FBB
KEB

IHB

5 Komponen Motor Ini Agar Tidak Mogok

Motor merupakan salah satu kendaraan yang sering digunakan, bahkan ketika musim penghujan sekalipun. Oleh karena itu, penting sekali untuk mewaspadai kondisi komponen motor agar tidak mudah mogok di jalan.

komponen motor agar tak mogor
foto :www.pexels.com

5 Komponen Motor yang Perlu Diperhatikan Saat Musim Penghujan

Ketika sedang menjalankan motor dan tiba-tiba mogok pastilah tidak enak. Apalagi jika mogok di tengah-tengah jalan raya, tentu akan sangat berbahaya dan rawan kecelakaan. Oleh karena itu motor mogok saat hujan perlu menjadi perhatian lebih.

Berikut ini 5 komponen mesin motor yang harus diperhatikan ketika musim penghujan.

Busi

Yang pertama ada busi, mesin yang satu ini sangat rawan mogok ketika musim hujan tiba. Hal ini karena apabila busi sudah tua, tutupnya akan mulai rapuh dan mudah terkena air sehingga motor akan mogok begitu terlalu sering terkena air. Maka dari itu, penting untuk selalu mengecek dan melakukan penggantian busi secara berkala.

Saringan Udara

Ketika hujan tiba, pastikan juga saringan udara pada mesin motor tidak tersumbat karena komponen ini akan menggangu ruang pembakaran di mesin dan motor akan menjadi kurang tenaga.

Knalpot

Air juga bisa menempel pada knalpot, terutama di bagian dalam lehernya. Oleh karena itu sebaiknya sering membersihkan sistem pembuangan ini agar berfungsi dengan baik.

CVT

Bagi yang memakai motor matic, sebaiknya memperhatikan genangan air di bagian mesin. Karena hal itu akan membuat area CVT tidak berfungsi dengan baik.

Penutup Oli

Harus juga dipastikan penutup oli terpasang dengan baik ketika musim penghujan. Karena apabila air masuk ke dalam oli dan mesin, maka performa mesin akan mengalami penurunan.

Selain 5 cara di atas dalam memperhatikan komponen motor ketika musim hujan, juga harus mengecek jalan yang dilewati. Usahakan untuk tidak melewati daerah yang rawan banjir karena apabila sudah mengecek komponen mesin dengan baik tetapi masih melewati area banjir, maka mesin  akan tetap rusak. Karena air banjir biasanya akan tetap memaksa masuk dari knalpot atau busi  yang terendam.

Bagaimana cara yang kalian lakukan agar tak mogok juga? share di komen ya.


1 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Motorku yg dipake tiap hari buat kerja juga rutin servis karena tiap hari buat PP jauh, antar provinsi malah, Jakarta-Bekasi hahahhaa, jadi pastikan kondisi prima semua

    BalasHapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin