FBB
KEB

IHB

Perawatan Dasar Mobil yang Wajib Diketahui

Setiap pemilik mobil,idealnya mengetahui perawatan dasar mobilnya sendiri. Tanpa perlu sebentar-sebentar ke bengkel. Perawatan dasar sejatinya bisa dilakukan siapa saja.Tinggal mau atau tidaknya.

auto2000.co.id
foto : auto2000.co.id


Bila laki-laki sudah sangat terbiasa dalam urusan permobilan, berbeda sekali dengan kaum perempuan. Meskipun bisa menyetir mobil dengan baik, tak otomatis mampu melakukan perawatan mobil. Makanya jangan heran, kalau mesin mati tiba-tiba dan terjadi di tengah jalan, yang terjadi hanyalah kepanikan.

Inilah yang dialami salah seorang teman saya, seorang perempuan tentunya. Katanya dia sudah sangat lama bisa menyetir. Hanya saja, jarang banget menggunakan mobil dan sehari-hari ke tempat kerjaan hanya naik motor saja.

Namun, hari itu dia mengajak saya, ke luar kota kami, walau jaraknya hanya sekitar 1 jam perjalanan saja. Tentu saja saya mengiyakan karena memang bisa menemaninya. Selain saya, dia juga mengajak ponakan laki-lakinya yang baru lulus SMA. 

Saya yang pertama kali ikut naik mobil teman tersebut dimana teman saya sebagai driver-nya tentu saja awalnya agak deg-deg-an. Namun teman saya meyakinkan kalau dia sebenarnya sudah bisa mengendarai mobil bahkan sejak di bangku SMA. Oke, ketakutan saya sedikit berkurang.

Kami Pun memulai perjalanan pagi itu dengan santai. Namun, untung tak bisa diraih, malang memang tak dapat ditolak, begitu kata pribahasa jadul.

Kurang lebih setengah jam perjalanan dan belum sampai di tujuan, mesin mobil mendadak mati. Teman saya sudah mencoba stater kembali tapi gagal. Mau bongkar-bongkar mesin juga tak paham apa yang harus dilakukan.

Posisi kami berada di jalan besar namun tak terlihat sejauh mata memandang ada bengkel mobil sekitaran situ. Untunglah kemudian teman saya berhasil menelpon kakak laki-lakinya untuk minta bawakan montir. Kami Pun melanjutkan perjalanan dengan taksi online.

Apa pelajaran yang bisa diambil dari pengalaman ini? Teman saya hanya bisa menyetir tapi buta sama sekali persoalan mobil. Sehingga, ketika ada masalah mesin sedikit saja, yang ada langsung panik dan bingung.



foto: PT.Toyota Astra Motor


Perawatan Dasar Mobil 

Seperti disinggung di atas, perawatan dasar mobil sampai “perbaikan” kecil-kecilan harusnya bisa dikuasai siapa saja. Khususnya mereka yang biasa berinteraksi dengan mobil. Artinya bila terjadi apa-apa dengan mobil,paling tidak bisa dilakukan “pertolongan pertama”.

Namun demikian, pengetahuan soal perawatan dasar mobil juga perlu diketahui. Tentu agar mobll terawat dan menghindari berbagai kerusakan yang tidak seharusnya terjadi.

Paling tidak ada beberapa perawatan dasar pada mobil yang wajib diketahui.

Panaskan mobil tiap hari

Memanaskan mobil tiap hari merupakan hal penting agar tahu kondisi mobil dari hari ke hari.Meskipun mobil tidak dipakai tiap hari,upayakan memanaskannya setiap hari. Jangan pula biarkan mobil kelamaan nganggur.Gunakan minimal seminggu sekali.

Rutin ganti oli 

Sebenarnya dianjurkan ganti oli bisa sudah 10.000 km atau sekitar 6 bulan.Namun bila kalian tinggal  di kota besar dan rutin menggunakan mobil untuk aktivitas sehari-hari, ada baik 5000 km juga ganti oli. Apalagi bila sering berhadapan dengan kemacetan yang tentu mengharuskan lebih rajin buat ganti oli. 

Periksa rem dan kopling

Ini hal wajib yang harus dilakukan para pemilik mobil. Ampas kopling mulai aus harus menjadi perhatian khusus. Efeknya biasanya perpindahan gigi terasa berat. Demikian pula dengan rem,wajib dilakukan pengecekan rutin. Minyak rem sebaiknya diganti setiap 20.000 km 

Air radiator dan aki

Kegunaan air radiator untuk mendinginkan suhu mesin. Ketika radiator kekurangan air berakibat buruk buat mesin mobil. Pengisian air radiator menggunakan cairan khusus.

Pengecekan aki juga penting. Kontrol pada air aki ini minimal dua minggu jika menggunakan aki basah dan harus dipastikan air aki masih pada level yang seharusnya, yaitu diantara garis batas penanda.Sedangkan pengukuran tegangan aki dengan voltmeter. 

Cek ban dan tekanannya

Ini juga wajib dilakukan secara berkala. Apalagi bila ingin melakukan perjalanan jauh maka pengecekan ban dan tekanannya menjadi hal wajib. Keempat ban mobil juga harus rutin diperiksa tekanannya. Bila kondisi ban sudah tak maksimal sebaiknya segera diganti saja.

Periksa kabel dan lampu

Kabel dan lampu juga merupakan unsur penting dalam sebuah mobil.Periksa jaringan kabel apakah masih bagus kemudian cek juga kondisi lampu mobil. Karena lampu yang redup/mati tentu membahayakan keselamatan.

Cuci mobil dan Kaca

Jangan malas buat mencuci mobil dan membersihkan kacanya, apalagi bila mobil habis dipakai dalam perjalanan yang relatif jauh.  Bisa dilakukan pencucian mobil secara mandiri. Namun bila ingin lebih baik tentu bisa dengan memakai jasa pencucian mobil terdekat.

Salah satu aplikasi yang dapat memenuhi semua kebutuhan pelanggan dan pengguna mobil adalah aplikasi  Auto2000 Mobile 

Menggunakan konsep “seamless end-to-end customer experience”, Auto2000 memastikan pelanggan merasakan pengalaman pelayanan di platform digital yang sama baiknya dengan yang diterima di cabang Auto2000.

Aplikasi ini membantu pelanggan melakukan perawatan kendaraan Toyota menjadi semakin mudah, mulai dari pemesanan THS – Auto2000 Home Service, melacak status servis, hingga simulasi perhitungan pembiayaan (leasing).​​​​​​​

Sebagai informasi Auto2000 Digiroom merupakan transformasi baru dari website Auto2000.co.id yang kini menjadi e-commerce website untuk penjualan mobil, suku cadang, dan aksesoris resmi Toyota di Indonesia. 



auto2000 tulang bawang
foto ;auto2000.co.id


Berawal dari jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang berdiri sejak tahun 1975 dengan nama Astra Motor Sales, dan baru pada tahun 1989 berubah nama menjadi Auto2000 dengan manajemen yang sudah ditangani sepenuhnya oleh PT. Astra International Tbk.

Dengan website baru Auto2000.co.id,  Auto2000, salah satunya  Auto2000 Tulang Bawang berusaha mendorong batasan transaksi pembelian mobil Toyota di platform digital. 

Sebagai informasi tambahan, Auto2000 Tulang Bawang Lampung beralamat di Jl.Lintas Timur Kelurahan Agung Dalam 2000 Tulang Bawang Lampung. Jam operasional Senin-Jumat jam 08.00-16.00 sedangkan Sabtu jam 08.00-13.00. Untuk berbagai promo, Auto2000 Tulang Bawang mengadakan promo secara berkala yang bisa di cek di website.

Dengan berbagai kemudahan ini, kini, pelanggan juga dapat melakukan pembelian kendaraan baru, purna jual, suku cadang, aksesoris, serta Trade In dan pembelian mobil bekas (bekerjasama dengan Astra Auto Trust) dalam satu layanan saja. #

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin