Youtube
wb_sunny

Breaking News

Pengalaman Dua Tahun Ngeblog  

Pengalaman Dua Tahun Ngeblog  

Tulisan ini di dedikasikan pada dua tahun usia blog www.ennyratnawati.com

 

Kata orang, apa arti sebuah nama

Nyatanya mencari nama sebuah blog juga tidak mudah. Perjalananku ngeblog aslinya sudah lama. Mungkin kayak blogger yang nge-blog awal-awal, isinya tak lebih tak kurang hanya curhatan saja. Kalau tidak salah ingat ngeblog awal tu sekitar tahun 2005an.

 

 

manfaat dua tahun ngeblog

 

 

Saat itu, rajin ngeblog karena beberapa teman sekantor juga punya blog

Jadilah kami sibuk saling curhat dan saling komen. Kadang soal menyebalkan di kantor juga kami curhatin di blog. Untung saja para bos nggak punya blog hehehehe.

 

Oh iya, awal nya blog saya bernama www.orangbanjar.blogspot.com.kemudian ganti jadi www.ennyratnawati.blogspot.com. Nah, pas nama terakhir ini, aku memutuskan top level domain (tld). Saat itu memang sudah bergabung dengan Female Blogger of Banjarmasin sih (2018).

 

Namun, malang tak dapat ditolak, pas mau di ganti nama ke www.ennyratnawati.com -- blog yang masih blogspot tersebut ke delete nggak sengaja. Wuih, kebayang sedih dan panik nya waktu itu. Bayangkan aja, sekitar 600an tulisan menghilang sekejap. Berbagai upaya udah dilakukan tapi alamat gmail dan blognya tidak kembali.

 

Kalau diingat-ingat sih sayang banget sebenarnya. Curhatan alay pada menghilang. Belum lagi banyak momen-momen yang di tulisan disitu

Misal moment kehamilan anak pertama, moment meninggalnya mertua dan banyak lagi.

 

Tapi ya sudah lah. Mencoba ikhlas, meng ingat memang tidak ada yang abadi di dunia hehehhehe.

 

Beberapa hari kemudian langsung bikin lagi blogspot baru. Nama nya kali ini www.ennyra.blogspot.com.

 

Blog ini lah yang kemudian berganti nama menjadi www.ennyratnawati.com

Untung aja domain yang beli masih  bisa di pakai ya?

 

DUA TAHUN NGE-BLOG

 

Blog baru bernama https://www.ennyratnawati.com akhirnya hadir. Itu tepat dua tahun lagi. Dan tepat 30september lagi, blog ini sudah memiliki 170 postingan.

 

Belum banyak sih. Sebulan kira-kira 5_7postingan saja sanggupnya. Belum bisa 3hari sekali update nya apa lagi sampai tiap hari update blog. Belum nyampe ke tahap itu

 

Jadi dua tahun ngeblog ngapain aja? Berikut aku list yaa

 

#Lebih serius nge-blog dan peduli konten

 

Harus diakui dua tahun nge-blog bukan sekedar cuhat-curhatan isinya. Blognya sudah berisi konten yang lebih baik dan agak “ dipikirkan” sebelum menuliskannya. Beberapa konten juga dimulai dengan riset. Baik tentang keyword, riset konten blog sampai menerapkan SEO sebisanya.

 

#Ikut Berbagai Komunitas

Dua tahun ngeblog alhamdulilah udah bergabung dengan berbagai komunitas di dunia per-bloggeran. Sebut saja FBB, IHB, Blogger Perempuan, ISB, BRT, Blogger Satu Atap dan Emak-emak blogger. Seru? Pastinya.

 

Dapat teman, sudah pasti. Dapat ilmu juga banyak, alhamdulillah. Di masa pandei kayak sekrang bahkan juga sempet dapat ilmu dari berbagai training yang diadakan komunitas-komunitas ini. Keren pokoknya.

 

Oh iya, jujur, komunitas ini ternyata juga menjaga semangat ngeblog dan semangat menulis. Terima kasih banget tentunya.

 

#Penghasilan

Ini juga nggak bisa dipungkiri. Rejeki yang didapat pelan-pelan dalam dua tahun terakhir. Seingat saya job pertama tu dari sebuah Kementerian dengan job penulisan , fee-nya Rp 150.000 , dua tahun lalu. Senang dan kaget banget waktu itu karena udah pecah telor pertama.

 

Alhamdulillah job-job lain kemudian menyusul. Mulai dari tulisan bersponsor, content placeent, job-job di instagram dan lainnya.

 

Btw, tentu saja pencapaian ini masih remahan rengginang diantara samudera per-blog an. Masih seumur jagung banget namun tetap wajib disyukuri.

 

Akhirnya terima kasih kepada www.ennyratnawati.com atas pencapaiannya selama dua tahun yang penuh suka duka ini.

 

Kedepannya, semoga makin bermanfaat dan memberikan kontribusi bagi dunia literasi. Aamiin

 

Tetap semangattttt...

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

3 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik ya teman-teman.. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup, mohon maaf, akan langsung dihapus :)

  1. Tetap semangat ngeblog ya Mbak dan semoga semakin sukses ke depannya nanti. Aamiin.. 👍

    BalasHapus
  2. Oh ternyata sudah agak lama juga ya mbak ngeblog nya dari tahun 2005, tapi sayangnya blog pertama terhapus tanpa sengaja ya.

    Saya juga ngeblog mulai tahun 2011 tapi di mywapblog yang akhirnya tutup. Akhirnya pindah ke blogspot tahun 2017 sampai sekarang dan punya sekitar 250 artikel, belum bisa tiap hari bikin artikel karena memang ngga bisa.

    Wah, pasti pertama dapat duit senang sekali ya.🙂

    BalasHapus