Youtube
wb_sunny

Breaking News

Perjalanan Blog dan Pentingnya Site Audit

Perjalanan Blog dan Pentingnya Site Audit

 

Cerita perjalanan blog saya bisa terbilang panjang sih. Berawal dari curhatan hingga akhirnya memutuskan buat memulai blog dengan lebih profesional. Perjalanan di mulai disini.

pentingnya site audit
sumber foto : telusur
 

 

Blog yang kalian baca ini sudah memasuki artikel yang ke 285 dalam jangka waktu 3,5 tahun. Banyak? Tentu belum dibandingkan blog orang-orang lain. Apalagi saya bukan yang rajin menulis banget Sebisanya saja. Di blog ini ada tulisan yang organik tapi tentu ada juga yang berbayar.

Selain https://www.ennyratnawati.com ini, ada satu lagi blog yang saya kembangkan yaitu https://www.pojokrumahan.com. Yang terakhir ini belum setahun usianya. Masih belia banget kan. Oke kita mulai cerita per blog-an ya siang ini.   

Cerita Terjun di Dunia Blogger

Awal berkenalan di dunia blogger mungkin sekitar 2007-an. Saat itu masih bekerja di kantor lama. Sebuah media keuangan di Jakarta. Sebenarnya mulai nge-blog sih ikut-ikutan saja. Ya, karena teman-teman kantor saya, khususnya, nge-blog semua. Isinya tentu saja curhatan dan cerita kehidupan sehari-hari biasa. 

Tapi saat itu, paing banyak nge blog buat cerita soal kantor alias curhat serba-serbi kehidupan kantor. Jadilah yang saling komen juga anak-anak kantor aja hehe.

Setalh resign, saya juga masih suka ngeblog sih walau nggak rutin. Blog gratisan itu juga tetap eksis. Sampai suatu hari terjadi tragedi ketika mau migrasi ke blog berbayar. 600 tulisan hilang alias blognya nggak sengaja kehapus.

Bagaimana Cara memulai Ngeblog?

Segala cara tentu sudah saya lakukan buat balikin blog yang nggak sengaja kehapus tadi. Tapi memang nggak berjodoh lagi. Ya sudahlah. September 2018 saya memulai semuanya dari nol lagi. Bikin blog baru kemudian langsung saya pindah ke TLD (top level domain). Jadilah beralamat kayak saat ini.

Ketika awal itu kalau nggak salah langsung saya isi dnegan 10 tulisan apa saja. Maklumlah mau ikut lomba saat itu. Alhamdulillah jadi salah satu pemenang sih.

Memulai blog sendiri sebenarnya nggak susah. Yang jelas harus ada kemauan ya. Dan tentu konsistensi. Banyak teman yang belajar bikin blog dari saya juga. Blog gratisan maksudnya tapi kemudian nggak dilanjutkan. Biasanya sih nggak waktu menjadi alasannya ya. Ya kalau mau memulai ngeblog, tinggal buka ggogle atau youtube, lengkap tutorialnya kok.  

Apa Niche Blog?  Mengapa Memilih Niche Tersebut?

Kalau ada yang bertanya ini saya jawab ya. Niche blog ini adalah blog “gado-gado’ atau bahasa kerennya life styel. Hampir semua tema masuk di blog ini dan kemudian dikelompokkan sesuai kategorinya.

jadi jangan heran kalau kalian akan menemukan berbagai isu tentang apapun. Intinya sangat-sangat random.Tapi semoga bermanfaat ya. 

Niche ini dipilih ya karena memang saya sampai saat ini belum menemukan minat khusus pada sebuah bidang. Idenya juga macam-macam. Jadilah saya buat blog ini niche-nya life style saja dulu ya.

Bagaimana Menjaga Konsistensi dalam Menulis?

Ini pertanyaan yang nggak mudah sih. Kalau saya karena memang suka menulis kali ya jadi nggak terlalu susah buat konsisten nulis. Apalagi hanya punya dua blog dan satunya nulis di Kompasiana.

Kalau tak ada orderan pekerjaan, saya menulis bergiliran di ketiga tempat itu. Walau kadang hanya tulisan-tulisan sederhana saja. Yang penting update dan konsisten dalam menulis. Biar skill menulis nggak hilang juga kan?

Intinya menjaga konsistensi menulis menurut saya hanya soal niat atau tidak. kalau sudah niat,tidak ada yang sulit bukan hehe

 Apa saja langkah dari Menulis Hingga Publish?

Kalau saya mau menulis ,khususnya menulis yang organik biasanya mencari ide tulisan dulu. Biasanya kalau sudah ketemu idenya, bisa saya catat dulu kalau belum langsung menulis. Bila ada waktu tinggal ditulis dan dikembangkan ceritanya.

Biasaya saya juga cek ke google dengan tulisan sejenis atau temanya ada kemiripan. Saya baca juga buat menambah referensi pada tulisan. Setelah itu langsung ditulis, koreksi sana-sini, menentukan gambar dan hal lain baru diputuskan buat publish tulisan.

Oh iya, sebelum publish jangan lupa editing akhir. Saya juga biasanya mengerjakan hal "detail" seperti menambahkan internal link,deskripsi tulisan, membenahi permalink dan hal kecil tapi inshAllah banyak manfatnya bagi blog yang saya miliki.

Bagaimana Cara Menaikkan Traffik?

Setelah publish tulisan, tentu sebuah blog membutuhkan pengunjung. Traffik blog bukan sesuatu yang mudah. Cara menaikkan traffik blog versi saya dengan cara sedikit-sedikit “memainkan” SEO, Ada berbagai macam tekhnik SEo yang bisa digunakan. Saya juga masih belajar sih, cuma sedikit-sedikit sudah menggunakan ilmu dari para suhu SEO.

Kemudian juga dengan cara promo ke media sosial. Biasanya juga saya ikutkan dengan grup PV blog atau blog walking.

Entah kenapa diantara berbagai media sosial ,saya paling suka share ke Twitter. dan ini benar-benar menambah view di blog saya. bagaimana dengan blog kalian?

Apa Pencapaian Terbesar di Dunia Blogger?

Hingga 3,5 tahun usia blog ini belum banyak pencapaian yang saya dapat. Sejauh ini masih memenangkan beberapa lomba tapi lingkupnya masih lokal saja. 

Pencapaian terbesar tampaknya belum ada. Masih tetap masih harus belajar buat kedepannya. Saya sangat tertarik belajar lebih banyak soal SEO demi meningkatkan traffik .

Kemudian juga ingin banget belajar desain blog. banyak sih sih yang sudah berbagai ilmu, kalau desain yang baik dalam sebuah blog juga kunci memenangkan berbagai lomba blog.Ya siapa tahu kan dengan belajar berbagai hal tadi, pencapaian blog saya makin baik ya.

Siapakah Anda di Dunia Blogger?

Ini pertanyaan yang susah juga. Karena jawabnya tentu saya belum siapa-siapa dan masih jauh dari terkenal. Jadi intinya saya masih pemula banget di dunia blogger dan masih terus belajar.

Oh iya, semoga saja diantara teman-teman ada yang kenal ya dengan saya. yah,minimal pernah berkunjung ke blog saya. Walau tentu saya bukan siapa-siapa sih di dunia per-blogger-an.

menekuni blog selama 3,5 tahun dengan pencapaian yang masih minim jadi PR tersendiri buat saya. Bukan demi siapa saya di dunia blogger tapi lebih kepada keinginan untuk menjadi lebih baik di dunia per-blog-an. 

Pandangan tentang Dunia Blogger di Indonesia saat ini?

Diantara maraknya dunia vlogger di Indonesia, dunia blogger tentu saja masih mengalami perkembangan yang pesat. Blogger semakin hari semakin banyak, persaingan tentu saja semakin ketat, akhirnya mereka yang mau belajar yang tentu akan eksis kedepannya.

Apakah Blogger Masih Bisa Bertahan dengan adanya Youtuber?

Tentu saja dunia blog dan blogger akan tetap eksis, walaupun Youtube juga berkembang. Alasannya adalah masih banyak orang yang suka membaca pembahasan di blog yang memang mengupas sesuatu dengan lebih detail Kemudian pangsa pasar kedua media sosial ini memang sangat berbeda. Jadi,tak perlu khawatir .

Perlukah Blogger Paham SEO?

Menurut saya tentu perlu banget seorang blogger paham SEO. Ini tahap kedua setelah belajar menulis dengan baik. SEO penting bila ingin blognya di indeks Google sampai bisa masuk halaman atas Google. Ada dua tekhnis SEO yang bisa digunakan yaitu SEO On Page dan Seo Off Page juga yang kudu diketahui seorang blogger. 

Banyak sih yang bilang, tak usah peduli dengan SEO, lebih baik seorang blog menulis dan menulis saja. Saya sih kurang sependat ya.

Ya bagaimanapun bila sebuah blog pengen lebih banyak dibaca orang, muncul dihalaman pertama Google tentu perlu paham SEO kan. Paling nggak mengerti sedikit-sedikit. Sekali lagi, saya juga belum paham banget dan masih tahap belajar juga.

Sejauh mana pemahaman tentang SEO?

Peratnyaan ini tidak sulit jawabannya .Ya,karena saya sadar diri banget soal kemampuan saya di dunia per-SEO-an hehe.

Pemahaman saya sejauh ini masih mendasar banget. Beberapa kali ikut kelas atau pelatihan SEO yang diadakan oleh para suhu-suhu SEO, sejauh ini masih tahu tentang dasar-dasar SEO pada blog. hanyar tahu soal internal link, eksternal link, sedikit tentang tekhinik SEO dasar saja. intinya sih masih jauh lah ilmunya.

Semoga bisa belajar lebih baik lagi di masa mendatang karena SEO memang kunci utama buat yang memajukan blog-nya. tentu ujung-ujungnya yang ingin cuan juga ya. 

Menurut Anda, Apa itu Site Audit?

Site audit, secara sederhana, menurut saya adalah cara buat mengetahui apakah blog atau website kita baik-baik saja. Dengan site audit, kita juga akan mengetahui apa yang kurang dari blog kita dan bagaimana cara memperbaikinya.

Evaluasi ini bisa dilakukan dengan berpedoman pada hasil pencarian situs dalam sebuah web tools.nanti semoga bisa belajar lebih dalam ya soal ini.

Jujur sih, saya masih awam banget soal site audit. Cuma baca seidkit-sedikit via Google beberapa hari ini dan belum ketemu jawaban yang paling pas juga hehe.

Mengapa  ingin Mempelajari Site Audit Web?

Tentu dong harus belajar soal site audit ini. Apalagi buat blogger pemula kayak saya ini ya. Saya baca sedikit-sedikit ini juga kunci menentukan kualitas sebuah blog ya.

makanya ingin banget mempelajari site audit supaya mengetahui secara komprehensif terhadap keseluruhan performa blog. Tentu biar bisa melihat segala kekurangan yang mungkin bisa ditingkatkan lagi dalam website yang kita miliki.

Semoga dengan belajar site audit, makin paaham kekurangan blog,bisa memperbaikinya dan akhirnya blognya jadi lebih baik kan? semoga.

Kenapa  Harus Ikut Pelatihan Site Audit ini?

Waduh, kalau nggak ikut pelatihan harus belajar dimana dong soal site audit ini. Belajar otodidak mungkin bagi sebagian orang bisa ya. kalau saya, belum bisa haha.tentu soal gapteknya saya sehingga perlu guru.

Harapannya bisa mengikuti pelatihan site audit ini sehingga bisa mengetahui kekurangan blog baik dari sisi tampilan maupun user experience. 

Kemudian dengan segala perbaikan diharapkan bisa mendapat peringkat tertinggi di mesin pencari dan akan mendapatkan kebaikan lagi bagi website atau blog. Semoga. #

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

5 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih

  1. Blogger senior nih. Keren mb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah apa kabarnya Bang Day?
      Belum bang..masih jauh dari senior haha

      Hapus
  2. Niche blog saya juga gado-gado mbak, kalau awalnya review2 produk kecantikan aja, makin kesini dan punya anak jadi gado-gado topiknya hihihi.

    Jujur aja aku masih awam bgt soal SEO mbak, kayaknya emang harus ikut pelatihan nih

    BalasHapus
  3. Wah iya nih mbak, kalau soal site audit saya juga belum paham. Harus banyak belajar juga saya agar tahu blognya sehat apa tidak hehe...

    BalasHapus
  4. Site audit ternyata penting bgt ya mba utk mengembangkan kualitas blog kita.

    BalasHapus