FBB
KEB

IHB

Catat, Ini Dia Perbedaan Investasi Obligasi Pemerintah dan Korporasi

 

Instrumen investasi obligasi saat ini dinilai punya prospek yang sangat cerah. Jenis investasi ini pun semakin banyak dilirik oleh masyarakat. 

obligasi pemerintah dan korporasi

foto : https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-tangan-laptop-bekerja-8472576/

Sebelum berinvestasi, penting untuk mengetahui bahwa ada dua tipe investasi dalam bentuk obligasi ini yaitu obligasi pemerintah dan korporasi. Mari simak penjelasan lebih lengkap mengenai perbedaan dari dua jenis obligasi tersebut.

Perbedaan Obligasi Pemerintah dan Korporasi

Dua jenis obligasi ini sebenarnya sama-sama memiliki kelebihan. Keduanya bisa jadi pilihan tepat asalkan profil risikomu memang sesuai. Agar merasa lebih yakin dalam berinvestasi,simak dulu perbedaan antara investasi obligasi negara atau pemerintah dan korporasi berikut ini :

Pihak yang Menerbitkan

Perbedaan pertama tentu saja terletak pada pihak yang menerbitkan obligasi tersebut. Dari namanya saja sebenarnya sudah bisa dipahami perbedaan mendasar antara dua jenis obligasi ini. Untuk obligasi pemerintah atau negara jelas bahwa pihak pemerintah yang menerbitkan surat utang tersebut.

Lain halnya dengan obligasi korporasi. Ini merupakan surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan. Obligasi ini diterbitkan dengan tujuan untuk mencari sumber dana. Perusahaan yang bisa menerbitkan obligasi ini sangat beragam dan sebelum kamu membeli instrumen tersebut, penting sekali untuk mengetahui nama perusahaan penerbitnya.

Potensi Gagal Bayar

 Investasi obligasi pemerintah dan korporasi juga memiliki perbedaan yang cukup mencolok dilihat dari potensi gagal bayarnya. Untuk tipe obligasi pemerintah atau negara, risiko gagal bayarnya cukup redah bahkan bisa dikatakan tidak ada.

Pemerintah akan menjamin pengembalian dana sesuai dengan aturan atau ketentuan yang tercantum dalam undang-undang. Lain halnya dengan jenis obligasi korporasi atau perusahaan. Dibandingkan dengan investasi obligasi negara, investasi ini punya risiko yang lebih besar. Obligasi

korporasi punya peluang yang cukup besar untuk mengalami gagal bayar. Jika hal ini terjadi maka kamu akan mengalami kerugian dan bersiap untuk menanggung kerugian tersebut.

Likuiditas

Mari lihat dari sisi likuiditasnya. Kedua jenis instrumen investasi ini ternyata juga punya perbedaan yang cukup mencolok dari segi likuiditasnya. Untuk tipe investasi obligasi pemerintah, likuiditasnya terbilang tinggi. Apalagi sekarang jual beli aset ini bisa dilakukan dengan mudah dan jauh lebih fleksibel.

Lain halnya dengan obligasi korporasi yang likuiditasnya terbilang lebih rendah.Bahkan banyak yang menyebutkan bahwa obligasi ini tidak likuid. Aset hanya bisa diperdagangkan secara over-the counter. Oleh sebab itu tak heran jika cukup sulit untuk menjual surat utang korporasi atau perusahaan.

Peraturan yang Digunakan

Setiap jenis investasi tentu menerapkan ketentuan pengelolaan masing-masing. Begitu juga dengan obligasi baik itu obligasi pemerintah maupun korporasi. Sebelum memilih mana aset obligasi yang paling tepat, perhatikan dulu apa dasar ketentuan yang digunakan oleh keduanya. 

Mudah saja, untuk jenis investasi obligasi pemerintah maka kamu akan menemui pedoman berupa Undang-Undang. Aturan mengenai investasi ini diatur langsung dalam Undang-Undang. Lain halnya dengan obligasi korporasi yang menggunakan acuan ketentuan dari internal perusahaan itu sendiri.

Potensi Profit

Mari lihat seperti apa potensi profit yang dimiliki oleh masing-masing jenis obligasi ini. Umumnya investasi obligasi pemerintah dinilai lebih aman namun nilai profitnya cenderung lebih rendah daripada obligasi korporasi. Jika emitennya tepat, maka obligasi korporasi ini bisa mendatangkan keuntungan yang sangat memuaskan.

 Perlu diketahui bahwa berkaitan dengan peluang profit ini, jangka waktu investasi dari dua jenis obligasi tersebut juga bisa berbeda. Untuk tipe investasi obligasi pemerintah, disarankan untuk digunakan sebagai aset investasi jangka menengah dan jangka panjang. Lain halnya dengan obligasi korporasi yang lebih cocok untuk investasi jangka pendek.

Mulai Investasi Sekarang bersama digibank by DBS

Obligasi memang bisa jadi pilihan investasi yang tepat saat ini. Bagi kamu yang tertarik untuk berinvestasi di instrumen tersebut, langsung saja manfaatkan fasilitas dari digibank by DBS. Ada banyak keuntungan yang siap ditawarkan untukmu sebagai investor. Berikut ini adalah beberapa keuntungan investasi obligasi bersama digibank by DBS:

memilih obligasi bagi pemula

foto : https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-meja-tulis-laptop-bekerja-7836296/ 


 ● Nilai Profit Memuaskan

Kamu dapat menikmati nilai profit yang memuaskan dengan melakukan investasi dalam bentuk obligasi di digibank by DBS. Imbal hasil yang diberikan cukup tinggi yaitu sebesar 4,95 % p.a (per annum atau per tahun).

Bisa Transaksi Jual Beli

Tak hanya mendapatkan profit tetap, kamu juga bisa mengambil keuntungan lewat transaksi jual beli instrumen obligasi ini. Bersama digibank by DBS, kamu dapat memperjual belikan aset surat utang tersebut mulai tanggal 11 Juni 2022 mendatang.

Profit Cair Setiap Bulan

Investasi obligasi di digibank by DBS akan memberikan keuntungan yang optimal. Kamu bisa mendapatkan profit atau imbal hasil tetap dari aset yang kamu miliki. Menariknya lagi, profit yang kamu terima ini bisa dicairkan setiap bulan.

Bisa Dapat Untung saat Dijual

Kamu bisa mendapatkan untung yang lebih besar dari hasil penjualan aset surat utang. Saat kamu menjual obligasi ini maka kamu bisa mendapatkan profit. Baik itu untuk investasi obligasi negara maupun korporasi, keduanya bisa sama-sama mendatangkan profit saat dijual di waktu yang tepat.

Mulai Rp1 Juta

Kini investasi dalam bentuk obligasi semakin mudah untuk dilakukan. Bahkan kamu bisa mulai membeli obligasi mulai dari harga Rp1 juta. Melalui digibank by DBS kamu akan mendapatkan penawaran harga terbaik dan pastinya menguntungkan.

Investasi obligasi dapat menjadi sebuah pilihan tepat bagimu saat ini. Lakukan investasi dalam bentuk surat utang ini di Aplikasi digibank by DBS. Rasakan sendiri beragam keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan digibank by DBS kepadamu sebagai investor.

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin