Kamis, 17 Januari 2019

MENJELAJAH WISATA BANDAR LAMPUNG


Assalamualaikum,

Hallo. Semoga sehat semua. Kali ini aku ingin berbagi tentang wisata di Bandar Lampung (Tanjung Karang). Pada tahu kan di letaknya dimana? Hehehe. Minimal tahu dari peta yeee kan? Baiklah kita mulai yaa.

Bandar Lampung atau Tanjung Karang merupakan ibukota dari provinsi Lampung. Di kota ini penduduknya beragam suku di Indonesia. Dua suku yang mendominasi adalah suku Lampung dan suku Jawa. Lainnya lagi adalah suku-suku di pulau Sumatera dan beberapa daerah di Indonesia.

Menuju Bandar Lampung sangat mudah. Kalau dari Jakarta tinggal naik mobil pribadi ke Merak Banten. Atau bisa juga naik bis ke Merak kemudian nyebrang ke Bakauheni, Lampung Selatan selama 3-4 jam di Selat Sunda. Sampai Bakauheni, sekitar 3 jam lagi perjalanan sudah sampai Bandar Lampung.

Lebih praktis lagi naik Damri Jakarta-Bandar Lampung. Dijamin nyaman. Berangkat jam 8 malam, jam 5-6 subuh sudah sampai Bandar Lampung. Cuman pas nyebrang tetap harus keluar dari bis sih semua penumpang dan mencari tempat di dalam Kapal hehehe.

Lebih gampang lagi tentu saja naik pesawat ke Bandar Lampung. Dari Jakarta hanya 45 menit. Dulu sih masih banyak tiket promo tapi sekarang jamannya tiket mahal. Termasuk ke kota ini. Huhu..

WISATA BANDAR LAMPUNG

Bandar Lampung termasuk kota yang nyaman. Kotanya tergolong bersih meskipun tidak terlalu besar. Bahasa yang digunakan sehari-hari di kota ini adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Lampung dan Bahasa Jawa. Cuman yang umum, ya bahasa Indonesia.

Kota yang terletak di pinggir laut ini tentu saja mempunyai banyak sekali pantai. Beberapa lainnya adalah air terjun sampai bukit. Wow, pokoknya nggak seru kalau ke kota ini kalau melewatkan wisata pantai.

Oh iya pantai terdekat dari Bandar Lampung  bisa kita temui di sepanjang jalan dari Bakauheni menuju Bandar Lampung (Kalianda) dan di daerah Pesawaran.
Yuks, ini beberapa diantaranya

Pantai Pasir Putih
Pada jamannya, pantai ini nge-hits banget (hahaha). Saat belum banyak ditemukan pantai lain di Lampung maksudnya. Letaknya di Kalianda. Pantai ini penuh batu karang.


  
Cuman akhir-akhir ini kok pantai ini terlihat kotor ya. Banyak sampah. Sayang banget. Padahal lumayan enak buat anak-anak main pasir dan berenang loh.


Pantai Mutun dan Pulau Tangkil
Pantai ini beken di Bandar Lampung. Maklum jaraknya dekat dari Bandar Lampung.

Hanya berjarak 10 km dari pusat Kota Bandar Lampung, pantai berpasir putih ini tentu saja menarik guys. Berenang, main pasir sampai menikmati aneka water sports, seperti banana boat.


Disini tersedia fasilitas termasuk parkir dan toilet umum. Bahkan terdapat mini water boom di dalam kompleks pantai. Dari pantai ini bisa mengunjungi Pulau Tangkil yang dapat ditempuh hanya dengan waktu 10 menit perjalanan  mengendarai boat. Di sini, pasirnya juga putih dan air pantainya bening.




pantai Sari Ringgung


Pantai Sari Ringgung dan Pantai Klara
Wew, kedua pantai di daerah Pesawaran ini berdekatan. Tetanggaan hehe. Dan keduanya menawarkan pemandangan pantai yang indah.

Pantai Sari Ringgung dekat dengan ke Pulau Tegal Mas. Pantai ini dilengkapi dengan gazebo untuk bersantai juga. Disini juga bisa kamu temui keberadaan masjid apung. Masjid apung Al-Aminah merupakan bagian dari komplek kampung terapung para nelayan. Pantai ini juga dilengkapi dengan aneka water sports.

Oh iya, di pantai Sari Ringgung juga merupakan akses ke Pulau Pahawang yang beken itu. Cuman perlu persiapan banyak hal bila ingin ke Pahawang.

AIR TERJUN TAMAN WAN ABDUR RAHMAN
Disini benar-benar wisata alam yang butuh energi. Ada penangkaran rusa di taman ini. Dan yang unik lagi ada air terjunnya loh. Cuman air terjunnya jauh dan harus ditempuh dengan berjalan kaki  hahahaha.


air terjun (dok: pribadi)

menuju air terjun (dok :pribadi)


 
perjuangan menuju air terjun (dok :pribadi)

 
Sekian dulu ah cerita wisata Bandar lampung. Ini baru beberapa. Hehehe.kalau ka Bandar Lampung jangan lupakan mpek2nya.walau lebih terkenal mpek2 Palembang, mpek2 Bandar lampung tak kalah enaknya. Hmmm..




mpek2 Rusdan (dok :pribadi)


RELATED POST :



  

7 komentar:

  1. Itu pemandangan pantai Sari Ringgung keren, kak ... ,kayak lukisan.

    Semoga kelak aku kesampaian liburan kesana.
    Dulu aku ke Lampung cuma liburan ke kelenteng dan berburu duren di sepanjang jalan sepi dari arah pelabuhan Bakauheni.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas @Himawan. Sari Ringgung termasuk salah satu yang pantai terindah di sana hehehe...ayo ke #lampung yaa hehehe

      Hapus
    2. Amin kelak terlaksana ke Lampung lagi, kak.

      Sangat disayangkan ya di pantai Pasir Putih banyak sampah bertebaran.
      Semestinya ada sanksi untuk yang berani melanggar membuang sampah sembarangan.
      Sanksi tegas seperti itu diterapkan di pantai2 di daerah Gunung Kidul Jogja, kak.
      Pantainya benar2 bersih dan apik2 pemandangannya.
      Beberapa pantai diantaranya sudah kubuat artikel.

      Hapus
    3. bener bgt mas @himawan. di gunung kidul pantainya keren2 euy. kangen jogja lagi jadinya huhuhu..

      iya harusnya ada sanksi tegas. nggak tau tu kebijakan pemda nya gmn..

      Hapus
  2. Pantai Sari Agungnya kece banget mbak, dihipit antara laut dan bukit membuat pesonanya jadi 2 kali lipas, apalagi pasirnya putih bersih ya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sari Ringgung mas @Sabda. iya bener kerennn bgt.pasirnya putih dan lautnya biru :) hehe

      Hapus
  3. Bandar Lampung banyak pantainya ya Mbak. Kalau ke Way Kambas dari situ, jauh nggak?

    BalasHapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar Dengan Baik ya :)