Kamis, 10 Januari 2019

BAGAIMANA MENJAGA KESEHATAN DI MUSIM PENGHUJAN ?



 
sumber : ipapa.co.id

 
Musim penghujan telah tiba. Bila tidak cakap menjaga kesehatan, kamu dengan mudah terjangkit berbagai penyakit di musim ini. Apalagi bila sudah ada banjir, yang tentu saja bibit berbagai penyakit. Menjaga kesehatan di musim penghujan memang wajib hukumnya.


Berbagai penyakit yang kamu  anggap “ringan” sampai berat bisa saja hadir. Penyakit ringan yang dimaksud misalnya pilek hingga batuk yang gampang menyerang anak-anak maupun orang dewasa.

Lalu bagaimana menjaga kesehatan di musim penghujan? Memang, pada dasarnya, tidak ada salahnya selalu berupaya untuk menjaga kesehatan di musim hujan. Selama upaya tersebut masih bisa kamu lakukan.
Sebenarnya banyak cara-cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan di musim hujan. Yang penting syaratnya telaten dan bersungguh-sungguh melakukannya. Dan konsisten juga.  

Ini beberapa cara yang bisa dilakukan

1.Konsumsi makanan bergizi dan suplemen vitamin
Memang biasanya tubuh tidak otomatis menyesuaikan dengan kondisi lingkungan. Itulah mengapa ketika memasuki musim hujan kita cenderung merasa tidak nyaman. Apalagi bila memang sudah dalam kondisi tubuh yang tidak bagus.

Proses yang dilalui inilah biasanya yang rentan terserang penyakit. Untuk itulah makanan yang baik diperlukan. Selain konsumsi vitamin untuk menjaga kestabilan sistem imum. Vitamin C bagus buat tubuh. Selain suplemen,banyak buah-buahan yang mengandung vitamin C ini seperti jeruk, tomat dan jenis buah-buah lainnya.

2.Lebih maksimal jaga kesehatan
Kelembaban di musim hujan lebih tinggi. Penyakit lebih banyak mampir. Kamu harus menjaga kesehatan lebih maksimal. pastikan kamu selalu higinies setiap harinya. Misalnya dengan membiasakan mencuci tangan setiap sampai di rumah, menyentuh obyek atau sebelum dan sesudah makan bahkan setelah dari toilet.

Mencuci makan dengan air saja tentu tidak cukup, cucilah dengan sabun disinfektan agar bakteri bisa dihilangkan.

3.Bersihkan lingkungan
Ayo, sekarang saatnya bersih-bersih lingkungan. Jangan sampai air hujan tergenang dan kemudian menimbulkan jetik nyamuk yang mendatangkan penyakit. Kemudian bakar atau bersihkan sampah agar tidak menumpuk.

4.Jaga asupan cairan
Pentingkah? Pastinya. Cairan bisa diperoleh dari air yang kita konsumsi setiap harinya minimal delapan gelas sehari. Kemudian bisa ditambah dari asupan buah-buahan yang mengandung air.

5.Istirahat yang cukup
Penyakit cepat datang bila tubuh lelah karena kurang beristirahat. Upayakan beristirahat yang cukup  agar tubuh tetap terjaga kesehatannya di musim hujan.

Selamat menjaga kesehatan ya teman-teman..


RELATED POST :

MUSIM HUJAN LIBURAN KEMANA?  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar