FBB
KEB

IHB

MENGAJARKAN ANAK-ANAK MENABUNG



mengajarkan anak menabung
anak perlu belajar menabung (source : educenter.id)


Siapa bilang kebiasaan menabung bisa datang dengan sendirinya. Anak-anak juga perlu diajarkan tentang masalah keuangan dan pentingnya menabung. Apa saja yang harus dilakukan?

Assalamualaikum

Kali ini saya ingin berbagi soal menabung. Khususnya mengajari anak-anak menabung sejak dini. By the way, pernah nggak kalian mendengar orang dewasa yang tidak mempunyai kebiasaan menabung? Saya kira salah satu penyebabnya adalah karena tidak mempunyai habit menabung sejak dulu.alias tidak dibiasakan sejak kecil, misalnya.




Sekedar cerita, saya mempunyai seorang teman yang memiliki anak tunggal. Saat ini si anak sudah menginjak kelas 1 SMP. Kedua orang tuanya bekerja atau dengan kata lain berkecukupan. Entah karena apa, anak ini hingga saat ini bisa dikatakan tidak mengenal "arti" uang dan belanja (jangankan menabung). Setiap kali ingin jajan  misalnya, selalu dibawa orang tuanya ke minimarket dan dibiarkan memilih, kemudian orang tuanya yang membayar. Kemudian, kebutuhan lain, disedikan di rumah. Sehingga anaknya hampir tidak mengenal arti kata jajan. Seperti anak lain pada umumnya. Jangankan menabung, mengenalkan uangpun ternyata belum maksimal.

Pertanyaannya, sejak usia berapa anak-anak harus dibiasakan menabung? Bagaimana cara yang tepat untuk membiasakan mereka rajin menabung?

Menabung sebenarnya bisa diajarkan sejak dini. Dini disini maksudnya paling tidak sejak anak mengenal bangku sekolah baik itu sejak pendidikan anak usia dini (PAUD) atau usia taman kanak-kanak. Biasanya di usia tersebut, anak-anak oleh sekolah sudah ada program menabung. Nah, disini bisa mulai dibiasakan.

Bagaimana cara tepat mengajarkan anak menabung? Ada beberapa langah yang bisa dilakukan sebenarnya.

MENGENALKAN ARTI UANG


Mengenalkan arti uang tidak semata-mata mengajarkan bahwa uang bukans sesuatu yang didapat dengan mudahnya. Sehingga memang tidak pantas untuk dihambur-hamburkan.
Mengenalkan uang bukan mengjarkan anak untuk pelit tetapi agar mereka bisa mengetahui mana yang menjadi kebutuhan, dan mana yang hanya merupakan keinginan.

Ajarkan anak-anak dari hal remeh seperti pecahan uang sampai mereka mengerti kemana dan mengapa uang harus dibelanjakan untuk kebutuhannya.

BELAJAR MENABUNG PAKAI CELENGAN


Jangan meremehkan celengan , yang mungkin harganya murah meriah . Dari sini anak-anak belajar menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabungkan.

MEMPUNYAI TUJUAN


Anak-anak ingin membeli sesuatu? Jangan langsung diberi. Ajari mereka untuk menyisihkan uang jajannya dan turut " membantu" untuk mencapai keinginannya. Menginginkan sesuatu artinya mempunyai tujuan yang ingin dicapai dengan tabungan tersebut. Cara ini akan ampuh untuk membiasakan mereka belajar menabung.

DIAJAK KE BANK


Cara ini juga manjur untuk mengenalkan bahwa bank adalah salah satu tempat menabung yang bisa mereka tuju ketika dewasa nanti. Orang tua disini bisa mengajarkan tentang beberapa produk perbankan yang sederhana.


Demikianlah cara sederhana untuk mengajari anak-anak menabung sejak dini.Semoga berguna bagi kita yang memiliki anak-anak :)










21 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Belum berhasil saya mba. Jebol terus ma anak2 hehehe buat jajan katanya

    BalasHapus
  2. hahahahahah sama nasib kita @Bang Day

    BalasHapus
  3. memang mengenalkan anak menabung sejak dini itu wajib mbak, kalau keponakan saya sih ikut iuran kelas, jadi setiap akhir tahun uangnya bisa diambil. Jadi, si keponakan diingatkan, ini untuk iuran sekolah, duitnya di tabung di kas kelas, nanti pas naik-naikan kelas bisa untuk beli buku

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sama polanya dengan sekolahan anakku mas @sabda. Emang bener, sejak dini harus diajarin biar kalau dewasa pintar mengatur pendapatan :)

      Hapus
    2. mas Sabda contoh pemuda yang rajin menabung

      Hapus
  4. Aku inget dl waktu SD dulu juga nabung di koperasi lo. Seneng banget pas naikan kelas diambil trus dibelikan sepeda. Berkesan banget sampai sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya kenangan masa kecil soal menabung ternyata membekas sampai dewasa :)

      Hapus
  5. Wa, ini persis yang diajarin Emak saya dulu. Terutama nabung di celenga. Dulu kalau mau apa-apa kudu nabung dulu, baru kalau kurang ditambahin ortu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener. kalau mau apa-apa disuruh menabungn dulu biar anak-anak juga belajar mengatur uang saku mereka. terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  6. jadi inget pas SD nabung pake buku tabungan yang mungil, kata nenek buat darmawisata pas kelas 6, buat beli keperluan sekolah sepatu, tas dan baju baru.
    tapi sayangnya ketika uda gede gagal -___-"
    gk bisa liat tujuh digit angka di tabungan langsung ceki tiket pesawat sama peta hihihihi #dasaraku

    BalasHapus
  7. Saya dulu pejuang celengan, hihihi. Ortu saya sengaja membelikan saya celengan yang bentuknya lucu-lucu, spy saya semangat menabung dan merasa sayang kalau celengan nya dipecahkan XD

    BalasHapus
  8. Diajarkan pake celengan deh aku dulu dan dibuka pas mau lebaran, ceritanya buat beli baju tambahan yg di mau dan juga buat jajan pas lebaran. Jajan es krim. Hehe

    BalasHapus
  9. Karena anak masih bayi, jadi untuk sekarang mamanya yang lagi belajar menabung buat dana pendidikan dan keperluan lainnya hihi.
    Jadi ingat dulu waktu kecil sering beli celengan, kalau sekarang nabunnya langsung di bank

    BalasHapus
  10. Memang benar, baiknya sejak dini anak harus mengerti ttg menabung agar nanti belajar lebih menghargai uang dan tidak mengandalkan uang :)

    BalasHapus
  11. Anakku di ajarin pake celengan penuh sih, tapi uang receh ku sering raib di dompet.hahaha.. sekarang uda bisa nabung di bank sih pake tabungan junior

    BalasHapus
  12. kalau anakku kubeliin celengan sih tapi kayaknya dia belum ngerti artinya nabung. sekarang malah lagi suka main jual-jualan dia gara-gara nonton di youtube. he

    BalasHapus
  13. kalo pas di sd ada tabungan sekolah yang dikelola masing-masing wali kelas, pas di smp ada bikin rekening secara kolektif yang dikoordinir pihak sekolah. jadi sekarang anakku nerusin nabung di rekening bank. Alhamdulillah bank syariah, jadi nggak was-was.

    BalasHapus
  14. financial literacy memang harus diajarkan sejak dini kpd anak, salah satu caranya adalah dg menabung. Mungkin bs dg cara yg simpel terlebih dahulu seperti di celengen ya kan.

    BalasHapus
  15. Jadi teringat dulu menabung d celengan, terus perbulan dimasukkan k bank . Bikin d bank pake no bapak hehe


    Salam,

    www.rizkyashya.com

    BalasHapus
  16. Terima kasih.
    Jadi tahu gimana harus mengajarkan menabung pada anak-anak.
    Kayaknya susah-susah gampang untuk mengajarkan dan membiasakan anak-anak menabung.

    BalasHapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin