FBB
KEB

IHB

Ketahui 5 Cara Mengendarai Motor Kopling untuk Pemula

Ditengah gempuran motor matic yang punya banyak peminat, motor kopling juga masih populer digunakan oleh masyarakat.

asuransi kecelakaan diri
foto : kompas.otomotif

Kapan kalian pertama kali bisa mengendarai motor? Kalau saya kayaknya SMP sih.Dan itu bisanya karena motornya matic. Nah, bertahun-tahun memakai motor matic, tentu saja tak pernah kepikiran untuk memakai motor jenis lain.

Namun kemudian, ketika pindah kota, motor lama yang matic dijual.Dan di kota yang baru adanya jenis motor kopling. Jujur sih, awal-awal merasa nggak bisa dan malas banget buat belajar lagi. Walau kata beberapa teman sangat gampang juga asal mau dicoba.

Ternyata, kepepet merupakan jawabnya. Apalagi kebutuhan antar jemput anak sekolah harus dilaksanakan. Ya mau nggak mau,akhirnya belajar dan akhirnya bisa dong makai motor kopling,alhamdulillah.

Nah, buat kalian yang pemula, maka memahami cara mengendarai motor kopling sangatlah penting. Sebab, jenis motor memiliki cara pengoperasian yang berbeda dengan motor matic. Berikut adalah panduan mengendarai motor kopling yang bisa disimak ya.

Cara Mengendarai Motor Kopling Pertama Kali

Supaya bisa menggunakan motor kopling dengan baik dan lancar, berikut adalah panduan yang bisa Anda simak: 

1. Siapkan Fisik dan Mental 

Hal paling mendasar yang perlu dipersiapkan adalah kondisi fisik dan juga mental. Persiapkan keduanya dengan baik sebelum mulai berkendara. Untuk persiapan fisik cobalah untuk melengkapi peralatan dengan lengkap dan memeriksa kondisi motor dengan teliti. 

Pastikan motor kopling yang akan dikendarai memiliki kondisi yang prima, serta semua komponennya dalam keadaan baik dan sesuai standar. Setelah itu siapkan kondisi mental, pastikan untuk tenang dan fokus ketika akan berkendara.

2. Coba di Tanah Lapang 

Bagi pemula, mencoba motor kopling di tanah lapang sangat perlu. Ini untuk mengetahui dan membiasakan diri dengan aturan motor kopling. Dimana letak remnya, bagaimana cara memindahkan gigi, dan lain sebagainya. Sebab banyak pemula yang sering kesulitan dalam memindahkan gigi transmisi sehingga mesin sering mati ketika tengah berkendara. 

3. Pahami Cara Menggunakan Tuas Kopling 

Jika sudah mmemahami komponen motor kopling dan letak pengendalinya, maka selanjutnya adalah mempelajari penggunaan tuas kopling. Ketika sudah memasukkan gigi transmisi ke posisi satu, maka pengendara harus melepas tuas kopling dengan perlahan. Perlu diperhatikan untuk tidak langsung menarik gas ketika mesin motor belum bergerak. 

Lalu perlu diperhatikan, tuas kopling yang dilepas dengan gerakan cepat maka akan membuat mesin motor akan mati. Seimbangkan diri agar motor perlahan bisa berjalan dengan nyaman. Hal ini tentu perlu beberapa kali latihan agar bisa terbiasa. 

4. Cara Memindahkan Gigi Transmisi 

Saat menyalakan mesin motor, secara otomatis pemindahan gigi transmisi ke gigi satu pun terjadi. Jika demikian maka selanjutnya pengendara perlu memindahkan gigi kembali ke posisi dua. Caranya dengan menarik tuas kopling yang disusul dengan menaikkan pedal gigi transmisi.

Tidak seperti pada motor matic, motor kopling ini menerapkan teknik manual dalam perpindahan gigi transmisi. Oleh karena itu, perhatikan tarikan tuas tidak terlalu lemah atau terlalu bertenaga. Jika terlalu lemah nanti transmisi akan kembali ke posisi netral, sementara jika terlalu bertenaga mesin akan mati.

5. Pelajari Urutan Gigi Transmisi 

Saat memindahkan gigi transmisi, pengendara harus memperhatikan transmisi apa yang digunakan motor terkait. Ketika mengubah atau memindahkan gigi transmisi harus menekan tuas kopling lalu melepaskannya secara perlahan. Beriringan dengan pelepasan tuas kopling tadi gas ditarik secara perlahan agar motor bisa berjalan. Umumnya motor kopling dibekali dengan transmisi jenis percepatan 5 dan 6. Posisi gigi yang umum adalah 1-N-2 sampai 5. 

Cara Mengendarai Motor Kopling Saat Macet

Jika sudah terbiasa membawa motor kopling dan sudah semakin mahir, pengendara harus tetap berhati-hati ketika membawa motor tersebut ke jalan raya. Motor kopling juga perlu diperhatikan pemindahan gigi transmisinya ketika jalan tanjakan dan turunan. 

Ketika jalanan macet, sebaiknya perhatikan pemilihan transmisi gigi yang tepat agar mesin tidak mudah mati di tengah kemacetan. Gunakan posisi gigi satu dan dua agar mesin motor kopling tidak mudah mati. Ini juga untuk menghindari kecelakaan di jalan raya. 

Nah, itu dia sedikit ulasan tentang cara mengendarai motor kopling bagi pemula yang harus diperhatikan. Sebagai pengendara motor sendiri memang penting untuk memproteksi diri agar bisa terhindar dari kecelakaan lalu lintas. Oleh karenanya, selain menyiapkan perlengkapan berkendara, fokus dengan jalan, baiknya menggunakan juga asuransi kecelakaan diri dari Bank Danamon. 

Asuransi kecelakaan diri dari Danamon terselenggara berkat kerjasama dengan asuransi PT Zurich Asuransi Indonesia, Tbk. Asuransi ini memiliki biaya sangat ringan mulai dari Rp 25.000 per bulannya serta bisa berlaku di seluruh Indonesia. Dengan perlindungan yang tepat, maka Anda bisa meminimalisir resiko buruk terjadi di masa depan. 

Semoga bermanfaat.


Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin