FBB
KEB

IHB

Cara Meningkatkan PageView (PV) Blog

 

Page View  (PV) blog salah satu yang dikejar para blogger selain DA,DR atau PA. Ternyata ada cara jitu meningkatkan trafic kunjungan di halaman blog.

 

Alangkah menyenangkan bila blog kita berhasil dikunjungi banyak orang. Ini bisa berarti blog kita isinya menarik dan isinya dibaca banyak orang. Namun, meningkatkan page view (PV) blog bukan hal mudah.

 

cara cepat meningkatkan pv blog

 

 

 

 

Beruntung beberapa hari lalu, Blogger Ruang Tunggu (BRT) dan GrowThing, mengadakan Webinar Marathon Coaching Growthing Part 1 - Bongkar Rahasia Page View blog. Acara ini sendiri berlangsung selama 3 hari sebenarnya. Nah, yang membahas tentang page view ada di hari pertama, dengan pemateri kak Rini Novita Sari pemilik dari celotehdinihari.com dan Noe Digital Writer (Jasa Penulisan Artikel)

 

Apa sebenarnya PV? PV sendiri dapat diartikan sebagai jumlah halaman yang dilihat oleh pengunjung blog.Jadi ringkasnya, semakin tinggi jumlah page view maka akan semakin bagus pula kualitas blog dan kontennya. 

 

Pentingnya Menaikkan PV Blog 

 

Apa sebenarnya pentingnya menaikkan PV blog? Sebenarnya bukan hanya semata-mata untuk memperoleh job blog yang lebih baik. Tapi yang lebih utama adalah buat kemajuan blog itu sendiri. 

 

Kak Rini, dalam webinar ini menyebutkan ada 5 alasan mengapa teramat penting menaikkan PV blog. Apapun jenis blog yang kita miliki.

 

  1. PV Tinggi harapan semua pejuang adsense

Buat kalian yang memasang google adsense di blognya tentu aja mengetahui bahwa pembayaran akan dihitung per klik iklan yang muncul di blog. Inilah mengapa dibutuhkan jumlah pengunjung yang cukup besar untuk mendapatkan peluang pengunjung yang lebih banyak mengklik iklan di blog.

 

  1. Meningkatkan conversion rate

Conversion rate dapat diartikan sebagai persentase pengunjung website yang melakukan tindakan yang menguntungkan bagi pemilik blog. Conversion Rate dihitung dengan cara membagi jumlah conversion yang terjadi disatu halaman blog terhadap total pengunjung kemudian dikali dengan 100.

 

 

  1. PV tinggi menandakan blog dan kontennya berkualitas

Konten dan blog yang berkualitas tentu harapan semua blogger. Nah, PV tinggi biasanya juga menandakan blognya dibaca banyak orang dan kontennya menjadi incaran pembaca, baik pembaca setia maupun pembaca baru di blog.

 

  1. Meningkatkan rate card (harga) blog kita

Memang banyak faktor ketika menentukan rate card sebuah blog. Namun demikian, blog dengan PV yang baik tentu saja berpeluang meningkat harga blognya.

 

  1. Memperbesar peluang mendapatkan tawaran kerjasama

Tentu sudah rahasia umum dikalangan blogger, agency atau advertiser banyak yang mensyaratkan PV sebagai syarat blog yang layak diajak kerjasama.

 

Cara Menaikkan PV Blog 

 

Faktanya memang banyak blogger yang lebih mengutaman mengejar DA PA, tapi melupakan betapa pentingnya page view ini dan upaya meningkatkannya.

Kak Rini memberikan beberapa tips untuk meningkat PV. Kita simak satu-satu ya..

 

  1. Riset Keyword

Ini sebenarnya saya juga sudah tahu lama, blogger lain juga mungkin begitu ya? Tapi ya itu, jarang dipraktekkan huhu. Selain menggunakan intuisi atau feeling, menurut kak Rini, bisa digunakan google keyword planner, keywordtool.io, keywordfinder.io,dan Neil Patel.

  1. Menulis artikel SEO dan Human Friendly

Tentang hal ini sudah pernah saya tulis di artikel lain di blog ini. Kurang lebih sama seperti yang diungkapkan Kak Rini (seo on page).

  1. Link Building

Yaitu tekhnik tertentu agar website lain memberikan link menuju webite/blogmu

  1. Membuat artikel tranding atau viral
  2. Blogwalking
  3. Optimasi pagespeed
  4. Desain blog yang menarik dan navigasi yang jelas.
  5. Pelajari cara kerja search consule (performa blog di mesin pencari)
  6. Pelajari google analytic dan cara penggunaannya
  7. Kembangkan artikel yang paling banyak traffic dengan membuat related artikel

 

Masih bingung? Memang. Harus pelan-pelan dipelajari, sayapun demikian, masih harus banyak belajar lagi. Tapi sekaligus jadi tantangan juga sih buat meningkatkan PV blog www.ennyratnawati.com yang kalian kunjungi ini.

 

Selamat mencoba, mari kita sama-sama belajar yaaa

 

 

38 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Terima kasih buat ilmunya ya Mbak.
    Lagi nyari-nyari cara naikin pv sih emang.
    Soalnya selama ini pv hariannya stagnan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2kak Rudi. iya nih sama kita, masih belajar juga

      Hapus
  2. Alhamdulillah dapt ilmu bermanfaat. Semoga pv kita makin bertambah setiap bulannya ya mbak.

    BalasHapus
  3. Bermanfaat sekali mbak ... Nambah lagi ilmu nge-blognya ... Terima kasih yaa mbak 😁

    BalasHapus
  4. Well noted mbakku, aku termasuk yang trafiknya masih seadannya nih.. memang ya untuk trafik blog tinggi itu butuh perjuangan.. intinya harus berusaha selain konten juga banyak hal yang harus dilakukan.. demi blog kita juga bukan buat orang lain ya.. semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kak Elly, aku juga masih belajar banget nih buat ningkatin PV. Tetap semangatt juga kak

      Hapus
  5. Terima kasih ya kak infonya :D
    Btw, inget banget tuh awal-awal nge blog serius, sebar link kemana-mana. Terutama di G+, nah sekarang kan udah ga ada tuh, jadi berkurang tempat berbagi tulisan ehehe.

    Tapi bener nih, angka memang penting, tapi kualitas juga ga boleh jomplang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak,menurutku jugakualitas itu yang utama

      Hapus
  6. MashaAllah makasih banyak kak untuk seai sharingnya, jujur memang aku belum terlalu memfokuskan buat PV sih, karena baru mengedepankan DA dan PG. Tapi kak seminar kayak gini ada lagi ga ya?? Kalau ada pengen bgt ikutan buat belajar, tag aku dong kak @rienzfdh

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama kak.kemarin ikutnya pas har blogger nasional kak. semoga ada lagi ntar ya

      Hapus
  7. Paling nyaman dan betah kalau mampir di blog yg bersih dan tidak bikin sakit mata. Karena itu saya tidak pasang adsense karena tidak nyaman tulisan jadi ramai oleh iklan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kak, aku juga belum tertarik adsense hehehe.walau katanya uangnya lumayan yaa?

      Hapus
  8. Wah aku baru aja pindah rumah nih mba, jadi merintis lagi deh rumah baruku huhuhu, kalo mau ikutan BRT gimana caranya sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada form nya waktu itu kak. Ntar kalau ada lagi aku DM x yaa..siip kak

      Hapus
  9. Kalau pv blog tinggi bisa masuk je halaman muda google buat daku hal yang mengasyikkan, karena bisa makin luas dibaca banyak orang soalnya bakal sering di klik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak,harapannya masuk page one google, semoga bisa yaa

      Hapus
  10. Saya bingung mau meningkatkan page view dari seo karena suka kalah terus di google. Riset keyword kebanyakan sudah diambil sama blog terkenal atau website besar. Jadinya paling hanya mengandalkan blog walking saja.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. BW juga diam2 meningkatkan PV kak. ngeblog pd dasarnya senyamannya aja...hihi buat yang suka BW oke bgt pastinya kak

      Hapus
  11. Terima kasih sharingnya, Kak. Kemarin juga ikutan marathon coaching, emang jadi termotivasi untuk mulai bebenah biar PV blog meroket.

    BalasHapus
  12. keren nih rangkuman cara untuk meningkatkan pageview blog, memang dampaknya cukup banyak ketika PV blog jumlahnya meningkat, baik secara pundi-pundi rupiah ataupun networking

    BalasHapus
  13. cara menulis dengan SEO oke, selain itu kalau aku pribadi pakai cara share2 link di medsos, bewe juga sesekali
    Tapi aku paling kesel kalau cara meningkatkannya pakai auto refresh di blog wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama kak, aku juga baru pakai 3 cara itu hehehe...msh belajar juga

      Hapus
  14. Wihiiii, alhamdulillah aku nemu artikel ini. Page view blogku lagi down banget beberapa waktu terakhir gara-gara jarang up postingan. Thank you so much for sharing kak.

    BalasHapus
  15. GSC ini aku belum kunjung paham lho, tapi memang sih kalau udah jago katanya bakalan sangat bermanfaat ya kalau udah tahu caranya. Makasih udah berbagi, ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. GSC aku jugamasih belajar kak. sering2 dibuka aja lama2 ngerti juga hehehe

      Hapus
  16. wuhuuu perjuangan blogger nih ya :) kemarin sempat ikutan juga pas hari pertama aja bareng mbak dini ini, seruuu ya :)

    BalasHapus
  17. wah memang perjuangan blogger nih ya :) biar naik kelas terus, hehee kemarin juga sempat ikutan webinar ini seru bgt :)

    BalasHapus
  18. Ya ampun PR blog aku masih buanyak banget.. ngedesain blog yang belum pernah aku jalanin nih haha blm tau caranya juga sih

    BalasHapus
  19. Yes sepakat pentingnya naikin PV.

    PV.Pen banget link building, ada yang mau tukeran ngga ya? Hehe.

    BalasHapus
  20. Masih banyak yang belum saya lakukan nih Kak, ditumpuk aja terus ilmu yang didapat tapi belum juga dieksekusi, payah sih emang.

    Meeting malam itu memang bikin semangat lagi tuk naikin PV bukan hanya sekedar post aja hehehe.

    BalasHapus
  21. Huaa artikel nya bermanfaat banget ka hhu apalagi aku baru ganti domain jd mulai dari nol lagi susah bnget skrng naiknya. Trs blm terlalu paham sama SEO hhu

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah bermanfaat banget. Penasaran banget deh sama riset keyword. Kapan-kapan sharing soal riset keyword dong Mbak 😀

    BalasHapus
  23. PV blog yang tinggi memang dambaan setip blogger ya mbak, karenanya walaupun sulit, harus kita pelajari sampai bisa.

    Sukses selalu untuk Mbak Enny, artikelnya cukup membantu bagi blogger newbie seperti saya :)

    Terimakasih.

    BalasHapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin