FBB
KEB

IHB

Takut Cuan Hilang? Coba “Parkir” di Reksadana Pasar Uang

reksadana pasar uang
sumber foto : https://market.bisnis.com/read/20220405/92/1519317/ini-jenis-transaksi-yang-akan-dikenakan-bea-meterai-reksa-dana


Menghadapi kondisi pasar modal yang terkadang fluktuasinya tinggi akibat pelemahan ekonomi, Reksadana Pasar Uang bisa menjadi alternatif untuk memarkir dana sementara bagi investor. Isu resesi menjadi topik hangat di kalangan investor saat ini. Oleh sebab itu, menaruh dana pada instrumen Pasar Uang adalah strategi yang tepat.

Seperti telah diketahui bahwa return yang dihasilkan oleh Reksadana jenis Pasar Uang berpotensi memberikan hasil positif. Maka tak heran jika banyak kalangan lebih memilih memarkir dana mereka pada Pasar Uang saat fluktuasi terjadi.

Mengapa “Parkir” Dana di Reksadana Pasar Uang Merupakan Strategi yang Tepat?

Bagi investor tipe konservatif maupun moderat, mengalokasikan dana pada instrumen Pasar Uang adalah pilihan yang tepat. Namun, bukan berarti investor tipe agresif tak menaruh sebagian aset mereka pada instrumen dengan risiko paling rendah ini.

Investor berpengalaman sering kali memilih Pasar Uang sebagai salah satu strategi untuk memarkir dana mereka sementara waktu. Pasalnya, Reksadana jenis Pasar Uang dianggap lebih aman di tengah kondisi pasar yang sedang naik turun.

Umumnya, para investor tipe agresif akan menaruh dana mereka untuk sementara waktu pada instrumen Pasar Uang sambil menunggu resesi mereda. Saat kondisi pasar sudah membaik, mereka pun akan mengambil dana yang “diparkir” tersebut lalu dimasukkan kembali pada instrumen yang sesuai dengan profil investasi yang dimiliki.

Bagaimana Cara Investasi Reksadana Jenis Pasar Uang yang Jitu?

Di antara jenis Reksadana lainnya, Pasar Uang memang masih menjadi pilihan instrumen investasi yang difavoritkan. Namun, meskipun demikian, terdapat beberapa tips penting yang perlu diketahui sebelum memarkir sementara dana yang Anda punya pada instrumen Pasar Uang.

1.     Mempelajari Prospektus secara Menyeluruh

Sekalipun Reksadana jenis Pasar Uang memiliki Manajer Investasi yang bertugas untuk mengelola dana Anda. Namun, tak ada salahnya jika Anda juga melakukan analisis terhadap produk Reksadana yang akan dipilih.

Hal ini penting untuk dilakukan terlebih jika Anda berniat untuk memarkir dana dalam jumlah yang cukup besar. Silakan mengecek secara menyeluruh rekam jejak hingga likuiditas Reksadana yang dijalankan.

Pastikan pula untuk menelisik kepemilikan izin produk Reksadana dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

2.     Memilih Manajer Investasi yang Tepat

Cara investasi Reksadana Pasar Uang selanjutnya adalah dengan memilih Manajer Investasi yang tepat. Saat berinvestasi pada produk atau instrumen investasi Reksadana, maka Anda harus mempercayakan seluruh dana yang dimiliki untuk dikelola oleh Manajer Investasi.

Oleh sebab itu, pelajarilah performa setiap Manajer Investasi lebih dulu. Manajer Investasi yang berpengalaman dan terpercaya tentu memiliki rekam jejak yang baik.

Tak hanya itu, mereka pun akan memberikan keuntungan optimal dari setiap dana yang dikelolanya. Ceroboh dalam memilih Manajer Investasi sama saja dengan merugikan diri Anda sendiri.

3.     Perhatikan Jumlah Dana Kelolaan

Jangan lupa untuk mengetahui jumlah dana kelolaan yang dimiliki oleh setiap instrumen Reksadana. Hal ini sangat perlu Anda pertimbangkan mengingat AUM atau Asset Under Management menjadi salah satu penilaian kepercayaan investor terhadap dana investasi yang mereka masukkan.

Dana kelolaan dengan performa yang baik tentu akan menjadi pertimbangan penting bagi setiap investor. Faktor ini juga bisa dijadikan prediksi untuk mengecek perkembangan profit yang dihasilkan pada periode waktu tertentu.

4.     Mengetahui Detail Biaya yang Dibebankan

Saat ingin memarkir dana Anda untuk sementara waktu lewat instrumen Pasar Uang, jangan hanya fokus pada return yang dihasilkan. Anda juga wajib memperhatikan setiap biaya yang dibebankan di dalamnya.

Karena berinvestasi lewat Reksadana Pasar Uang memerlukan pihak pengelola keuangan yaitu Manajer Investasi, maka tentu saja Anda wajib memberikan imbalan kepada mereka. Beban biaya pengelolaan yang diberikan kepada Manajer Investasi disebut dengan istilah management fee.

Umumnya, biaya yang dibebankan oleh Manajer Investasi setiap perusahaan akan berbeda-beda. Oleh sebab itu, para investor sebaiknya mencari tahu besaran pembagian keuntungan setiap Manajer Investasi secara lebih detail.

Jangan sampai Manajer Investasi yang Anda pilih memiliki sistem bagi hasil yang sangat besar tapi dengan kinerja yang biasa-biasa saja atau bahkan hanya memberikan kerugian pada portofolio. Bukannya untung, Anda malah buntung dalam berinvestasi. 

Investasi Reksadana Pasar Uang Makin Nyaman bersama DBS Treasures

Dbs treasures
sumber foto : https://www.dbs.id/digibank/id/id/articles/investasi-reksadana-pasar-uang-yuk-simak-untung-ruginya



Anda bisa mempercayakan DBS Treasures saat ingin memarkir dana untuk sementara waktu lewat instrumen jenis Pasar Uang. Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki DBS Treasures dan bisa menguntungkan Anda ketika menjadi nasabah perbankan prioritas DBS Treasures:

1.     Pengelolaan Investasi Oleh Profesional

Semua jenis pilihan investasi Reksadana dikelola dengan baik oleh para Manajer Investasi yang bermitra dengan DBS Treasures.

2.     Dapatkan Wawasan Untuk Memandu Anda Berinvestasi

Para investor bisa berinvestasi secara lebih maksimal karena didukung oleh para tim ahli finansial.

3.     Mengurangi Risiko Melalui Diversifikasi

Anda mendiversifikasikan penyebaran dana ke berbagai jenis aset investasi untuk mengurangi risiko kerugian.

4.     Transaksi Reksadana Menjadi Lebih Mudah

Proses jual, beli, switching hingga registrasi SID (Single Investor Identification) dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi ini juga memudahkan Anda untuk memilih berbagai jenis Reksadana yang diinginkan.

Bersama DBS Treasures, Anda didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengkomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portfolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML).

Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Yuk, saatnya investasi Reksadana Pasar Uang di DBS Treasures sekarang juga. Informasi lebih lengkap bisa Anda lihat lewat situs resmi DBS berikut ini  https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/apa-itu-Reksadana-dan-saham.

3 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Sampai sekarang masih tidak terlalu mengerti tentang investasi Reksadana. Tapi ingin belajar investasi juga

    BalasHapus
  2. kalau bijak dan cakna...maka semuanya jadi mudah...saya belum faham sangat tentang inventasi

    BalasHapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin