Kamis, 24 Januari 2019

6 LANGKAH AGAR TAK GAGAL MENABUNG UANG TUNAI


Gagal menabung uang tunai sering menimpa siapa saja. Simak beberapa penyebabnya.

Hallo..
Sudah lama nggak menulis soal tips keuangan, pasti karena kelamaan liburan hahaha. Padahal siapapun tahu, habis liburan yang menghabiskan banyak uang, kita harus kembali menabung dan menabung lagi. Benarkah demikian?


Eniwei, jangan keburu baper dengan judul diatas. Kita gagal menabung? Elo kaliii.. yup, jujur saya akui, saya memang seringkali gagal menabung dan bisa banget dijadikan contoh bahan tulisan ini hehe..

Kegagalan saya dalam menabung bukan sekali dua kali. Atau sebulan dua bulan. Seringkali. Alasannya bejibun dan sudah nggak jelas apa. Haha.

Intinya sih sebenarnya menabung bisa terealisasi jika seseorang bisa menerapkan secara rutin, menahan sejumlah keinginan, dan (idealnya) menyisihkan 30% dari penghasilan. Wow, banyak banget yakk (buat saya) hahaa

Yes, rumus umum yang biasa digunakan agar keuangan lebih baik adalah gaji bulanan harus langsung disisihkan sebesar 30 persen untuk tabungan. Nah sisanya baru sisanya digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai cicilan, harian, hingga bersenang-senang.

Baiklah, mari kita simak beberapa hal yang membuat saya, kamu atau siapa saja GAGAL MENABUNG UANG TUNAI :

1. Gaya Hidup
Mungkin ada benarnya, gaji naik sedikit, gaya hidup langsung meningkat. Itu cuman gaji. Apalagi bila jabatan yang meningkat. Bisa dipastikan gaya hidup berubah total huhu.

Padahal ideal tidak demikian. Gaji boleh meningkat, jabatan boleh berganti, tapi gaya hidup kita mestilah tetap slow, tetap sederhana. Kelebihan uang bisa digunakan untuk menabung uang tunai lebih banyak bukan?   

Kebiasaan lain yang bikin susah menabung adalah kebiasaan nongkrong. Hahaha. Gaul emang penting guys, tapi kalau sudah berlebihan? Wow, ini sangat menggerogoti keuangan. Ujung-ujung tidak ada lagi dana yang bisa ditabungkan.

2.Kebiasaan Menunda

Pernah seperti itu? Saya banget. Jadi mau menabung rasanya berat banget. Banyak pertimbangannya. Bahkan kadang mikirnya besok-besok deh.

Wow, buat kamu yang berniat nabung jangan ditunda. Begitu ada uang lebih di awal bulan atau dan fee sebagai freelancer  sudah datang, misalnya, segeralah menabung.   

3.Rekening Tabungan Tidak Dipisah
Ini juga kesalahan besar teman-teman. Kalau kamu ada niat untuk menabungs egera buat rekening baru. Rekening khusus buat tabungan yang tentu saja tidak diutak-atik kecuali memang darurat atau memang ada niat tertentu misalnya untuk naik haji hahaha.

4.Khawatir Tidak Cukup
Hmmm...kadang kita malas menabung uang tunai karena takut atau khawatir soal kekurangan di hari esok. Apalagi mengingat kebutuhan hidup yang tak murah, belum lagi jika harus diberatkan oleh segala macam cicilan.
Cara yang bisa kamu lakukan salah satunya adalah memotong pos pengeluaran yang tidak perlu kemudian mengalokasikan untuk menabung.  

5.Tidak Memiliki Target Finansial
Ada yang seperti ini? Ada banget. Jadi kamu cenderung menghabiskan semua uangmu tanpa memikirkan soal tabungan karena memang tidak ada hal di masa depan yang ingin kamu beli atau kamu rencanakan.

Ibaratnya tidak ada target keuangan yang jelas. Apalagi bila kamu masih single dan berpikir masih ada hari esok buat menabung dan nikmati apa yang diperoleh di hari ini hehehe.

Buat yang sudah menikah, mungkin target keuangan yang seharusnya dimiliki tentu sangat banyak. Salah satu buat pendidikan anak-anak kedepan. Kamu tidak memiliki target itu dengan menabung atau menundanya? Hmmm..

6.Tidak Sejalan Dengan Pasangan
Bahasa lainnya kamu tidak memiliki kesamaan pikiran dengan pasangan soal keuangan termasuk soal menabung. Seharusnya hal ini dikomunikasikan dengan baik bersama pasangan.
Jangan sampai satunya sibuk menabung, sedangkan pasangan sibuk nongkrong dan menghabiskan uang secara berlebihan. Hehehe..

Sekian dulu sharring dari saya. Semoga setelah ini saya, kamu atau siapapun yang membaca postingan ini tidak lagi gagal menabung ya
Semangat..


RELATED POST :




7 komentar:

  1. aku tuh termasuk susah menabung. tapiiiii sjk kerja di bank, akhirnya jd ngerti gmn caranya supaya menabung itu bisa lebih disiplin. kalo aku, dgn menanam uang di reksadana, obligasi dan asuransi utk proteksi. penting banget itu. aku pake sistem yg otomatis debit pula. jd mau ga mau memang hrs nyisihin uang utk itu. trus utk keperluan sehari2, aku juga bikin post2 khusus, yg mana lgs aku sisihin. jd ga bakal kepake.

    krn hobiku traveling , aku jg bikin tabungan khusus traveling yg lgs aku sisihin dr gaji. khusus utk traveling, aku memang lbh bisa disiplin secara itu udh kyk kebutuhan primer yg memang hrs dipenuhi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah keren mbakkk..
      iya bener. salah satu tips penting juga adalah pakai sistem debet langsung. jadi otomatis memaksa kita buat nabung..
      makasih sharring pengalamannya ya

      Hapus
  2. sebaiknya menabung didahulukan ya, kalau gak pasti ada saja alasan untuk pengeluaran yang lain

    BalasHapus
  3. nah bener mbak.menabung selain dibiasakan juga harus didahulukan dalam pengeluaran :)

    BalasHapus
  4. Zaman now ni gaya hidup pang biasany yang meolah kebutuhan membengkak. Lalu aja kada pernah cukup. Heee

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahha kebanyaka gaya ..wati lah..lupa menabung akhirnya

      Hapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar