FBB
KEB

IHB

Cara Mendaftar Pondok Pesantren Dalwa Bangil Pasuruan

Rabu lalu, 25 januari 2023,akhirnya si adek lulus tes Pondok Pesantren Dalwa. Apakah Dalwa itu? Ada yang tau? Bagaimana cara mendaftar PP Dalwa?  simak aja ya tulisannya sampai habis ya.


ponpes dalwa



Apa kepanjangan Dalwa?

Kali ini aku spesifik membahas sebuah pondok pesantren. Pondok Pesantren Dalwa singkatan dari Darullughah Wadda'wah. Letak pondok ini di Raci, Bangil, Pasuruan Jawa Timur,Indonesia.

pondok ini menyelenggarakan pendidikan pondok dan sekolah umum juga (dari MI, MTs,MA, S1 dan S2). Semua sekolah formal akreditasinya A. Bisa serching sih buat keterangan lebih lanjutnya ya.

Kalau anak aku inshaAllah akan masuk MA di Dalwa (tamat Mts/ SMP).

Ponpes Dalwa aliran apa? 

Banyak juga yang menanyakan ini. Di lihat dari website Dalwa, pendidikan yang diajarkan di Dalwa sama dengan pendidikan pesantren Ahlussunnah wal Jamaah atau pesantren NU yang ada di Jawa Timur. Intinya ini pesantren NU sih (bukan muhammadiyah)

Emang perlu ya tahu? Menurut aku sih perlu banget. Paling nggak,biar ibadahnya sama dengan ibadah di rumah ya kan?

Siapa pemilik pondok Dalwa?

Pondok Pesantren Dalwa berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Darullughah Wadda'wah. Pondok ini didirikan oleh  pendiri (muassis) Habib Hasan Baharun.

Bagaimana cara daftar Dalwa?

Dalwa membuka pendaftaran di bulan Rajab (januari 2023). Namun sebelumnya silakan gabung dulu ke grup provinsi masing-masing. Ada katerangannya di website Dalwa siapa saja yang ditunjuk sebagai wakil Dalwa di daerah (mereka biasanya alumni Dalwa.

hampir semua provinsi di Indonesia ada cabang dalwa,nah gabung ke grup dl.Nanti akan ada info selanjutnya termasuk persyaratan dan tes.Biasanya pendaftaran di buka 3 hari online dari pusat. namun hati-hati,kuotanya cepat penuh.jadi kalau sudah ada link online nya segera daftar saja.

Tes Dalwa apa saja?

Yang jelas masuk Dalwa harus sudah lancar membaca al Quran beserta tajwidnya, karena ilmu dasar ini tak diajari lagi di Dalwa. So, pastikan kalau mau masuk Dalwa sudah bisa baca AlQuran dengan baik ya.karena ini memang dasar ilmu selanjutnya.

kemudian tentu kemampuan dasar menulis surah al quran dan membaca kitab . Kitabnya bukan kitab gundul kok. Kalau dah bisa baca al Quran pasti bisa juga baca kitab nya (kitab dasar tentang akhlak)

Skill lain tentu lulus pas interviewnya dan orang tua sanggup membayar segala biaya, baik uang pendaftaran, uang pangkal sampai uang bulanannya kelak.

Berapa biaya masuk Ponpes Dalwa?

Lagi-lagi ini  tergantung tujuan. Ada yang mau pondok aja,ada yang masuk MI,MTs,MA  atau kuliah. Biaya pendaftaran 2023 mungkin sama semua ya : Rp 500.000. Nanti akan ada uang pangkal (Rp 13.500.000 untuk tingkat MA) dan bulanannya  850.000 (termasuk uang listrik, iuran wajib, loundry) sampai biaya beli parabola Dalwa TV (belum ada info).

Pembayaran uang pangkal, deadline nya kurang lebih 1 bulan setelah lulus tes untuk 2023.Kurang tahu kalau sebelumnya. 

Oh iya nanti akan ada lagi biaya keberangkatan, karena berangkatnya rombongan.Untuk wilayah Kalsel per santri 2.060.000

Sekian dulu cerita soal Dalwa, ntar kapan-kapan mau dilengkapi lagi. Terima kasih sudah membaca ya. 

Semoga bermanfaat




 

2 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Anak saya pingin banget masuk pesantren Dalwa, tapi saya ngak mampu biayanya apakah bisa dapat keringanan biaya, terus terang saya kesulitan banget semenjak ayahnya meninggal, kasian melihat selalu berdoa semoga mama bisa masukan aku ke pesantren Dalwa, tapi apa boleh buat keadaan bener2, belum cukup, mudahan Allah beri jalan pas lulus nanti, amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. InshaAllah ada jalannya bu.Dalwa sebenarnya juga ada beasiswa full gitu bu,masuk tanpa biaya sama sekali setau saya. Tapi, bisa hubungi pihak Dalwa nya bu buat tahu info2nya, semoga Allah berikan jalan keluarnya bu.Aamiin ya Allah

      Hapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin