FBB
KEB

IHB

12 Alasan Mengapa Saya Ingin S2

 

Melanjutkan pendidikan ke jenjang S2? Sudah lama saya cita-citakan. Berbagai beasiswa juga dulu banget sudah pernah nyoba. Tapi gagal hahaha

Awal-awal bekerja, sebenarnya saya punya penghasilan yang lumayan. Saat itu masih single pula. Kesempatan buat S2 sebenarnya juga ada. Tapi mengapa saat itu tidak S2?

 

12 alasan lanjut S2

 

 

Persisnya sih saya lupa. Yang jelas, saya sangat sibuk bekerja, melebih-lebihi yang punya perusahaan barangkali. Hingga tak sempat memilkirkan buat lanjut sekolah lagi.

Setelah 4 tahun bekerja, saya menikah. Nah, awal-awal nikah dan anak masih kecil, harusnya kesempatan juga ada. Tapi tetap belum ada kesepatan saat itu. Oh iya, sempat terbesit tapi waktu itu suami yang mau S2 duluan. Oke lah, saya setuju.

Bayangin saja, kalau S2 berdua dalam satu rumah bukan hanya ribet dan sibuk dirumah, tapi juga soal biaya kan? Kami memutuskan untuk bergantian.

Sayangnya ketika “giliran” saya yang mau S2, anak udah nambah dan sudah mula banyak keperluan buat sekolah. Ekonomi keluarga kami juga tidak terlalu cemerlang untuk biaya tambahan untuk kebutuhan S2.

Akhirnya? Bisa ditebak, hingga usia sudah se-dewasa sekarang (bahasa halus dari : tua hehe) tidak juga melanjutkan pendidikan. Padahal keinginan itu nggak tau kenapa tetap ada.

Eh, buat apa ya S2 lagi? Saya kan bukan pekerja kantoran, yang butuh S2 buat meningkatkan karir atau persyaratan promosi. Saya juga bukan guru, yang butuh buat meningkatkan skill buat ngajar atau sertifikasi.

Aduh, buat apa dong? Kalau saya blang : buat menambah ilmu saya. Pasti kalian tidak percaya kan? Hmm...saya juga hampir tak percaya..hehehe  

Alasan Mengambil S2

Lalu mengapa saya harus kembali S2? Sebenarnya sih banyak tulisan yang bertebaran di internet yang menjelaskan mengapa perempuan harus S2?

 1.    Update Ilmu

Asih merasa kurang ilmu? Nah, bisa kuliah lagi. Bila sudah mnempuh pendidikan S1, maka S2 sebagai lanjutan bisa jadi pilihan ya. Kalau saya, ya memang miskin ilmu. Jadi tantangan tersendiri bila bisa melanjutkan pendidikan ke S2.

2.    Meningkatkan Karir

Buat sebagian orang, S2 tentu saja buat meningkatkan karir di kantoran. Loh, kalau saya karir apa ya?  Secara kebanyakan berkarir di rumah kan? Hmm, buat saya sih kadang-kadang tender penulisan mengharuskan lulusan S2. Ya, siapa tahu dengan S2

3.    Nambah Teman

Manfaat S2 bagi para perempuan sudah banyak yang mengulasnya. Buat saya sendiri S2 berarti menambah pertemanan. Kata orang semakin kita dewasa, pertemanan kita semakins edikit. Salah satunya karena kita sudah meninggalkan masa-masa sekolah. Berharap sih dengan S2 pertemanan yang positif semakin baik. Lebih afdol lagi pertemanan intelektual.

4.    Nambah Jaringan Baru

Pentingnya lanjut S2 memang banyak. Salah satunya ya menambah jaringan alias netorking. Saya sendiri merasa, jaringan atau networking saya itu-itu saja. Bisa dihitung dengan jari yang benar-benar riil menghasilkan cuan malah. Nah, siapa tau S2 menambah jaringan dalam pekerjaan kan?

5.     Potensi Job Baru

Alasan mengambil S2 buat banyak orang mungkin sangat personal ya. Buat saya S2 artinya juga berharap kepada job-job atau pekerjaan yang baru. Salah satunya melalui networking yang makin baik tadi. Siapa tahu kan?

6.    Buat Mendukung Cita-Cita Masa Depan

Apa lagi ya pentingnya lanjut S2? Maca-macam kalau kita tanyakan kepada mereka yang telah mengambil S2 ya. Saya sendiri ada kepikiran di masa depan ingin mengembangkan sebuah lembaga pendidikan.Hehehe. S2ini saya harapkan juga mendukung cita-cita tersebut.

7.    Peluang Jadi Dosen

Berasal dari keluarga pendidik, harapan buat jadi dosen itu lama saya impikan. Yah, sapa tahu dengan S2 berjodoh jadi dosen kan? Siapa tahu heheheh

8     Punya Nilai Tambah

Diakui atau tidak, mereka yang S2 tetap ada nilai tambah. Ibaratnya kaau mereka masih nyari jodoh, terus calonnya S2, ya ada nilai tambah tersendiri kan? Begitu pula dengan guru yang lanjut S2 dan lainnya sihh.

Buat saya sih, nilai tambahnya tentu saja balik lagi ke ilmu tadi. Update ilmu tentunya.

Kemampuan analisa dan riset

Katanya sih dengan S2 kemampuan analisa dan riset memang berbeda dari mereka yang nggak melanjutkan ke jenjang S2. Kalau saya berhasil meningkatkan skill ini tentu nilai tambah tersendiri ya

Siapa Tahu Bisa S3

Namanya juga cita-cita, boleh-boleh saja kan? Siapa tahu bisa lanjut S3, kalau beasiswa tentu lebih baik ya

Buat Contoh Anak-Anak

Ini tentu saja sangat personal. Tapi buat saya penting banget anak-anak tahu, orang tuanya mati-matian memperjuangkan pendidikan buat diri sendiri. Semoga juga nular ke anak-anak. Iya nggak?

Membuktikan Kalau Lintas Ilmu Juga Mampu

Rencananya saya akan mengambil S2 yang berbeda dengan jurusan S1 dahulu. Ini sekaligu sebagai tantangan buat diri sendiri, kalau lintas ilmu juga mampu hehehe

Itulan 12 alasan saya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. Bagaimana dengan kamu?

 

Kapan Mau S2?

Harapannya tahun ini di sebuah universitas negeri hehehe. Jurusannya sih sudah terpilih , semoga benar-benar terrwujud ya

Ayo semangat belajar lagi..

 

 

 

8 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Semoga sukses ya Mbak.
    Saya juga jadi pengen lanjut S2 nih abis baca ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah iya kan? sama kita..semoga ada kesempatannya ya

      Hapus
  2. Aku juga penngen bangett, terutama untuk potensi job baru atau meningkatkan karir dalam suatu pekerjaan. Makin tinggi sekolahnya makin mahal ilmunya hha

    BalasHapus
  3. Semangat mbak semoga S2 segera terlaksana.Kalau saya tidak ada semangat lagi buat sekolah atau kuliah padahal banyak teman teman yang ngajak kesana tapi selalu saya tolak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh kenapa mas Sahroni,klau ada kesempatan knp tidak..

      Hapus
  4. Ayo semangattttt jangan kalah sama yang lebih muda. Selain dari S2 untuk menambah ilmu bisa lewat pendidikan singkat profesi seperti aktuaris, appraisal..sangat dibutuhkan saat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah, kenapa komen kam ada disini lah dan aku baru nyadar wkwkwk.Tengkyu bestiii

      Hapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin