FBB
KEB

IHB

5 Persiapan Travelling Bersama Balita

Membawa anak balita untuk melakukan travelling, memang memerlukan persiapan yang agak rumit dari biasanya.namun semuanya tentu saja bisa dilakukan, bila sudah terencana dengan baik.

travelling bersama balita
foto :tripzilla indonesia


Bulan depan, kami berencana travelling ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Dari tempat tinggal kami sekarang, yakni Banjarmasin, Balikpapan tergolong relatif jauh. Khususnya karena kami merencanakan bepergian lewat jalur darat saja.

Oh iya, jalur udara tentu saja bisa. Namun entah kenapa, biayanya bisa dikatakan mahal. Meskipun sama-sama satu pulau, namun tiket pesawatnya mirip dengan perjalanan ke pulau Jawa.

Balikpapan sendiri berjarak 480 km dari Banjarmasin. Waktu tempuhnya bilamenggunakan jalan darat rata-rata 13-15 jam. Lumayan juga kan?

Rencananya bukan hanya keluarga kecil kami yang bepergian,namun juga mengajak adik saya sekeluarga.jadi intinya akan ada dua keluarga dalam satu mobil yang akan berangat.

Kami merencanakan akan mengunjungi beberapa tempat wisata disana. Tentu saja perjalanan ini sudah kami persiapkan jauh-jauh hari, sehingga nanti tak tergesa-gesa bila tiba saatnya.

Masalahnya, salah satu ponakan saya,masih balita. Artinya harus ada persiapan khusus yang dilakukan adik saya, karena mengajak anak balitanya untuk ikut dalam perjalanan ini. Apalagi waktu tempuhnya yang lumayan panjang.

5 Persiapan Travelling bersama Balita

Tentu ini memerlukan persiapan tersendiri. Ini beberapa persiapan ,khususnya yang dilakukan oleh adik saya sebelum membawa balita-nya travelling dengan kami.

Menyiapkan perjalanan sederail mungkin

Karena perjalanan lumayan jauh dan kami perlu beberapa hari melakukan wisata ini maka perlu banget mengatur ittenary sedetail mungkin. Mulai dari awal perjalanan, tempat wisata yang akan dikunjungi sampai rencana-rencana lain selama di Balikpapan.

Kami juga sudah mengatur dari jauh hari baik soal budget maupun penginapan yang cocok selama di kota tujuan. Tak lupa juga, mengamati dari sekarang wisata kuliner yang wajib kami datangi sampai tempat berburu oleh-oleh. Bakal seru pastinya.

Mempersipakn keperluan harian balita jauh-jauh hari

Adik saya sudah membuat list apa saja yang wajib dibawa,khususnya buat keperluan dirinya dan tentunya saja buat balitanya. Buat balita misalnya akan dipersiapkan pakaian yang cocok, khususnya selama perjalanan kemudian di tempat tujuan nanti. Tidak terlalu banyak, namun tentu juga tak sedikit. Peralatan mandi juga lengkap disiapkan bahkan jauh-jauh hari.

Buat diri sendiri tentu nggak lupa. Hal sederhana,seperti membawa shampoo micellar, sabun mandi bahkan skincare sudah masuk dalam list. Kalau pakaian sudah jelas bahkan disiapkan pakaian untuk “ sesi pemotretan”. Tentu bukan buat sampul majalah tapi untuk feed instagram hehe

Asupan makanan selama di perjalanan maupun di tempat tujuan

Agar perjalanan semakin menyenangkan, jangan lupakan pula asupan makanan utama dan cemilan. Apalagi ketika membawa balita, agar tak rewel pastinya selama perjalanan. Mungkin ketika sudah dekat waktunya, persiapannya akan lebih detail lagi.

Sedapat mungkin mencari tempat wisata ramah anak

Apakah ada? Tentu ada dong. Kami masih me-list lagi tempat wisata terbaik yang ramah anak. Mungkin beberapa pantai indah seputaran kota Balikpapan bisa masuk dalam list perjalanan kali ini.

Kami akan mengunjungi juga sanak saudara yang masih berada dalam kota saja. Kemudian beberapa tempat lain yang menarik. Oh iya, tak lupa juga sudah ada list wisata kuliner. Terutama ke rumah makan dengan menu kepiting yang legendaris di Balikpapan.

Mengkomunikasikan dengan anak sesuai usianya

Siapa bilang balita belum bisa diajak bicara tentang travelling? Tentu sudah bisa dong. Walaupun dengan pemahaman yang sederhana dan akan menyenangkan bagi si kecil. Jauh-jauh hari sudah akan dikomunikasikan tentang perjalanan wisata ini.

Menarik kan? Bagaimana, apa kalian punya ide lain apa yang wajib dilakukan ketika membawa balita berwisata? Tulis di komentar ya.

Semoga bermanfaat    

 

  


1 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Makasih buat tipsnya Mbak.
    Catat dulu, mana tau ntar kalo punya anak, anaknya juga suka traveling. 😂

    BalasHapus