FBB
KEB

IHB

21 Hari Mencari Cinta

kebiasaan baik dari 21 hari
foto : el samara




14-12-2023



Judulnya beneran tendensius. Mungkin bisa kali ya kapan-kapan dibuat novel trus diangkat ke layar bioskop haha. 

Tendensius ini kata-kata yang diucapkan oleh capres nomer urut 2 menanggapi pertanyaan capres nomer urut 3,kalau nggak salah ingat sih. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tendensius memiliki arti bersifat berpihak. Tendensius juga berarti suka menyusahkan (melawan) atau rewel. Berdasarkan buku Kamus Kata-kata Serapan Asing dalam Bahasa Indonesia (2003) oleh Yus Badudu, tendensius memiliki arti mengandung maksud atau tujuan tertentu. (kompas.com)

Kalau judul diatas lebih masuk ke arti yang dipaparkan oleh pak Yus Badudu. Jadi ya, memang mengandung maksud dan tujuan tertentu.
begitu kira-kira.

***

Hari yang biasa aja.Keseringannya banyak ngantuk dan tidur, healing terbaik dalam hidup ini, iya kan? agak jauh dari kata produktif sih.tapi tak apa.

Prinsipnya sih, kalau lelah, ya berhenti dulu. Istirahat sebentar.Kalau dah siap lagi, ya mari kita lanjutkan perjalanan. mau sendiri, mau berdua, mau berlima, ayokkk aja hahaha. Sesantai itu sih.

Jangan lupa, sesungguhnya tanggung jawab hidup ada pada diri sendiri...

Hari keempat belas di bulan Desember

Desember yang rasa-rasanya memang berbeda .Berbagai kebiasaan baik ,mulai "kami" jalani lagi.Kenapa kami, karena ini cerita berdua sama suami haha.Walau kebiasaan yang dibangun beda-beda, ah gpp, intinya yang penting baik aja. Masih dalam proses semuanya.

Oh iya, percaya nggak kalau memulai kebiasaan kecil itu sebenarnya hanya butuh konsistensi 21-40 hari. Kalau 40 hari rasa-rasanya berat banget,bisa dicoba selama 21 hari dulu.

Tapi catatannya, ya nggak bisa ke skip.Kalau ke skip, berarti ulang dari awal. Misalnya nih, pengen membiasakan diri buat sholat dhuha rutin. Nah, laksanakanlah 21 hari terlebih dahulu tanpa ada yang kelewat ya. Kalau kelewat bisa dimulai dari awal lagi.

Ada semacam catatan juga biar kehitung jumlah harinya, kalau ingatannya agak-agak lelet kayak aku ya. Kalau sudah berhasil bisa lanjut 40 hari.

Nah, salah satu kebiasaan yang pernah aku dan seorang teman lakukan adalah men-challange diri kami agak bisa membaca surah al fatihah 100x per harinya selama 40 hari. Hahaha. Awal-awal ini berasa mudah karena masih semangat.Nah ketengah-tengahnya mulai agak susah dan berat.

Tapi karena ini tantangan berdua, kami bisa saling mengingatkan. Kadang-kadang bahkan malam banget mau tidur baru ingat belum melaksanakan tugas.Walhasil, 40 hari terlewati dengan sukses. Apakah kebiasaan tersebut berlanjut? alhamdulillah,

Sebenarnya banyak beberapa tantangan yang mau dicoba.Cuma agak nggak yakin bisa melewatinya dengan baik. Mungkin nanti mau nyoba lagi beberapa.

Oh iya soal 21 hari ini sebenatnya ada teorinya. Teorinya katanya diciptakan oleh ahli bedah plastik Maxwell Maltz merilis buku berjudul Psycho-Cybernetics pada 1960 yang kelak jadi populer. Dalam interpretasinya di buku tersebut, Maltz menyatakan, manusia cuma perlu 21 hari untuk mengubah kebiasaan dan membentuk kebiasaan baru.

Walau akhir-akhir ini teori tersebut terbantahkan oleh seorang  peneliti dari California Institute of Technology (Caltech), University of Chicago, dan University of Pennsylvania menemukan ketimbang magic number 21 hari, orang membentuk kebiasaan lebih lama, yakni sekitar 4-7 bulan untuk terbiasa rutin berolahraga. (detik.com)

Intinya sih 21 hari kurang banyak ya.

Tapi ya menurutku sih nggak apa-apa.Daripada tidak mencoba sama sekali kan? kalau sanggup 21 hari, ya lanjut 40 hari terus lanjut lagi sampai benar-benar jadi kebiasaan.

Ada yang pernah mencoba juga tantangan macam ini? Kalau belum, ayo coba dan mulai beberapa hal kecil tapi InshaAllah membawa pengaruh baik ke kehidupan kita.

Semoga bermanfaat.


11 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. waww judul yang menarik, kadang membedakan nafsu dan cinta suka bingung teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha,tapi tulisannya bukan ttg cinta dan nafsu :) *judul click bait* haha

      Hapus
    2. Apakah hanya baca judulnya saja ,oopppsss.🤭

      Hapus
    3. hahahaha sengaja judulnya kali ini hiperbola mas Agus :)

      Hapus
  2. Sama kak, mbul juga lagi rajinkan lagi kebiasaan semasa sekolah dulu. Rajin dhuha dan tahajud hihi...semoga semuanya berjalan lancar dan sesuai goal ya, tapi dijalankan saktekane aja...slow but sure ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuihh keren Mbul.Aku juga nih masih bercita2 istiqomah dalam byk hal, semoga terwujud,aamiin. sama, slow but sure yaaa kita

      Hapus
  3. Iya sih, ada yang bilang untuk membuat kebiasaan baru butuh sekitar 40 hari, baru tahu kalo bisa dicoba 21 hari.

    Dulu waktu kena PHK pernah coba sholat wajib 5x sehari, biasanya bolong-bolong. Kalo ngga salah tiga bulan ada lah, lebih dari 40 hari ya.

    Tapi setelah kerja lagi kok kembali bolong-bolong.😂

    Kayaknya yg utama niat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah mas Agus,klo sholat 5 waktu wajib bgt,gak boleh bolong2 donk haha.Ayo semangattt

      Hapus
    2. iya mas Agus,bisa dicoba 21 hari dulu dan konsisten jadi kunci semuanya hehe.semoga dilancarkan kalau ada niatnya.

      Hapus
  4. Aku pernah mba challenge, di awal jujurly berat banget karena emang ga terbiasa. Tapi setlah dilakukan rutin selama berhari-hari bahkan berbulan-bulan jadi kebiasaan, yang kalau ga dilakukan ga enak. Kayak ada yang ganjel di hati. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha benar bgt, ada yang terasa hilang kalau nggak dilakukan ya.Alhamdulillah, hal baik memang harus terus kita pertahankan, iya kan?

      Hapus