratas harus memberi Anda semua sumber daya yang dibutuhkan untuk membuat pilihan keuangan yang terinformasi dengan baik. 

Selain itu juga kemampuan untuk membeli dan menjual saham dari mana saja, termasuk dari ponsel Anda. Beberapa sumber dukungan termasuk materi pendidikan seperti artikel, grafik real-time, berita streaming, kalkulator investasi, dan platform perdagangan yang mudah digunakan.

Investasi online menjadi salah satu cara termudah untuk membuka kesempatan besar meraih keuntungan. Begitupun dengan resiko kerugian yang terjadi. Kalau Anda seorang pemula dalam dunia saham, ada banyak hal mendasar yang sebaiknya perlu dipelajari. Hal ini penting agar membuat Anda tidak kapok berinvestasi. 

5 Hal Sebelum Investasi Online

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi online, 5 hal-hal penting di bawah ini bisa menjadi pertimbangan yang baik.

-       Biaya/Komisi

Biaya dan komisi dapat dengan cepat meningkat, sebagian besar layanan membebankan biaya untuk perdagangan, perdagangan yang dibantu broker, perdagangan opsi, dan sebagainya. Biaya dan tingkat margin serta persyaratan seperti saldo akun minimum dan biaya pemeliharaan akun sangat penting.

-       Investasi yang Ditawarkan

Umumnya, semua layanan perdagangan saham online menawarkan kemampuan untuk membeli dan menjual saham, opsi, reksa dana, dan dana yang diperdagangkan di bursa. Namun, layanan komprehensif juga memberikan akses ke pilihan pasar internasional serta layanan investasi atau opsi tabungan pensiun dan pendidikan.

-       Alat Perdagangan/Investasi

Jual beli saham tanpa bantuan broker bisa jadi menakutkan. Layanan perdagangan saham online harus menyediakan sumber daya pendidikan serta alat pemantauan. Broker online terbaik menawarkan alat seperti kalkulator investasi, laporan analis, peringatan ponsel, dan bagan, atau grafik yang berguna.


-       Kemudahan Penggunaan

Tidak semua investor pro dalam berinvestasi, banyak yang baru memulai atau hanya memiliki sedikit investasi. Jadi sebisa mungkin mencari layanan yang mudah digunakan untuk semua orang, apapun pengalamannya. Broker online terbaik juga menawarkan bantuan gratis seperti tutorial, artikel, FAQ, blog dan sebagainya. Selain itu, beberapa juga menawarkan pelatihan satu lawan satu.

 -       Dukungan/Layanan Pelanggan

Karena membeli dan menjual saham secara online bisa sedikit menegangkan, layanan terbaik memberikan dukungan yang sangat baik melalui telepon, email, pesan instan, dan obrolan.

Selain 5 poin penting di atas, ada beberapa hal penting lainnya yang harus diperhatikan oleh investor baru. Saat memutuskan untuk masuk ke dunia investasi, ada baiknya dimulai dengan mempelajari beberapa hal. Berikut adalah tujuh hal yang harus dipertimbangkan investor saat memilih saham:

·    Tren pertumbuhan pendapatan.

·    Kekuatan perusahaan relatif terhadap rekan-rekannya.

·    Rasio hutang terhadap ekuitas sesuai dengan norma industri.

·    Rasio harga-pendapatan dapat membantu memberikan nilai pasar.

·    Bagaimana perusahaan memperlakukan dividen.

·    Efektivitas kepemimpinan eksekutif.

·    Kekuatan dan stabilitas jangka panjang.

 

Di mana sebaiknya membeli saham online?

Sementara diskon menarik pada aplikasi investasi adalah tempat sebagian besar investor untuk berdagang saham, mereka bukan satu-satunya pilihan bagi investor pemula. Pasar dipenuhi dengan opsi untuk membeli saham melalui aplikasi seluler yang juga mendukung kebutuhan keuangan lainnya, seperti penganggaran, perbankan, dan transfer tunai. Anda harus lebih bijak memilih aplikasi pembelian saham dengan melihat review dan lainnya.

Banyak broker online juga menawarkan layanan robo-advisor, beberapa aplikasi secara eksklusif beroperasi dengan cara ini. 

Alih-alih bekerja dengan broker manusia atau mengarahkan sendiri akun perdagangan saham, Anda menggunakan robo-advisor untuk mengatur portofolio Anda pada cruise control. Anda memasukkan tujuan keuangan, dan algoritma bekerja seperti broker khusus untuk melakukan pembelian dan penjualan untuk Anda. Hal ini bisa jadi menguntungkan maupun merugikan. Jadi, lebih bijaklah sebelum memilih.

Sebagai investor pemula, Anda mungkin bekerja dengan dana terbatas dan mungkin memerlukan sedikit lebih banyak panduan untuk memulai. Anda mungkin mendapat manfaat dari broker tanpa minimum akun dan lebih banyak sumber daya pendidikan. Ada baiknya mempertimbangkan hal-hal yang sudah disebutkan di atas.

Menjadi investor dengan membeli saham online bisa membawa kerugian besar jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Mulai mempelajari dasar-dasar penting tentang dunia saham bisa lebih membantu untuk memberikan pengetahuan. Jadi, saat Anda sudah tahu bagaimana saham bekerja, disitulah Anda bisa memulainya dengan lebih baik.

Bagaimana, tertarik invetasi saham secara online? Jangan lupa pelajari dengan baik dulu ya hal-hal yang sudah disebutkan diatas sebelum memutuskan invetasi online.

Semoga bermanfaat. 

2 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Dulu awal2 mau investasi saham aku juga bingung mau pake aplikasi apa. Tapi aku jadi belajar utk caribtahu semua platform investasi saham, dan aku bandingin 1-1. Sampai akhirnya memilih IPOT dan Mirae sekuritas . IPOT buat investasi JK panjang, sementara Mirae buat trading. Sengaja aku pisah, Krn dana nya juga beda tujuan.

    Jadi bagi pemula yg mau mulaibinvestasi, banyakin nanya, dan banyakin cari info ttg semua aplikasi. Pastiin juga ga sering eror :p. Krn ada aplikasi yg murah biaya, tapi sering bangr eror. Giliran kita mau beli atau jual saham, ga bisa jalan Krn aplikasinya hang 🤣. Yg ada rugi ntr.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh aru tau ada aplikasi yang suka nge hang juga...huhu, gak nyaman gt pastinya.
      iya nih kita juga pakai aplikasi saham, alhamdulillah lacar aja

      Hapus